Info Terkini

10/recent/ticker-posts

RSU Djasamen Saragih Salah Satu RS Rujukan Tangani Kasus Virus Corona

Rumah Sakit Umum (RSU) Djasamen Saragih, Kota Pematangsiantar. Foto Didik J
Pematangsiantar, BS- Presiden Indonesia Jokowi Widodo mengumumkan kasus virus corona sudah masuk ke Indonesia dan dua orang sudah terinfeksi dimana sejak awal Indonesia sudah mempersiapkan 100 rumah sakit untuk menangani kasus corona, salah satunya Rumah Sakit Umum (RSU) Djasamen Saragih, Kota Pematangsiantar.

Sumatera Utara memiliki 5 rumah sakit pemerintah yang menjadi rujukan yaitu RSU Padangsidempuan, RSU Kabanjahe, RSU Adam Malik Medan, RSU Tarutung dan RSU Djasamen Saragih Pematangsiantar.

Wakil Direktur RSU Djasamen Saragih  yang menangani  pelayanan, dr Harlen Saragih mengatakan bahwa RSU Djasamen siap untuk dijadikan  rujukan  untuk menangani pasien yang terdampak virus corona, Selasa (3/03/2020).

"Kita sudah mempersiapakan ruangan isolasi untuk corona yaitu gedung isolasi infeksi, dan peralatan,tenaga merawat dan dokter sudah siaga," ujarnya.

Harlen mangajak jurnalis Beritasimalungun.com untuk melihat persiapan ruangan isolasi  sembari menjelaskan bahwa penunjukan RSU Djasamen Saragih melalui rujukan selama ini yang menangani kasus SARS dan Flu Burung dimana RSU Djasamen ikut menjadi rujukan itu sebabnya dilibatkan kembali menangani kasus corona.

Penanganan yang dilakukan menurut Harlen adalah standard dimana RSU Djasamen akan mengobati gejalanya dulu seperti demam dan batuk  dan apabila positif kita akan merujuk ke RS Adam Malik.

Dr Harlen Saragih juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak panik berlebihan karena akan menimbulkan stress yang bisa menurunkan ketahanan tubuh dan menjadi mudah terserang penyakit,hindari kontak dengan orang yang baru saja bepergian keluar negeri serta membiasakan pola hidup sehat.(Didi J)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments