Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Dinyatakan Positif Covid-19, Warga Parapat Dievakuasi

Evakuasi DS di Parapat, Jumat (15/5/2020). IST
Panei, BS-Seorang warga Parapat, Kecamatan Sipanganbolon, Kabupaten Simalungun berinisial DS (36 tahun) kini menjalani perawatan di Rumah Sakit Darurat Fasilitas Khusus Covid-19 di Batu 20, Kecamatan Panei, Kabupaten Simalungun.

DS dijemput tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Simalungun karena dinyatakan positif Covid-19 hasil swab test. Pada Jumat (14/5/2020) siang sekitar pukul 13.00 WIB DS akhirnya berhasil dirujuk setelah melalui proses yang rumit.

Humas GTPP Covid-19 Simalungun, Akmal Siregar kepada wartawan mengatakan, DS dibawa ke rumah sakit rujukan di Batu 20, Kecamatan Panei, Kabupaten Simalungun.

Dengan Alat Perlindungan Diri (APD), petugas membawa wanita tersebut ke Rumah Sakit Darurat Fasilitas Khusus Covid-19 di Batu 20, Kecamatan Panei, Kabupaten Simalungun.

Akmal mengatakan, terhadap keluarga DS tersebut, tengah dilakukan upaya untuk rapid test, namun menuai penolakan. Direncanakan Sabtu (16/5/2020) dilajukan rapid test untuk mendeteksi dan memudahkan pencegahan penyebaran covid-19.

Sementara itu gugus tugas telah menetapkan isolasi terhadap 35 kepala kreluarga di sekitar kediaman DS. "Ada 35 KK yang sudah diisolasi di kampungu ini," kata Akmal.

Tim Gugus Tugas Simalungun memanfaatkan relawan desa dan gugus tugas Nagori dalam melakukan pemantauan di desa itu. Untuk posko disebutkan memanfaatkan Puskesmas yang ada di sana.

Sebelumnya Tim Gugus Tugas Simalungun yang menjemput DS pada Kamis (14/5/2020) malam mendapat penolakan dan perlawanan dari keluarga.

Bupati Simalungun, JR Saragih selaku Ketua GTPP Covid-19 Kabupaten Simalungun melalui Humas Akmal Siregar menyampaikan hingga Sabtu (16/5/2020) jumlah warga positif corona di Simalungun total 5 orang.

Hal itu berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh Balai Besar Laboratorium Kesehatan Jakarta, Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, sesuai dengan surat dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara.(Rodo S) 

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments