}); Pesta Pembangunan GKPS Bintang Mariah Resort Baringin Raya | BeritaSimalungun
Home » , , , » Pesta Pembangunan GKPS Bintang Mariah Resort Baringin Raya

Pesta Pembangunan GKPS Bintang Mariah Resort Baringin Raya

Written By Beritasimalungun on Sunday, 12 January 2020 | 09:22

Pesta Pembangunan GKPS Bintang Mariah Resort Baringin Raya-Minggu 12 Januari 2020-Foto Pdt Renny Damanik.
Oleh: Pdt Renny Damanik

"ORANG SUKSES BELUM TENTU TAAT DAN SETIA TAPI ORANG SETIA DAN TAAT PASTI SUKSES".

Baringin Raya, BS-Pernah ku tuliskan dan ku katakan, "Lang tarpodom au lakan" mamikirhon pesta pembangunan Gereja Bintang Mariah ini, yang sudah berumur 80 tahun.

Tidak pernah dibangun, hal itu di sebabkan oleh.... Bla.. Bla.. Bla... Pernah juga adekku na jenges on Irna Damanik on, menuliskan pergumulannya dan ketakutannya jadi bendahara pelaksana karena masih muda, dan menyeberang ke Distrik lain. 

Pokoknya rasa ini campur aduk. Disaat banyak pendapat yang mengatakan bagaimana mengumpulkan dana disaat orang natalan, banyak biaya, liburan, bla.. Bla.. Bla dan pesta Januari minggu ke III.

Uang orang sudah pada habis, akhhh gimana itu? Dengan memberanikan diri, ku katakan, Dengan natal lah orang moment berbagi berkat yang di terima. 

Karena soal memberi itu bukan soal bagian luar, tapi soal iman. Banyak alasan untuk tidak memberi tapi banyak juga alasan untuk memberi. 

Perjuanganpun di mulai hanya 2 bulan, dengan segala perjuangan, bahkan ada juga panitia yang pulang pagi, hona udan, milas borgohan, marbatuki, baju horah-horah (kering-kering) di dalan (jalan).

Marayak duit na otik-otik demi acara ini, bahkan kadang lohean itongah dalan. Ada yang marjabu jabui, manjabui kuria supaya rela memberi dari kekurangannya dan kelebihannya.

Mangulosi perantau tiap minggu saat datang ke Bintang Mariah di musim natal, ada yang memberi ayam, beras, jika uangnya kagak ada, demi semua ini. 

Pernah juga aku dan Irna, ingin menemui dokter kandungan untuk antar proposal, dan kami tahu pasti dokter itu sibuk, lalu gimana caranya ya, kita daftar aja sebagai bumil supaya mudah masuk, dan kamu yang hamil dan eceknya aku yang ngantar. 

Kami pun pergi, ehhhh.. Ternyata ibu-ibu hamil belum banyak yang datang, kami izin pada perawat, untuk bisa ketemu dokternya dan kami dipersilakan karena menyebut kami Pendeta dan bertemu..

Kek gitulah tentang itu. Nanti tanya aku langsung aku yaaa. Pokoknya bayaklah pengalaman yang tak bisa di tuliskan disini.

Semua kisah itu menguji ketaatan dan kesetian kami, pada Dia yang menentukan semuanya. Kami tetap berharap padaNya, Dan ketika Ibu St. Elly Saragih (KETUM) mengatakan aku akan datag untuk rapat ke Raya.

Aku pun tambah semangat. Yang rapat hanya berapa orang padahal waktu sudah mepet. Semua itu tetap menguji ketaatan dan kesetiaan. 

Suatu hal yang membuat kaget, kami tidak ada audensi dengan Simalungun 1, dan kami juga tidak ada harapan dia datang. Karena dulu kami audensi dan dia berkata datang ternyata, tanpa berita apapun, dia tidak datang. 

Pasti donk, kesal dan kecewa. Akhhhhh... Geram lah waktu itu, TETAPI dia datang tanpa diduga. Kami tahu pada malam hari. 

Jemaat dan panitia pun bersukacita, dan ada yang bilang kepada saya, karena kedekatan dan telepon Pdt yang berulang-Ulang lah ya, Simalungun 1 datang tanpa audensi, ku jawab" "TIDAK" .

Semua itu Tuhan yang menggerakkannya dan tergeraklah hatinya. Memang Simalungun 1 bilang, Pdt Renny ini adalah Pendetaku  saat di Bandung ketika kami sama-sama lajang. 
Ephorus GKPS Pdt M Rumanja Purba MSi dan Bupati Simalungun JR Saragih.

Akupun Sumringahlah ya kan. Sepulang nya Simalungun 1, kemudian teman SMP ku datang menyusul di sore hari dan jemaat masih bertahan di tempat karena ada juga Lucky draw.. 

Hehee. Akhirnya kami mendoakan pak St Radiapoh Hasiholan Sinaga SH untuk berjuang, biarlah Tuhan yang melihat hatinya, dan menurutku kalau dia sudah selesai dengan dirinya.

Akhirnya, acarapun selesai, dan dana yang sudah terkumpul semua, dari jemaat dan luar jemaat, sebelum dan selesai pesta Total semuanya adalah RP. 821.000.000. 

Akhhhh..... tidak nyangka, kaget, shok, aihhhhhh....... Tarpujima Tuhan, akhirnya kalau dulu pernah ku posting, LANG TARPODOM AU LAKAN MAMIKIRI ON, ANGGO NA BODARI RENGES TUMANG MA AU MODOM, AGE BORGOH I BARINGIN TANPA SELIMUT MUNGKIN SAMBIL DEDEAN MA HOMA RA AU I BANTAL. RENGES.

Ijon ma hu hatahon bani haganupan sebagai Pendeta GKPS ResortBaringin Raya  bani pesta Bintang Mariah:

Hubani solmedhu KETUM (ST ELLY SARAGIH DARI CEMPAKA PUTIH, sonai homa hubani Panitia Umum, Bendahara Umum Lisbet Erni, dan Sekum, juga panitia Pelaksana, juga semua seksi seksi sonai jemaat haganup se Resort GKPS Baringin Raya.

Hubani haganup Donateur, hun luar Bintang Mariah na sirsir berbagi bannami, dan mengalir dan mengalir ke Rekening Panitia, khusus sahabat Facebooker ku yang setia dan jadi sahabat bagiku, saat ku butuh ditolong untuk pembangunan gereja ini.

Khusus buat Team musik yang bagus dan membuat jemaat dan Bupati Simalungun JR Saragih mengapresiasi komposisi musik yang dicipta untuk kemulian Tuhan, Gutryans Purba dan Risjunardi Damanik. Horas. Salam tahun kepemimpinan yang berkarakter.(**/Lee)


























Bupati Simalungun JR Saragih.
Share this article :

Post a comment