}); Diskreditkan Orang Batak, Komika Boris Bokir Manullang “Dirundung” Warganet | BeritaSimalungun
Home » , , , » Diskreditkan Orang Batak, Komika Boris Bokir Manullang “Dirundung” Warganet

Diskreditkan Orang Batak, Komika Boris Bokir Manullang “Dirundung” Warganet

Written By Beritasimalungun on Saturday, 25 January 2020 | 06:45

DPP HBB Dukung Somasi Terbuka Untuk Boris Bokir
Foto Kolase FB
Jambi-Komika Boris Bokir Manullang dinilai kelewat batas dalam mendiskreditkan karakter Orang Batak dalam sebuah penampilannya disebuah acara perusahaan. Video rekaman penampilan Boris Bokir Manullang yang tak henti-hentinya “menjelek-jelekkan” karakter Orang Batak itu kini viral di media sosial. Boris Bokir pun dirundung habis di media social oleh warganet.

Kini Boris Bokir Manullang juga disomasi terbuka oleh Advokad Law Farm Justice & Freedom yang ditanda tangani oleh Edward Misson Sihombing SH MH yang juga menjabat Sekjen DPD HBB Banten.

Edward Misson Sihombing menuliskan ada lima poin dalam surat Somasi terbuka ini untuk Boris Bokir Manullang. Pertama bahwa Boris Bokir memplesetkan seakan-akan semua orang Batak adalah orang yang harus ditakuti disebabkan orang Batak adalah penjahat, seperti pencopet, penipu dan lain-lain.

Kedua, bahwa orang Batak adalah manusia paling jelek di dunia ini. Ketiga, bahwa ketika seorang ibu memanggil anak-anaknya diibaratkan seperti anjing sedang menggonggong. Ke empat, bahwa orang Batak yang berprofesi sebagai seorang pengacara adalah penipu. Kelima, bahwa Boris Bokir tidak menghormati profesi pengacara, dimana menjadi seorang pengacara harus sekolah hampir 7 tahun.

“Maka sebelum kami mengambil langkah-langkah hukum sebagaimana diatur UU No 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis serta pasal 310, 311 dan Pasal 315 KUH Pidana, dengan ini kami meminta saudara Boris Bokir Manullang secara terbuka meminta maaf kepada masyarakat Batak dan juga kepada semua orang Batak yang berprofesi Advokad, Pengacara sejak surat somasi terbuka ini saya publikasikan,” kata Edward Misson Sihombing, Jumat (23/1/2020).
Somasi terbuka Edward Misson Sihombing
Terpisah, Ketua DPP Perkumpulan Horas Bangso Batak (HBB) Lamsiang Sitompul SH MH mendukung langkah yang dilakukan Edward Misson Sihombing. Hal itu agar sebagai seorang Komika, Boris Bokir tidak “semague” mendiskreditkan karakter etnis Batak dalam bahan stand upnya.

Lamsiang Sitompul meminta Boris Bokir Manullang agar segera meminta maaf secara terbuka kepada seluruh masyarakat Batak atas perbuatannya tersebut.

Berikut ini respon wargenet terhadap video viral Boris Bokir yang mendiskreditkan Orang batak dalam sebuah penampilannya.
Ciri Ciri Orang Batak - Boris Bokir Manullang (Stand Up Comedy). Lawakan Boris Bokir Manullang ini menuai beragam opini masyarakat. Ada yang terhibur ada yang tersinggung. Banyak yang menganggap Boris menghina dan menjelekkan sukunya sendiri, suku Batak.

Anda yang mana sobat? Kembali ke masing masing kita aja ya gimana menyikapinya. Sejak video ini diposting 20 Januari 2020 Pukul 19.35  WIB hingga Sabtu 25 Januari 2020 Pukul 06.31 WIB telah direspon 795 Komentar dan 223 Kali dibagikan.

Melva Itu bukan humor bung tp sengaja menghina dan merendahkn orang batak. Tidak semua sifat orang batak spt yg bung katakan.

Asenk Lee Saragih Prihatin..bahan komedi yang kebablasan.

Dahlia Lumbantoruan Nomor satu itu bokir,otonion,laporhon maon bah,apapula kau kira org batak itu panakko? Semua suku punya sisi baik buruk,klo lu mau ngasi lucu,jgn sampe keterlaluan.blangsak

Dahlia Lumbantoruan Lihat bokir,batak itu skrg mendunia karena kecerdasan intelektual nya bkn karena lawakan konyl kayak kamu,bnyk materi yg bisa diangkat buat lawakanmu misalkan martandang dihalak batak,jgn kau dikte klo batak itu seperti yg kau omongin ini,kau sama saja membicarakan kdirimu.
Jgn2 kau batak kawe


Sahat Situmeang Sbnrnya disemua suku pun sama aja kek dia blng itu.. sygnya orang orang akan berfikir itu lelucon krn orng batak skrg dah modern kliah luar negri pengacara penyanyi org sukses dh banyak.. jd klo bisa jngnlah bahan itu klemahan 1 suku saja.. soalnya org dh kliah mati matian mlah dicap siboris pencopet kan bangke

Efi Sisti Sirait Harusnya dia buat lelucon yg bs mengharumkan nama suku batak....bukan seperti ini,aplg blkg nama dia marga batak....jd kesannya org batak suka nyolong....atau mgk dia tinggal di lokasi yg rata2 kerjanya mencopet....makanya dia bs membuat cerita spt yg dia lihat sehari2.....pdhl org batak terkenal dg suksesnya krn pintar2....bukan krn suka nyolong....

BerNando Nainggolan Ini di ibaratkan seorang PELACUR nekat menjual diri/harga diri.demi mendapatkan UANG.....bahkan kawan ini menurut aq lebih jijik dari seorang pelacur.karna dia menjual harga diri semua suku batak.demi kekayaan diri sendiri.....
Aq salut samamu boris jika kamu masi keadaan AMAN


Julianasinaga Si boris mncoreng muka kluarganya sndiri.candaanmu udh kelewatan.hny bbrp org yg brbuat sprti itu tp smua kluaga bsr batak kau hinakan. Batak itu udh mndunia bung, krn prestasinya. Mslh sifat2 buruk yg ada pd diri ssorg,semua suku pst ada Klo kau ga bangga dgn suku batak itu urusanmu,tp jgn prnh mrndahkn org batak.
Hati2 ho da,sotung diparsulappak halak batak ho annon.
Carilh rezeki dgn cara yg bnr.
Skt hati mlht org lain trtwa krn kau merndahkn org batak.


Tarnama Sihotang Orang batak udah banyak jadi toke, profesor, pengacara. Banyak lagilah. Bahkan supir2 orang batak udah ganteng2. Gak kek dia. Itu dandanan supir zaman kapan, masih bawa2 handuk. Apa dia gak liat mobil bus udah pake ac, angkot aja udah full modif. Dia nya aja yg berpikiran kolot sampai ke busana panggung nya lalap kek gitu.

Juni Wantri Alangkah baiknya klw yg kamu buat materi dari keunggulan kelebihan orang Batak juga adat batak
Biar dunia yg diluar sana tahu n memahami...
Bukannya malah menghina Batak.. darah mu daging mu sendiri...
Klw begini komedianmu suku lain jadi hanya lihat sisi negatif orang batak...


Harlin Saut Feber S Demi mencari nafkah kau harus jelekkan suku mu sendiri sungguh sedih bercampur marah tadinya saya suka dengan stand up tapi skrng tdk.lebih dari kacung cari makan dengan menjelekkan asal usulmu

Lowelly Napitupulu Dan tragisnya kita ini, jika mau sukses pasti saling menjatuhkan sesama kita. Tp boris, aku bukan seorang pencopet yg kw buruk2kan setiap org batak..

Simanjuntak Korin Rizal Berusaha menyenangkan hati manusia makin bertambahlah kesusahannya. Inilah namanya menghina wajah ibunya sendiri demi membahagiakan tuan nya selaku dia seorang budak.

Pinta Mediana Nadeak Sedih kali kau bokir...
Puas hati mu di tertawakan orang diri mu..yg penting uang sama kau kan....Jalan2 kau dulu kau Boris ke Luar Negri sana banyak orang batak yg SUKSES ...ngak mau pulang ke Indo nesia karna lihat orang seperti mu BORIS..


Rosminar Manurung Menurut sy Boris salah ,dia menjelekkan suku nya sendiri mau aj Boris di tertawain org ,maaf orang batak semangat kerja dari dulu ,makanya lihat dong yg udh kaya raya ,kalo Boris di undang jgn jelek - kin orang batak
Budayakan menghormati sukumu . ,Suku yg lain soal kekurangan suku mana pun ad ,sy kagum lihat orang batak Pemberani merantau tak usah di antar ortu .Sebelum berhasil dia gk mau plg
Kekeluargaan sgt mendukung satu sama yg lain.
Maju orang batak.🙏🙏


Hetty Tambunan Ini sdh pencemaran nama baik suku Batak & efeknya bisa berdampak pada keturunan kita yg sdh dicap jelek oleh masyarakat lain. Seharusnya Boris menonjolkan kelebihan suku Batak jangan malah menjelek2kan suku Batak walaupun dia Batak.

Rumbi Sitompul Konyol sekali ini Orang.....
Aneh skli sy melihat Manusia sperti ini . Brgkli otaknya tdk mampu mendptkn materi lawakan yg pas.
Sy sbg slh seorang suku Batak sgt tdk terima dgn materi SC ( Standup Comedy ) yg mencela, merendahkan dan memburuk burukan Suku Batak scr Umum.
Meskipun ybs adalah juga suku Batak....tapi dia tdk punya Hak utk melakukan semua tindakan konyol yg melecehkan bahkan menghina Suku sendiri dihadapan Publik.
Orang ini hrs dituntut........
Benar2 sgt konyol...


Tara Budiman Tidak sadar kau Boris kau sendiripun orang Batak berarti kau menghina dirimu sendiri yg nonton tertawa geli bukan karna lucu tapi menghadap kau bodoh karna menghina sukumu sendiri seperti kau bilang daripada kena rabies lebih baik masuk berarti orang tua mu apa.........??

Boy Adi Rolis Panjaitan Adat batak kau buat jadi bahan lelucon mu,gk smua org batak yg spetrti itu,,mungkin yg kau ceritakan masa lalu kau ya lae,,balutan kau bahh risih aku dengar stand up mu

Masta Sipayungs Kacian kali dangkal otakmu boris.Karna susahnya kau rasa cari sesuap nasi rela merendahkan suku batak

Berta Hanya krna sesuap nasi apa pun di lakukan ngejelekin diri sendiri maling muka marsuhi2 lah cari duit sih cari duit tp jangan bawa2 suku batak kl kau merasa dirimu sendiri sajalah kau jelekin jngn bawa suku

Ivo Hutauruk Tamat deh si Boris ini klo begitu model leluconnya. Sdh kehabisan bahan ya? Wlw kamu batak tp gak berhak jg menghina orang suku batak seluruhnya. Buseet dah.... gak lucu banget

Syorta Simanjuntak Gak ada lucunya...
Teorinya hanya memaparkan kejelekan orang batak. Seolah olah dia lahir bukan dari ruang pribadi si batak. Coba tonton dan simak sampai habis dimana letak humornya, materinya hanya menjelekkan sukunya sendiri. Masih banyak materi yg bs dipaparkan selain membawa bawa suku batak.


Sudirman Sinaga Orang tertawa bukan berarti karna senang dengan komedimu... Namun mereka tertawa itu karna kebodohanmu yg sangat luar biasa... Terrlalu hina kau buat suku anda sendiri...apa yg akan anda lakukan Boris klo seandainya ada yg menggugat anda karna ocehan anda sudah termasuk menghina kaum suku Batak termasuk orang Tua anda...

Ririn Julisa Sitinjak Tidak ada Lucu" nya,Saya Pribadi Tersinggung mendengar Kamu Bicara.Coba Kamu Tanya Orang tua mu,Bagaimana pendapat nya,Stand up comedi bukan ajang menjelekkan" siapa pun,Kamu Gak pantas Menyandang Suku Batak!!!

Rico Frans Udah boriss... kau minta maaf lah sama semua orang batak didunia ini... biar nga habis kau ...orang batak itu ciptaan Tuhan juga boris biar kau tau...kau bilang lubang hidungnya besar..muka kotak-kotak kau sudah menghina ciptaan tuhan..

Helena Sari Sihite kasihan kali lah kau boris..., aku orang batak, keluargaku mayoritas batak, teman2 ku, tetanggaku batak, tak ada pula sprti yg kau bilang itu, oran batak mana yg kau bilang itu boris, kalau kau cerita ttg dirimu sendiri, atau ttg keluargamu sendiri, ga usah mengatas namakan batak.., jelek otakmu, bikin fitnah pula kau sama orang batak..., jahat kau boris.

Fredy Simoerangkir Saya dukung kamu Boris semangat....jangan dengarkan comment2 yg gak mendukungmu, hanya salahmu gak kau bilang klw orang batak itu Si Pangocop mudar, jadi untuk itu hati2 Kau Boriss, jangan macam2 kau sama kami orang batak, usahakan urus Paspor mu ke Irak ajalah, jangan nampak lah kau d negara yg masih ada suku2 kami, suku nya orang batak.

Nelly Simbolon lucu nya gak ada, malah mau muntah sy dengar nya krn menjelekkan orang batak, penghinaan dan mrnjatuhkan harga diri suku batak, hrs nya kita laporkan si Boris bodat ni

Sudianto Sianturi Bagus kau ngomong Lae. Jangan putar balikkan kenyataan yang ada pada jati diri orang Batak. Jangan hanya untuk membuat kamu tenar kamu itu mengolok-olok suku mu sendiri. Keluar kau dari marga Batak Lae. Nanti bisa di hantam diri mu atas tindakan mu itu. Batak itu pemberani,baik dan jujur serta bertanggung jawab. Hati-hati dengan ucapan mu

Irwan Simbolon Sangat memalukan..
lawakan sih lawakan,tapi jangan dong menghakimi dan menjelek jelekkan suku sendiri. apa nggak ada materi yg lain apa?
Sangat tidak berbobot dan Menyedihkan...ter.. la...lu..

Poster Hutabarat Orang " seperti inilah yg merusak tatanan diri sendiri...Kalaupun menceritan suku sendiri utk suatu bhn komedi ,,,tdk seperti itu...seakan akan semua suku batak itu jd pencopet,maling...dll ,,kami setuju bila belia di tindak lanjuti ke ranah hukum....Kita jagalah nama baik suku kita...yg sdh terdengar baik sosialnya dinusantara ini.....

Poltak Sitinjak Laporkan saja walau sanksi sosial lebih menyakitkan.

Irma Safitri Hutagaol Poltak Sitinjak sanksi sosial sdh didapatkan boris, dgn turunnya pamornya setelah video itu muncul beberapa tahun lalu. Ini video sudah lama. Sudah beberapa tahun lalu. Kenapa baru sekarang diviral2kan lagi?

Togi Simatupang Ini namanya bercanda tapi tidak berpikir 1000 kali. Lae ini lupa...dia bercanda di mana... Lae bercanda di media Televisi, beda dengan lapo.. iya sudah, terima lah somasi dari kami iya..

Surisman Zamaludin Surat Somasi Terbuka Morris Manullang yg dibuat HBB. Telah saya kirim langsung kepihak Manajer Morris. Melalui Wa. Kepada atas Nama Okky Manajer nya

Robby Pardede Sepertinya rakyat Indonesia menjadi sangat sensitif. Kita menjadi tidak mampu membedakan jokes dengan hal yg serius. (Asenk Lee)  

  
Share this article :

Post a comment