. "Agama Apa" | BeritaSimalungun

"Agama Apa"

Written By Beritasimalungun on Wednesday, 5 February 2020 | 18:01

Oni and Rekan.FB
Beritasimalungun-Sebenarnya agama Oni apa sih..? Ada banyak yang bartanya begitu, mungkin mereka ragu. Karena sebagai orang Kristen kok Oni kerap menggunakan kata: Alhamdulillah. Masak siih hanya dengan sering bilang kata Alhamdulillah , aku bisa langsung mualaf?? 

Karena bagiku bahasa itu tak "beragama". Bagiku agama itu adalah hak privasi setiap individu. Tetapi begitupun , kita tak bisa menutup mata bahwa faktanya ada banyak orang yang terintimidasi dalam menjalankan ibadahnya. Sesuai agamanya.

Kenapa satu golongan memaksakan keseragaman. Bukan merawat keberagaman, pluralisme. Masih membekas diingatanku bagaimana ada umat Ahmadiyah yang mati dibunuh di Cikesik Jawa Barat , karena agamanya dianggap sesat.

Ada jemaat yang gerejanya di bakar di Aceh Singkil. Ada penurunan patung Budha di Tanjung Balai. Bahkan pembangunan gereja HKBP di Binjai sampai sekarang masih terbengkalai karena surat izin, padahal sudah berapa kali ganti walikota dan sudah ganti presiden.

Bagi Oni berteman dengan siapapun itu, aku hanya fokus pada pribadinya. Terlepas dari agamanya apa. Tuhannya siapa dan apa, aku tak kesah. Bahkan kalau dia menyembah batu pun, urusannyalah itu. 

Makanya Oni senang diundang oleh ASB Aliansi Sumut Bersatu, dalam. Pertemuan Forum Organisasi Masyarakat Sipil untuk Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan (KBB) di Sumatera Utara.
Hotel Emerald Garden Medan 04 Februari 2020.

Teman Oni yang hadir ada dari
1. Parmalim
2. Ahmadiyah
3. Baha'i
4. Hindu
5. Konghuchu
6. Ugama Bangso Batak
7. Jurnalis
8. Akademisi NGO

Banyak hal yang kami bahas, bagaimana upaya kita untuk menjaga keharmonisan. Tapi sebagus apapun rencana tak berarti kalau hanya menjadi wacana.

Mari kita mulai toleransi dari diri kita sendiri terhadap keluarga kita yang berbeda agama/aliran kepercayaan. Terhadap tetangga kita , terhadap orang sekampung kita, dst.

Jangan mudah terprovokasi dengan pemuka-pemuka agama yang kerap menjual agama. Agamanya aja dia jual. Bukan tidak mungkin kaupun digadaikannya. Agama itu mengajarkan kebaikan. Bagi Oni tidak penting agamamu. Tapi yang penting adalah perilakumu. Oni memang kek gitu orangnya.(FB) 


  

Share this article :

Post a comment