}); Sempat Viral, Ini Klarivikasi Soal Harga Ayam Pinadar Rp 800.000 di RM Malau Sidikalang | BeritaSimalungun
Home » , » Sempat Viral, Ini Klarivikasi Soal Harga Ayam Pinadar Rp 800.000 di RM Malau Sidikalang

Sempat Viral, Ini Klarivikasi Soal Harga Ayam Pinadar Rp 800.000 di RM Malau Sidikalang

Written By Beritasimalungun on Thursday, 16 January 2020 | 12:18

Anak Pemilik RS "Ayam Napinadar" Sidikalang.IST
Sidikalang, BS-Video pelanggan yang makan di RM Malau Sidikalang, Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara sempat viral di media sosial. Viralnya video itu karena pelanggan menuliskan bahwa harga "Ayam Pinadar" Dua ekor harganya dipatok Rp 800.000. 

Kemudian anak pengusaha RM Malau Sidikalang inipun memberikan klarifikasi soal mahalnya dua porsi 'Ayam Pinadar" tersebut. 

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada saudara yang telah memviralkan usaha rumah makan ibu saya "Napinadar Malau" sejak tanggal 2 Desember 2019.

Usaha rumah makan ibu saya sudah berdiri selama 25 tahun. Dan sampai sekarang masih ada. Tentang harga makan 10 orang dan 2 ekor ayam. Sedikit saya akan jelaskan.

Karena ini adalah suasana Tahun Baru 2020 dan seperti kita ketahui setiap harga di akhir tahun semua bahan pokok akan naik dan begitu juga dengan harga ayam kampung.  

Terutama karena 2019 Babi banyak mati di Kabupaten Dairi, menyababkan harga ayam kampung pun mencapai harga Rp 110.000 hingga Rp 120.000 per ekor.

Sebelumnya hanya Rp 80.000 per ekor dengan harga 1 kg = Rp 60.000 di harga normal. Ayam kampung yang dimasak oleh ibu saya ada bertimbangan antara 1.3 kg 1.4 kg sd 1.5 kg per ekor.

Saudara boleh check kebenaran nya betul atau tidak. Posri 1 ekor ayam terdiri dari 14 potong daging yakni 2 paha, 2 pangkal paha, 2 sayap, 4 bagian dada, 1 punggung, 1 buntut, 1 empedal atau bagian dalam dan hati, bagian kepala dan leher.

Kalau ada pesan 1 ekor ayam, mungkin karena tidak komplit semua. Kadang yang isi 14 potong dimasukkan bagian yang lain. Intinya 1 ekor ayam = 14 potong daging ayam kampung.

Sedangkan 1 potong ayam harga normal penjualan di hari biasa Rp 25.000 per potong. 1 orang makan nasi + tambah nasi + sop asli ayam kampung + 1 potong ayam napinadar + sayur + buah (gratis pisang) + air minum + tissue + pelayanan = Rp 35.000.

Kalau ada pete pasti tambah harga pete. Harga di Taon baru karena naiknya harga sembako dan tingginya harga ayam menjadi Rp 40.000 sekali makan.

Usaha rumah makan ibu saya adalah taat pajak. Sebab ada pajak usaha. Baik kalau anda pesan 2 ekor ayam = 28 potong ayam napinadar dan makan 10 orang. Saudara boleh hitung sendiri.

Ini adalah usaha rumah makan bukan usaha seperti jualan aqua atau sembako. Kalau jualan aqua ibu saya jual Rp 10.000 perbotol. Saudara bisa komplain dan ajukan ke hukum pun bisa.

Karena sudah melebihi batas. Kecuali di pesawat harga aqua 15.000xbotol dan pop mie 25.000/mug. Ketika kita makan di KFC kita beli nasi dan ayam potong di goreng + saos tomat = Rp 35.000 apakah kita bisa komplain..?

Atau kita minum kopi di Starbucks Coffee Kopi Sidikalang 1 cangkir dengan harga 70.000/cangkir. Apakah kita bisa katakan di Sidikalang harga kopi bubuk sekilo 50.000/kg bisa untuk 100 orang minum kopi.

Baik. Kalau ada rekan, teman atau saudara yang ingin komplain harga dan pelayanan. Anda bisa hubungi saya langsung sebagai anak kandung dari ibu saya yang memiliki usaha Rumah Makan "Napinadar Malau".

Saya akan terima dengan baik. Kritik Anda adalah membangun bagi kami. Tetapi jika Anda berusaka merusak nama baik usaha kami dan usaha orang tua saya tanpa komfirmasi kepada kami, Anda sudah melakukan hal yang salah dan fatal.

Bagaimana jika saudara diposisi saya. Dan mengatakan usaha yang saudara jalankan adalah buruk dan mengajak orang untuk tidak membeli ataupun singgah disana ataupun usaha itu adalah penipu.

Bagaimana jika orang tua anda punya usaha seperti itu. Dan bagaimana perasaan anda. Tanpa komfirmasi kepada kami. Pintu kami terbuka 24 jam. Kalau anda komplain dan tidak setuju silahkan datang. Dengan senang hati kami terima setiap kritik saudara.

Hal yang perlu Anda perhatikan sebelum masuk rumah makan yang belum pernah Anda kunjungi yakni tanyakan apa menu nya, tanyakan berapa harganya, tanyakan ayam kampung asli atau ayam potong, tanyakan bumbu apa saja yang dimasukkan dan berapa harga bumbu per detail nya.

Saya adalah anak perantau sejauh saya merantau. Masakan "Ayam Napinadar" ibu saya adalah masakan dengan cita rasa yang khas. Tanpa ada pengawet makanan dan murni resep alami. 

DENGAN BUMBU KELAPA GONGSENG DAN BUMBU BUMBU ANDALIMAN. CABE. DAN RACIKAN KUMPULAN BEBERAPA PARMASAK DARI TEMUAN IBU SAYA. 

Belum pernah saya temukan masakan dengan rasa yang khas seperti masakan ibu saya. Mengkritik tidak harus menjatuhkan. Hubungi saya untuk komplain. Saya akan datang dari tanah rantau untik menjawab complain dari rekan rekan sekalian.

Saya Anak dari rumah makan "Malau Napinadar" Sidikalang. Saya siap datang untuk bertemu dengan pelanggan rumah makan ibu saya yang komplen. Saya ucapkan terima kasih. Telpon 0812~6655~3536-Whatsapp 0813~2050~3336.

Testimoni Warganet Soal Video Itu

Berikut ini testimoni warganet di media sosial yang pernah ke RM. Malau Sidikalang.

Meri Sembiring: Pernah sekeluarga pesan 2 ekor ayam kena Rp 1.2 juta. Beberapa waktu setelah itu coba kesana lagi karena bagaimana cara perhitungannya kok harganya selangit. 

Memastikan berapa sih harga ayam 1 porsi dengan nasi. Nah katanya 1 porsi itu Rp 35.000. Akhirnya kami pesan lah 2 porsi. Pas pembayaran ditagih 160.000. 

Kami bingung lah, nah ternyata dipiring itu ditaruhlah ampela, potongan ayam kecil tapi bagian tulang banyakan. Seperti leher. Jadi dihitunglah per potong apa yang kami makan. Jadi hati2.

Harga bukan per porsi tapi per potong. Jadi dipiring sengaja dibuat lebih. Pas pembayaran bukan dihitung berdasarkan porsi tapi potongan kecil. Potongannya pun yg 1 ayam dibagi 16 bukan 8 potong. Jadi bertanya harga pun juga kena tipu apalagi yang tidak bertanya.

Donald Sihombing: Memag kalau rumah makan itu terkenal itu buat harga sm pengunjung apa lg pengunjung baru masuk di situ makan.dan aku tau tempat rumah makan itu,karna aku org sidikalang.

800rb s x makan................itu rumah makan biasa loh.......bkn restoran terkenal. Saya org sidikalang tau itu rumah gmn klo ngasi harga sm org pendatang baru.

Edy Putra Manik: "Aku pernah juga kena disitu. Siap makan aku kenyang , kubayar lah ya kan 1 ekor kami pesan harga ya Rp 420.000. -1ekor ayam, -tes manis 4”.

Nasrun Simarmata: “Memang betul itu ,,aku pernah jd korban jg ,padahal kampung ku sendiri di sitinjo...viralkan biar tutup itu rm makan.”

Rosel Beatuycare: Tahun lalu kami makan 8 org bayar Rp 700 rb, koyak dompet awak😂😂😂.”

Ika Peronika Sihotang: Saya juga pernah makan disini pada tanggal 4-1-2020. Satu ekor ayam harganya Rp 420 ribu. Saya juga kaget pas mau bayarnya. Terlalu amat mahal”. (BS-Asenk Lee Saragih)
Share this article :

Post a comment