}); Kota Medan Menutup Akses Dari Siantar, Karo dan Binjai | BeritaSimalungun
Home » , , , » Kota Medan Menutup Akses Dari Siantar, Karo dan Binjai

Kota Medan Menutup Akses Dari Siantar, Karo dan Binjai

Written By Beritasimalungun on Sunday, 26 April 2020 | 10:18

ILUSTRASI: Jalan lintas Haranggaol penuh tumpukan sampah.(Dok BeritaSimalungun) 
Medan, BS-Guna menghalau arus warga untuk mudik Idul Fitri, jalan utama masuk ke Kota Medan seperti dari Pematangsiantar, Karo dan Binjai ditutup sejak Minggu (26/4/2020). Petugas berjaga di check point pos satu di Jalan Bangun Mulia, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan, Sumatera Utara. Petugas juga memaksa kenderaan yang hendak menuju ke Kota Medan memutar balik.

Juga ada penutupan jalan dari arah Medan ke luar kota. Beberapa pengendara tampak kaget atas penyekatan jalan tersebut. Mereka merasa tak ada sosialisasi soal penutupan akses dari dank e Kota Medan tersebut.

“Waduh bagaimana, saya mau lewat Pak. Rumah saya lewat sedikit penutupan jalan ini pak. Mohon maaf ya Bu, mohon maaf,” ujar seorang polisi.

Informasi yang dihimpun dari berbagai sumber menunjukkan, jalan masuk utama ke Kota Medan yang ditutup petugas tak hanya di Amplas dan Tanjungmorawa, ada dua titik jalan lain juga ditutup yakni di Poslantas Diski wilayah hukum Polsek Sunggal dan Pos Green Hill Sibolangit wilayah hukum Polsek Pancur Batu.

Penutupan ini berdampak bagi para penarik becak dan angkutan umum karena tak bisa dilalui untuk mengangkut penumpang.

“Dampaknya besar lah bagi kami. Bisa pergi tapi enggak bisa balik lagi. Sementara karena corona-corona ini kami susah cari duit. Kemana kita harus keliling. Dimana kita ada tempat tumpuan ya disitu lah kita berhenti, mencari sedikit-sedikit untuk keluarga,” ujar Samsul Bahri, penarik becak.

Biasanya Samsul Bahri berkeliling mencari penumpang. Dia hanya bisa menunggu penumpang dari penyekatan jalan yang menuju ke Kota Medan.

“Ini saya menunggu di sini sajalah. Menunggu penumpang dari penyekatan jalan ini. Itu lah yang kami harapkan. Harapan saya, cepat lah hilang Corona ini, biar normal kembali ekonomi kita,” kata Samsul.

Kanit Lantas Polsek Patumbak, Iptu Mora Hasibuan kepada wartawan menjelaskan, penutupan ini baru sekadar uji coba.

“Iya, betul. Tadinya itu, kita uji coba dulu, sementara uji coba. Kita mau tahu kekuatan personil kita seandainya hal ini diberlakukan, seberapa banyak yang dibutuhkan," katanya.

Setelah melakukan penutupan jalan lebih kurang tiga jam, jalan kembali dinormalkan dengan menggunakan pembatas jalan secara zigzag. “Sekarang, setelah kita rasa uji cobanya cukup, kita normalkan kembali,” katanya.

Jalan Dalam Kota Ditutup

Sebelumnya Satlantas Polrestabes Medan melakukan penutupan 11 ruas jalan dalam kota saat akhir pekan, dimulai pada Sabtu (25/4/2020) malam.

Kasat Lantas AKBP Sonny W Siregar menyampaikan bahwa pihaknya melakukan penuturan sejumlah ruas jalan untuk mengantisipasi mobilitas pengendara khususnya kalangan anak muda yang diperkirakan ramai di saat akhir pekan terutama pada malam hingga pagi.

Mulai Sabtu (25/4/2020) malam ini pukul 23.00 WIB hingga Minggu (26/4/2020) pagi pukul 06.00 WIB, Satlantas Polrestabes Medan bersama Polsek sejajaran melakukan penutupan sementara di sejumlah titik ruas jalan.

Ada beberapa lokasi penutupan jalan tersebut:

1. Wilayah Polsek Medan Area, lokasi penutupan di Jalan Thamrin Simpang Jalan Sutrisno, dan Jalan Asia Simpang Jalan Thamrin.

2. Wilayah Polsek Medan Kota, lokasi penutupan di Jalan Sisingamangaraja (SM Raja) Simpang Jalan Sakti Lubis dan Jalan Brigjen Katamso Simpang Jalan Sakti Lubis.

3. Wilayah Polsek Medan Timur, lokasi penutupan di Jalan Irian Barat Simpang Jalan MT Haryono, dan Jalan Sutomo Simpang Jalan Veteran.

4. Wilayah Polsek Medan Barat, lokasi penutupan di Jalan Yos Sudarso Simpang Jalan Cilincing, dan Jalan Yos Sudarso Simpang Jalan Bilal.

5. Wilayah Polsek Medan Baru, lokasi penutupan di Jalan Gatot Subroto Simpang Jalan Ayahanda, dan Jalan S Parman Simpang Jalan Sudirman.

6. Wilayah Polsek Percut Sei Tuan, lokasi penutupan Jalan Williem Iskandar Simpang Jalan Cemara, dan Jalan Williem Iskandar Simpang Jalan HM Yamjn.

7. Wilayah Polsek Patumbak, lokasi penutupan di Jalan AH Nasution Simpang Jalan Bajak II.

8. Wilayah Polsek Delitua, lokasi penutupan Jalan Jamin Ginting Simpang Jalan Simalingkar, Jalan AH Nasution Simpang Jalan Karya Wisata.

9. Wilayah Polsek Pancur Batu, lokasi penutupan Jalan Jamin Ginting Simpang Jalan Salam Tani dan Jalan Jamin Ginting Simpang Jalan Gotong Royong.

10. Wilayah Polsek Sunggal, lokasi penutupan Jalan Amal TB Simatupang.

11. Wilayah Polsek Helvetia, lokasi penutupan Jalan Gatot Subroto Simpang Jalan Asrama dan Jalan Kapten Muslim Simpang Jalan Kapten Sumarsono.

"Penutupan ini hanya satu hari saja," ujar AKBP Sonny. Dia pun kembali menyuarakan imbauan pemerintah terkait penggunaan masker.

"Kita mengimbau masyarakat khususnya pengendara agar mengurangi aktivitas keluar rumah, jangan keluar apalagi keluyuran kecuali ada hal yang mendesak, tetap memakai masker, ruitn cuci tangan untuk memutuskan penyebaran virus corona Covid-19," katanya. (Berbagaisumber/Rodo S)
Share this article :

Post a comment