. Hadirilah "Senandung Simalungun" di Kota Pematangsiantar | BeritaSimalungun
Home » , , , » Hadirilah "Senandung Simalungun" di Kota Pematangsiantar

Hadirilah "Senandung Simalungun" di Kota Pematangsiantar

Written By Beritasimalungun on Thursday, 12 March 2020 | 09:57

Hadirilah "Senandung Simalungun" di Kota Pematangsiantar. 
Pematangsiantar, BS-Para Seniman Simalungun (Artis-artis) Simalungun lintas genasi dan kota akan berkumpul di Kota Pematangsiantar dalam menyemarakkan "Senandung Simalungun".

Reunian Seniman Simalungun ini guna mengembangkan minat, motivasi dan membangkitkan kembali martabat musik Simalungun ke permukaan di era dilitalisasi saat ini. 

Para pegiat Seni Simalungun akan menggelar acara Senandung Simalungun yang akan di selenggarakan di Siantar Hotel, Jalan WR Supratman, Pematangsiantar, Sabtu (14/3/2020) Pukul 19.00 WIB.

Maruli Damanik, salah satu Sponsor dan Peduli Seni Simalungun menceritakan, kegiatan ini dalam rangka memotivasi dan membangkitkan kembali pentas musik Simalungun untuk Nusantara, sekaligus memotivasi seniman-seniman.

“Kita ketahuikan seniman-seniman sekarang sudah mulai layu. Dengan adanya acara ini, semoga mampu membangkitkan semangat mereka. Kembali melahirkan karya-karya yang akan membawa nama baik Simalungun di tingkat Nusantara,” ujarnya.

Lewat "Senandung Simalungun" ini, pihak-pihak lebih mencintai budaya Simalungun tergugah untuk peduli.

Acara ini akan dimeriahkan beberapa artis Simalungun seperti Jhon Eliaman Saragih, Supra Purba Tambak, Maria br Saragih, Arlinda br Damanik, Agus Purba, juga dari Sanggar Seni Sihoda dan lainnya.

“Sebenarnya ini kita buka untuk umum. Siapa saja boleh datang. Kegiatan ini juga tidak ada di latar belakangi kepentingan politik maupun yang lainnya. Yang pada intinya ini murni ingin membangkitkan kembali para seniman Simalungun. Kepada mereka yang rindu akan senandung Simalungun silahkan datang, gratis,” tegas Maruli Damanik, Owner LovelyTravel ini.

Kata Maruli Damanik, kegiatan ini sekaligus untuk meningkatkan kepariwisataan Kota Pematangsiantar. Dengan kegiatan ini bukan cuma dari Pematangsiantar saja yang datang melainkan dari luar kota seperti Medan, Karo, Jakarta dan beberapa daerah lainnya.

“Paling tidak kalau dari luar kota datang otomatis mereka memesan hotel dan menambahi penghasilan di Kota Pematangsiantar. Karena yang saya ketahui yang dari luar kota sudah ada beberapa yang memesan hotel,” tambahnya.

Pihaknya berharap kepada pemerintah agar menjadi kalender on event di Kota Pematangsiantar maupun daerah lain. Dan bisa menjadi salah satu acara menjadikan event-event seperti ini untuk menarik minat wisatawan.

“Ini salah satu cara agar kaum milenial lebih mencintai budaya sendiri daripada budaya lain. Karena Simalungun ini, budaya seninya sangat luar biasa dan mengagumkan," ujarnya.(Asenk Lee Saragih)
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.