}); Gubernur Jambi H Fachrori Umar Hadiri Pesta “Bona Taon” Marga Manihuruk Jambi | BeritaSimalungun
Home » , , » Gubernur Jambi H Fachrori Umar Hadiri Pesta “Bona Taon” Marga Manihuruk Jambi

Gubernur Jambi H Fachrori Umar Hadiri Pesta “Bona Taon” Marga Manihuruk Jambi

Written By Beritasimalungun on Sunday, 12 January 2020 | 09:52

Sukses Pesta “Bona Taon Punguan” Marga Manihuruk Jambi 2020
Ketua Punguan Raja Manihuruk Jambi Ap Redy Manihuruk/ Br Sinaga dan Wakil Ketua IPTU Martinus Saragih Manihuruk/ Br Nababan (kanan) saat menyambut kedatangan Gubernur Jambi H Fachrori Umar di pesta syukuran awal tahun Tumpuan Marga (kerabat marga) Raja Manihuruk-Boru-Bere-Ibebere (PRSBB) Se Kota Jambi sekitarnya yang dilaksanakan di Gedung Budi Mulia Mayang Kota Jambi, Minggu (12/1/2020). Foto-Foto Ezer Twopama Manihuruk

Jambi, BS-Gubernur Jambi H Fachrori Umar menghadiri Pesta "Bona Taon" atau biasa disebut pesta syukuran awal tahun Tumpuan Marga (kerabat marga) Raja Manihuruk-Boru-Bere-Ibebere (PRSBB) Se Kota Jambi sekitarnya yang dilaksanakan di Gedung Budi Mulia Mayang Kota Jambi, Minggu (12/1/2020).

Gubernur Jambi Fachrori Umar saat memberikan kata sambutan mengatakan, sejalan dengan Tema Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 63 Provinsi Jambi “Rumah Bagi Keberagaman” mensyaratkan akan pentingnya keakraban dan kekeluargaan dalam keberagaman Suku, Agama dan tradisi dalam proses perjalanan kebangsaan dan kenegaraan kita.

“Ini kemudian menjadi sangat penting untuk dijadikan sebagai pondasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan dikembangkannya silaturahmi yang bersinergi dalam keberagaman sesuai dengan nilai luhur bangsa, maka bangsa ini akan maju, rakyatnya sejahtera, ramah terhadap sesame, toleran, damai. Tidak ada kekerasan dan bersopan santun dalam kehidupan sehari-hari,” kata Fachrori Umar.

Menurut Fachrori, setiap tindakan yang dilakukan harus senantiasa dilandasi dengan niat yang luhur sehingga tetap terjalin keakraban bersama, saling tolong menolong dalam suka maupun duka. Seluruh anak bangsa menjunjung tinggi kebebasan untuk bertindak yang bersandar pada akhlak yang baik.


“Perayaan  pesta syukuran awal tahun kerabat marga Raja Manihuruk-Boru-Bere-Ibebere (PRSBB) Se Kota Jambi selalu mengirim pesan bagi semua orang agar menjadi cahaya ditengah kehidupannya. Kita semua meski menjadi cahaya satu sama lain dalam kehidupan ini. Dan dalam kedamaian kita jadi lebih baik dari waktu ke waktu. Mari kita resapi apa yang telah dilaksanakan tahun lalu dan berbaki berkah dan kasih senantiasa kita perbaharui ditahun 2020 ini,” ujarnya. 

Pada kesempatan itu Fachrori Umar yang juga didampingi Jefri Bintara Pardede (Politisi Golkar) juga ikut “manortor” bersama keluarga Besar Manihuruk Jambi. 

Gubernur Jambi Fachrori Umar juga melantunkan dua lagu Melayu Jambi “Batanghari dan Cik Minah” yang membuat kerabat marga Manihuruk Jambi ikut bergoyang. Suasana meriah tampak menyambut Gubernur Jambi  pada pesta syukuran awal tahun Tumpuan Marga (kerabat marga) Raja Manihuruk-Boru-Bere-Ibebere (PRSBB) Se Kota Jambi ini.

Sementara Penasehat Kumpulan Kerabat Marga Manihuruk Jambi Op Justine Manihuruk mengatakan, terimakasih banyak atas kehadiran Gubernur Jambi H Fachrori Umar di pesta syukuran awal tahun Tumpuan Marga (kerabat marga) Raja Manihuruk-Boru-Bere-Ibebere (PRSBB) Se Kota Jambi.

“Kami sangat bangga, Bapak Gubernur Jambi hadir diacara kami ini. Semoga dimasa kepemimpinan Bapak Gubernur, Provinsi Jambi semakin maju dan rakyatnya sejahtera. Kami juga bangga dengan Tema HUT Ke 63 Provinsi Jambi  “Rumah Bagi Keberagaman”, karena masyarakat Provinsi Jambi masyarakat yang majemuk yang hidup damai berdampingan dengan suku, agama latar sosial ekonomi yang berbeda-beda,” ujarnya.

Kerabat Marga Manihuruk Jambi juga mendoakan semoga Gubernur Jambi H Fachrori Umar sehat walafiat dalam memimpin Provinsi Jambi dan juga yang akan datang. 

Tradisi Adat Budaya

Pesta "bona taon" atau biasa disebut pesta awal tahun merupakan acara rutin setiap awal tahun yang diselenggarakan perkumpulan marga suku Batak atau perkumpulan warga (suku Batak) di perantauan. Pesta Bona Taon ini adalah pesta sukacita dan penuh kegembiraan kepada seluruh anggota kumpulan yang juga merupakan tradisi Adat Budaya Batak.


Biasanya, acara pesta “Bona Taon” diawali dengan ibadah singkat dilanjutkan makan siang bersama. Kemudian laporan pertanggung jawaban panitia pesta dan tentu saja pengurus perkumpulan marga berkaitan program kerja serta kondisi keuangan yang sudah berjalan dalam setahun penuh.  

Akhirnya, acara paling ditunggu-tunggu adalah “manortor” menari bersama yang diatur secara berkelompok dan bergiliran. Tentunya “manortor” ini diiringi musik yang membuat suasana semarak dan meriah sambil mengumpulkan uang melalui sawer-menyawer. Adapun uang yang terkumpul akan digunakan untuk membiayai pesta sekaligus mengisi kas keuangan kumpulan marga.

Pesta “Bona Taon” ini adalah tradisi tahunan yang memang rutin dilaksanakan di awal tahun. Tidak heran bila sepanjang bulan Januari-Februari-Maret bahkan hingga April ratusan perkumpulan Marga Suku Batak di Jambi secara khusus saat weekend (Jumat-Minggu), gedung-gedung pertemuan biasanya akan ramai dengan acara pesta "bona taon".

Sukses Bersama

Suasana itu juga yang tampak pada Pesta Bona Taon (pesta syukuran awal tahun) Tumpuan Marga (kerabat marga) Raja Manihuruk-Boru-Bere-Ibebere (PRSBB) Jambi yang dilaksanakan di Gedung Budi Mulia Mayang Kota Jambi, Minggu (12/1/2020). Pesta ini berlangsung sukses dalam penuh keakraban dan kekeluargaan. Sekitar 400 jiwa dari dari 191 KK kumpulan kerebat marga Manihuruk hadir pada pesta Bona Taon ini.

Acara Pesta Bona Taon diawali dengan ibadah yang Firman Tuhan dibawakan Inang Diakones HKBP Shalom Jambi, Yusrids Br Harahap MLt. Usai kebaktian dilanjutkan dengan makan bersama. 

Kemudian acara hiburan Tor-tor Panitia Pesta Pengurus Parsadaan Manihuruk Kota Jambi sekitarnya, Tortor Panitia dan Pengurus, Penasehat, Tortor Menyambut Gubernur Jambi, diselingi penarikan undian, Tor-Tor Anak Manihuruk, Boru Manihuruk, Bere-Ibebere Manihuruk, dan anak-anak Tumpuan Manihuruk. 

Ketua Panitia Pesta Bona Taon Raja Manihuruk-Boru-Bere-Ibebere Jambi, A. Uli Simanihuruk/ Br Siahaan ddampingi Sekretaris Panitia A.Evano Malau/ Br Sinurat mengatakan, pesta bona tahun itu merupakan bagian dari tradisi orang Batak di Perantauan. Tradisi ini sebagai ajang silaturahmi antara anggota kumpulan marga untuk saling penduli dalam sukacita dan dukacita.

Menurutnya, pada suasana Natal Desember 2019 lalu, Pengurus PRSBB Jambi juga melakukan aksi sosial dilingkungan Kumpulan PRSBB Jambi berupa memberikan bingkisan Natal kepada orang tua Lansia dan  yang sakit dan pemulihan dari skait. Bingkisan itu langsung diantar oleh panitia dan Pengurus PRSBB Jambi kerumah masing-masing yang menerima.  

“Terimakasih kepada selurung Anggota kumpulan raja Manihuruk yang sudah berpartisipasi dalam pesta bona tahun ini. Suksesnya acara ini berkat keterlibatan semua pihak dan saling tolong menolong. Panitia juga mohon maaf jika ada kekurangan dalam kepanitiaan ini,” katanya.

Pada Pesta Bona Taon ini, konsumsi dikerjakan dengan gotong royong di rumah Keluarga Ompung Agung manihuruk/ Br Purba Pakpak. Kerjasama dalam kekeluargaan terjalin dalam hal ini. 

Sedangkan suasana Pesta Bona Taon Kumpulan Marga Raja Manihuruk-Boru-Bere-Ibebere se Kota Jambi tampak meriah dengan Tor-Tor serta lagu-lagu Batak dari JKR Trio (Si Haloho Cs). Undian doorprize juga membuat suasana pesta bona tahun tambah berwarna.

Ketua Punguan Raja Manihuruk Jambi Ap Redy Manihuruk/ Br Sinaga didampingi Sekretaris Ap Bornok Manihuruk/br Tondang mengatakan, agar seluruh anggota kumpulan Raja Manihuruk tetap kompak dan saling peduli dalam sukacita maupun dukacita. 
Gubernur Jambi H Fachrori melantunkan Lagu Melayu Jambi. 
Sementara Kumpulan Marga Raja Manihuruk-Boru-Bere-Ibebere se Kota Jambi dibagi dalam lima (5) Komisaris (Wilayah) yakni Komisaris Ap Bastian Situngkir/br Manihuruk (Wilayah Paal Merah-Kotabaru-Jelutung-Lorong Jatayu), Komisaris Ap Wahyu Sitinjak/br Manihuruk (Wilayah Kasang Pudak-Talang Banjar-Talang Bakung), Komisaris Frengky (Ap Anisa) Sipayung/br Sitanggang (Wilayah Mayang Puskes-Mutiara-Kenali-Telanaipura).

Kemudian Komisaris Ap Mawar Sinurat/br Manihuruk (Wilayah Mutiatra Hijau-Garuda III-Lingkar Barat-Mayang Ujung), Komisaris Ap Harapan/br Manihuruk (Wilayah SMA 11-Masurai 5-Pinang Merah-Simpang Rimbo-Banjar Toba, Aur Duri). Pada kesempatan itu Ketua Panitia AKP Martinus Saragih Manihuruk/Br Nababan juga memberikan uang penghargaan kepada pengurus dan komisaris Manihuruk.

Pesta Bona Taon itu juga diselingi dengan penarikan undian kupon serta undian hadiah daftar kehadiran. Lima hadiah utama berupa karpet daftar hadir diserahkan oleh Ketua Kumpulan Manihuruk-Boru-Bere-Ibebere se Kota Jambi kepada masing-masing penerima hadiah. 

Pada acara tortor, lelang lagu dan penjualan kupon, iuran anggota  terkumpul dana sekitar Rp 40.800.000. Sedangkan biaya Pesta Bona Taon Manihuruk Jambi, 12 Januari 2020 sebanyak Rp 23 Juta.

Ketua Punguan Raja Manihuruk Jambi Ap Redy Manihuruk/ Br Sinaga mengatakan, jumlah anggota kumpulan marga Raja Manihuruk-Boru-Bere-Ibebere se Kota Jambi sekitarnya berjumlah 191 KK yang sudah masuk dalam buku Anggaran Dasar Rumah Tangga yang dibagikan Minggu, 12 Januari 2020. Dan anggota baru sebanyak 8 KK yang mendaftar Minggu (12/1/2020). (JP-Asenk Lee)
Gubernur Jambi H Fachrori Umar menyanyi Lagu Melayu Jambi di pesta syukuran awal tahun Tumpuan Marga (kerabat marga) Raja Manihuruk-Boru-Bere-Ibebere (PRSBB) Se Kota Jambi sekitarnya yang dilaksanakan di Gedung Budi Mulia Mayang Kota Jambi, Minggu (12/1/2020). Foto-Foto Ezer Twopama Manihuruk

Gubernur Jambi H Fachrori Umar "manortor" di pesta syukuran awal tahun Tumpuan Marga (kerabat marga) Raja Manihuruk-Boru-Bere-Ibebere (PRSBB) Se Kota Jambi sekitarnya yang dilaksanakan di Gedung Budi Mulia Mayang Kota Jambi, Minggu (12/1/2020). Foto-Foto Ezer Twopama Manihuruk

Gubernur Jambi H Fachrori Umar di pesta syukuran awal tahun Tumpuan Marga (kerabat marga) Raja Manihuruk-Boru-Bere-Ibebere (PRSBB) Se Kota Jambi sekitarnya yang dilaksanakan di Gedung Budi Mulia Mayang Kota Jambi, Minggu (12/1/2020). Foto-Foto Ezer Twopama Manihuruk

Gubernur Jambi H Fachrori Umar di pesta syukuran awal tahun Tumpuan Marga (kerabat marga) Raja Manihuruk-Boru-Bere-Ibebere (PRSBB) Se Kota Jambi sekitarnya yang dilaksanakan di Gedung Budi Mulia Mayang Kota Jambi, Minggu (12/1/2020). Foto-Foto Ezer Twopama Manihuruk

Gubernur Jambi H Fachrori Umar di pesta syukuran awal tahun Tumpuan Marga (kerabat marga) Raja Manihuruk-Boru-Bere-Ibebere (PRSBB) Se Kota Jambi sekitarnya yang dilaksanakan di Gedung Budi Mulia Mayang Kota Jambi, Minggu (12/1/2020). Foto-Foto Ezer Twopama Manihuruk

Gubernur Jambi H Fachrori Umar di pesta syukuran awal tahun Tumpuan Marga (kerabat marga) Raja Manihuruk-Boru-Bere-Ibebere (PRSBB) Se Kota Jambi sekitarnya yang dilaksanakan di Gedung Budi Mulia Mayang Kota Jambi, Minggu (12/1/2020). Foto-Foto Ezer Twopama Manihuruk.

Foto dan Video Lengkap KLIK Link FB dan Youtube:

1.Pesta Bona Taon PRSBB (Manihuruk) Jambi- I
2.Pesta Bona Taon PRSBB (Manihuruk) Jambi 2020-II
3.Pesta Bona Taon PRSBB (Manihuruk) Jambi 2020-III


Video Youtube

1.Pesta Bona Taon Manihuruk Jambi 2020-Sambutan Gubernur Jambi
2.Pesta Bona Taon Manihuruk Jambi 2020 Fotoklip Manortor Panitia Pesta
3.Pesta Bona Taon Manihuruk Jambi 2020- Manortor Penitia Pesta
4.Pesta Bona Taon Manihuruk Jambi 2020- Penyambutan Gubernur Jambi
5.Pesta Bona Taon Manihuruk Jambi 2020 -Manortor Anak Anak
6.Pesta Bona Taon Manihuruk Jambi 2020-Gubernur Jambi Fachrori Manortor Lagu Anak Medan
7.Pesta Bona Taon Manihuruk Jambi 2020 Sambutan Penasehat Manihuruk Jambi
8.Pesta Bona Taon Manihuruk Jambi 2020 Fotoklip Gubernur Jambi Fachrori Hadir
9.Pesta Bona Taon Manihuruk Jambi 2020 -Fotoklip Tortor Pengurus Wilayah
10.Pesta Bona Taon Manihuruk Jambi 2020-Fotoklip Ibadah Makan Bersama
Share this article :

Post a Comment