. Bupati Simalungun Ajak Pangulu Pastikan Penyaluran Bantuan Tepat Sasaran | BeritaSimalungun
Home » , » Bupati Simalungun Ajak Pangulu Pastikan Penyaluran Bantuan Tepat Sasaran

Bupati Simalungun Ajak Pangulu Pastikan Penyaluran Bantuan Tepat Sasaran

Written By Beritasimalungun on Monday, 18 May 2020 | 10:56

Bupati Simalungun Dr. JR. Saragih, SH, MM saat memimpin pertemuan pendataan penerima bantuan dari Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten dan dana Desa serta pendataan Aset di wilayah masing-masing yang dilaksanakan di ruang Harungguan Kantor Camat Tanah Jawa, Senin (18/5/2020). (Humas)
Pematangraya, BS-Bupati Simalungun Dr. JR. Saragih, SH, MM mengajak para Pangulu untuk aktif bekerjasama dalam memperbaiki data penyaluran bantuan bagi masyarakat akibat dampak dari penyebaran Covid-19.

Himbauan ini diutarakan Bupati saat memimpin pertemuan pendataan penerima bantuan dari Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten dan dana Desa serta pendataan Aset di wilayah masing-masing yang dilaksanakan di ruang Harungguan Kantor Camat Tanah Jawa, Senin (18/5/2020).

Disampaikan oleh Bupati, bahwa pertemuan tersebut sebagai tindak lanjut dari banyaknya laporan dan keluhan dari masyarakat yang tidak mendapat bantuan diterima oleh Bupati. 

Sehingga menurut Bupati, Pangulu harus aktif mendata semua warganya yang layak mendapat bantuan. Saat ini, Pemkab Simalungun telah menyiapkan 25.000 paket sembako untuk dibagikan pada masyarakat yang terdampak penyebaran virus Covid-19.

"Saya minta Pangulu bersama Babinkantibmas untuk mendata warga di wilayahnya, kita akan upayakan warga yang tidak terdaftar namun layak menerima bantuan untuk mendapat bantuan," ujar Bupati.

Secara khusus Bupati juga menyampaikan agar para Pangulu juga mendata warganya yang merupakan Kaum Dhuafa, Nazir Masjid, Bilal Mayit, Yatim Piatu, Pendeta, Penginjil dan Guru Sekolah Minggu sebagai penerima bantuan dari Pemkab Simalungun.

"Permasalahan yang terjadi, banyak masyarakat yang terdata tetapi tidak pernah mendapat bantuan serta banyak laporan permasalahan yang saya terima setiap hari. Untuk itu, silahkan bapak ibu data dengan baik dan kirim kepada kami laporannya agar dapat  direalisasikan bantuan dari Pemerintah Daerah," tambah Bupati.

Bupati meminta para Pangulu untuk benar- benar memperhatikan masyarakat yang membutuhkan dan menghindari kepentingan dalam penyaluran bantuan. 

Bagi warga yang belum memiliki KTP Simalungun, namun layak mendapat bantuan juga harus menjadi prioritas dalam penyaluran bantuan. Unsur Pimpinan Kecamatan juga harus aktif bekerjasama dalam pendataan dan penyaluran.

"Bantuan akan didistribusikan di Kantor Camat Tanah Jawa, Nantinya akan disalurkan melalui Pangulu masing-masing Nagori. Tugas kita bersama untuk memastikan masyarakat Simalungun dapat terbantu dalam menghadapi penyebaran virus Covid-19 ini," tambah Bupati.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga tetap menghimbau kepada masyarakat Simalungun untuk tidak panik dan tetap menjaga kesehatan, rajin mencuci tangan serta tetap menerapkan sosial distancing dalam memutus penyebaran virus Covid-19 di wilayah masing-masing.(Hms/Rodo Saragih)
Share this article :

Post a comment