. Peresmian Gedung Pos BNPP atau Basarnas Danau Toba di Pelabuhan Ajibata | BeritaSimalungun
Home » , , » Peresmian Gedung Pos BNPP atau Basarnas Danau Toba di Pelabuhan Ajibata

Peresmian Gedung Pos BNPP atau Basarnas Danau Toba di Pelabuhan Ajibata

Written By Beritasimalungun on Wednesday, 11 March 2020 | 10:06

(KSPN) Danau Toba.
Toba, BS-Guna mendukung program Kawasan Strategis Parawisata Nasional (KSPN) Danau Toba menjadi super prioritas bidang pelayanan keselamatan, Gedung Pos Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) atau Basarnas diresmikan di Pelabuhan Ajibata Kecamatan Ajibata Kabupaten Toba, Rabu (11/2/2020).

Kepala BNPP Marsdya Bagus Paruhito dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris BNPP, Dianta Bagun menyampaikan keberhasilan penyelenggaraan operasi pencarian dan pertolongan ditentukan tiga pilar utama, sumber daya manusia (SDM) yang profesional dan berkompeten, sinergitas dan potensi SAR, dan sarana prasarana yang memadai.

Kata Dianta, saat ini Basarnas memiliki 43 unit yang tersebar di seluruh Indonesia. Salah satunya Kantor SAR Medan yang saat ini telah memiliki prasarana dua gedung pos Basarnas.

Kemudian di kawasan Danau Toba tepat di sekitar Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba dan Tanjung Balai yang berfungsi mendukung operasional SAR selama 24 jam, dalam pelayanan keselamatan masyarakat dan turis pada kecelakaan pesawat udara, kapal, fase tanggap darurat dan kondisi membahayakan manusia.

Diharapkannya melalui Gedung Pos Basarnas Danau Toba di Ajibata, tim Basarnas dapat memberikan pelayanan SAR kepada masyarakat dan toris serta menjadi wadah informasi, komunikasi, koordinasi dan tempat aktifitas menjalin silahturahmi antara Basarnas dengan masyarakat di bidang SAR di wilayah Danau Toba dan sekitartnya.

Dianta berharap kepada pemerintah daerah dan masyarakat sekawasan Danau Toba dapat bersinergitas dengan Basarnas untuk sama-sama menjaga nilai-nilai keselamatan dalam kegiatan pariwisata.

Sementara Wakil Bupati Toba Hulman Sitorus mengapresiasi pembangunan Gedung Pos Basarnas di Ajibata dan berharap tim Basarnas dapat meningkatkan pelayanan keselamatan masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba.

“Syarat-syarat keselamatan di Danau Toba sudah lengkap. Semoga kunjungan wisatawan ke Danau Toba semakin meningkat yang bermuara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Peresmian dirangkai dengan penguntingan pita, peninjauan ruangan dalam gedung, penyerahan cendramata ulos dari tokoh masyarakat kepada Skretaris Basarnas dan Wakil Bupati Toba dan makan bersama.

Hadir dalam acara tersebut Kapolres Kabupaten Toba AKBP Agus Waluyo, Muspika Kecamatan Ajibata dan tokoh masyarakat setempat.(BS-Lee)
Share this article :

Post a comment