Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Senandung Simalungun Sukses Berkumandang di Kota Pematangsiantar

Senandung Simalungun Sukses Berkumandang di Kota Pematangsiantar, Sabtu 14 Maret 2020.
Pematangsiantar, BS-Tepat Pukul 19.00 WIB, malam acara "Senandung Simalungun" diawali MC Anca Damanik. Lagu "Sipukkah Ni Huta" menjadi perdana yang dipimpin langsung oleh sang Komponis Agus Erdiaman Purba dan dinyanyikan Arlinda Br. Damanik. 

Saat lagu Sipukkah Ni Huta dikumandangkan para penonton berdiri dan bersama sama bernyanyi hingga menambah kemeriahan suasana. 

Selanjutnya Arlinda Damanik melantunkan dua buah lagu yang salah satunya merupakan lagu sendiri berjudul "Ulang Pala Sangsi". Tepuk tangan gemuruh dari penonton tidak terbendung usai lagu-lagu dibawakan oleh Arlinda karena terpukau dengan keindahan suara serta keapikannya.

Selanjutnya Maria Br. Saragih membawakan lagu perdananya dengan judul "Sirang Padan" sekaligus sebagai penghormatan kepada legenda Seniman Simalungun Saruddin Saragih yang Tutup Usia pada 28 Februari 2020 lalu. 

Lagi lagi penonton terkesima dengan alunan suara Maria Saragih sekaligus mengobati kerinduan kepada Alm. Saruddin Saragih.  Seakan dibawa sekilas ke masa lalu, Maria Saragih mampu memukau penonton dengan tembang tembang yang dibawakannya termasuk diantaranya "Batang Na Marrongga" dan "Lang Tampil" Ciptaan Lamser Girsang.  

Sekali lagi penonton asyik dengan setiap nada yang dikumandangkan Maria Saragih di acara Senandung Simalungun di Siantar. 

Acara diselingi Tortor kreasi oleh Sihoda Home Dancer dengan beberapa kombinasi tari dengan lagu lagu Simalungun. Seluruh pengisi acara serasa berlomba lomba untuk memberikan kepuasan kepada penonton dengan tampilan-tampilan yang memukau . 

Salah seorang artis yang dinanti-nantikan yakni Supra Purba Tambak tampil dengan lagu perdananya berjudul "Ilah Hasiholan" dibalut dengan tari yang semakin menambah kesakralan lagu tersebut. 

Tidak sedikit penonton yang secara spontanitas tampil ke depan untuk memberikan saweran karena terkesima dengan alunan suara khas dari Supra Purba Tambak. 

Untuk tembang kedua penonton diajak bergembira dengan lagu Botou-botou sehingga suasana semakin ceria dan menyenangkan. Supra mengakhiri tembang ketiganya dengan judul Lovely dengan mengajak audience bernyanyi bersama sama. 

Taur-taur dari Sanggar Sihoda yang dibawakan oleh remaja pria Ivan Deo Damanik, remaja putri Jesica Br. Saragih dan pemain seruling Riduan Purba menjadi salah satu klimaks dari acara Senandung Simalungun Siantar terlebih kepada penonton yang sudah berumur mengingatkan masa masa kehidupan dimasa lalu.

Guman salah seorang penonton mereka benar-benar tidak menyangka panitia sampai menyajikan rangkaian acara yang bagus ini. 

Untuk breaking ice diacara ditampilkan bual pokkalan (standing comedy) yang dibawakan oleh Mardi Purba Dasuha. Penonton dibuat terpingkal pingkal termasuk diantaranya Anita Martha Br. Hutagalung . 

MC Anca Damanik akhirnya memanggil nama yang sudah tidak asing lagi di blantika musik Simalungun yakni Jhon Ellyaman Saragih. 

Tepuk tangan gemuruh dari penonton menjadikan suasana malam minggu di acara Senandung Simalungun semakin terasa nikmat.

Jhon Ellyaman Saragih langsung membawakan lagu hitnya dengan judul "Iluh I Bandara". Tidak dapat dihindarkan mayoritas penonton turut menyanyikan lagu bersama sama. 

Sang idola melanjutkan tembang kedua dengan judul "Kabar-kabar Angin". Hampir 6 lagu hit dinyanyikan secara bagus dan kren termasuk lagu berirama gembira "Rimbang Pok". 

Jhon Ellyaman juga mengajak Wagner Damanik yang juga turut hadir di acara untuk bernyanyi bersama dengan judul lagu "Elvi". Kata Jhon Ellyaman  kemanapun mengisi acara jika bertemu dengan Wagner Damanik pasti akan diajak duet. 

Di selang acara Ketua Panitia Joan Berlin Damanik, Ssi,MM didampingi seluruh panitia inti mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan kepada acara Senandung Simalungun Siantar.

Juga pihaknya berencana mengadakan acara Senandung Simalungun International. Maruli Damanik sebagai penanggung jawab acara juga menyampaikan rasa senangnya akan lagu lagu Simalungun. 

Sudah banyak konser-konser besar yang dihadirinya termasuk Gun and Roses dan Rod Stewart namun masih dikalahkan oleh dentuman nada Simalungun ucapnya.

Maruli Damanik juga ingin membawa nama besar Simalungun lebih tinggi lagi dengan potensi yang dimilikinya. Tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan pengisi acara yang telah mensukseskan acara. 

Maruli mengaku hingga terlaksana acara panitia belum pernah sekalipun bertemu untuk rapat namun luar biasa dengan semangat yang ada semua berjalan secara baik dan sesuai harapan.
  
Salah satu acara yang dinanti nantikan yakni manortor bersama. Hampir seisi ruangan manortor bersama terlebih setelah lagu Sitalasari dan deideng dikumandangkan. Semua larut dalam kegembiraan dan kebersamaan sesama pecinta Senandung Simalungun. 

Di penghujung acara panitia mengumumkan best dress malam itu yang diraih oleh salah seorang penonton yakni Joice boru Harefa. Juga penari pria terbaik yang di raih oleh Panner Damanik dan penari wanita terbaik Asnah Saragih .

Sebelum acara selesai kepada penonton diberikan kesempatan untuk bernyanyi lagu kesukaannya yang di iringi oleh Raden Saragih dan Doddy Purba. 

Penonton yang mendapat kesempatan bernyanyi merasa bangga dan senang diberikan kesempatan walaupun masing masing satu lagu. 

Tidak disangka salah seorang penonton adalah artis terkenal Simalungun yakni Intan Br. Saragih yang saat itu melantunkan lagu hitnya dengan judul "Sorodd Ni Ranggiting". Saat Intan Br. Saragih bernyanyi tidak sedikit penonton yang maju kedepan untuk memberikan saweran.

Akhirnya menjelang tengah malam acara Senandung Simalungun Siantar berakhir dengan bernyanyi bersama semua pengisi acara dengan judul "Inda Gambiri" dan acara berpohoto bersama . 

Ketika diminta komentar salah seorang penonton Indra Sipayung yang khusus datang dari Medan untuk menyaksikan acara  menyatakan acara tersebut luar biasa yang digagas Tulang Maruli Damanik dari Lovely Holidays dan juga Abangda Joan Berlin Damanik yang mampu mengumpulkan para pecinta seni budaya Simalungun di Siantar dari seluruh pelosok Sumatera Utara.

Di tengah-tengah sepinya acara Simalungun, acara tadi malam mampu mengobati rasa rindu para pecinta lagu-lagu Simalungun. Terima kasih untuk kerja keras panitia, harapan saya ke depan semoga acara ini digelar rutin dan semoga bisa di kemas lebih besar lagi ucapnya. Sampai jumpa di acara Senandung Simalungun selanjutnya ! (Rel/TS/MD)



Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments