. Jelang Pelaksanaan New Normal, Bupati Simalungun Tinjau Kesiapan Hotel dan Obyek Wisata | BeritaSimalungun
Home » , , » Jelang Pelaksanaan New Normal, Bupati Simalungun Tinjau Kesiapan Hotel dan Obyek Wisata

Jelang Pelaksanaan New Normal, Bupati Simalungun Tinjau Kesiapan Hotel dan Obyek Wisata

Written By Beritasimalungun on Sunday, 31 May 2020 | 08:23

Bupati Simalungun Dr. JR. Saragih, SH, MM bersama Ketua DPRD Timbul Jaya Sibarani, Danrindam I/BB Kol Inf Dwi Lagan Safrudin, S.I.P, Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo, Dandim 0207/Sml Letkol Inf Frans Kishin Panjaitan, Sekdakab Simalungun Mixnon A Simamora, S.I.P, M.Si serta pimpinan OPD dan Camat meninjau pelaksanaan simulasi penerapan new normal sektor pariwisata di tengah pandemi virus Covid-19, di Kota Wisata Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Simalungun, Minggu (31/5/2020). (Humas)
Parapat, BS-Pemerintah Republik Indonesia tengah membuat rencana uji coba atau simulasi penerapan skenario new normal. Rencananya pekan ini simulai new normal tersebut sudah akan mulai berjalan. Simulasi ini akan dijalankan sesuai arahan Presiden, serta dikawal oleh TNI dan Polri demi memastikan simulasi tersebut berjalan semestinya dan terhindar dari gelombang kedua COVID-19.

Guna memastikan pelaksanaan new normal ini berjalan dengan baik, Bupati Simalungun Dr. JR. Saragih, SH, MM bersama Ketua DPRD Timbul Jaya Sibarani, Danrindam I/BB Kol Inf Dwi Lagan Safrudin, S.I.P, Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo, Dandim 0207/Sml Letkol Inf Frans Kishin Panjaitan, Sekdakab Simalungun Mixnon A Simamora, S.I.P, M.Si serta pimpinan OPD dan Camat meninjau pelaksanaan simulasi penerapan new normal sektor pariwisata di tengah pandemi virus Covid-19, di Kota Wisata Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Simalungun, Minggu (31/5/2020).

Kegiatan ini diawali dengan gerak jalan santai oleh para pimpinan OPD, Camat serta jajaran TNI dan Polri. Usai pelaksanaan gerak jalan, Bupati bersama rombongan meninjau kesiapan Hotel- hotel di Parapat dalam menghadapi pelaksanaan New Normal. 

Di tempat ini Bupati meninjau kesiapan Hotel Inna Parapat dalam menyediakan fasilitas pencegahan sesuai dengan protokol pemerintah diantaranya alat cek kesehatan, cuci tangan, masker, fasilitas ruang tunggu dan kesiapan lainnya.

Bupati Simalungun menyampaikan kepada pihak hotel bahwa mulai hari ini hotel sudah diperbolehkan untuk memulai aktifitas secara normal kembali namun tetap memperhatikan protokol pencegahan penyebaran virus Covid-19, hal ini merupakan anjuran dari Pemerintah Pusat sebagai langkah percepatan untuk pembenahan ekonomi terutama sektor pariwisata.

"Kita ikuti anjuran dari Pemerintah Pusat untuk memulai tahapan new normal, karenanya kami bersama Forkopimda Kabupaten Simalungun meninjau kesiapan hotel dan usaha lainnya dalam penerapannya," ujar Bupati.

Bupati juga menambahkan bahwa Pemkab Simalungun nantinya akan menerbitkan peraturan sebagai acuan bagi hotel dan pelaku usaha lainnya dalam menerapkan pelaksanaan new normal di Kabupaten Simalungun.

Untuk memastikan pelaksanaan penerapan new normal ini berjalan dengan baik, Bupati juga mengatakan akan melibatkan unsur TNI dan Polri serta Dinas Perhubungan dan Satpol PP guna memantau masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan seperti cuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak.

"Tentunya masih ada kekurangan dalam penerapan new normal ini, namun sambil berjalan nanti akan kita benahi. Juga akan kita siagakan staf kesehatan dan keamanan pada tiap hotel untuk mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan," tambah Bupati.

Untuk menghidupkan kembali pariwisata di Parapat, Bupati juga mengatakan akan bekerja sama dengan Forkopimda dengan rutin melaksanakan kegiatan-kegiatan Pemerintah seperti kegiatan Olahraga dan kegiatan lainnya. 

Bupati menambahkan bahwa kegiatan gerak jalan ini juga merupakan bagian dari promosi kepada masyarakat bahwa Parapat aman untuk dikunjungi.

Secara khusus kepada masyarakat Parapat, Bupati berpesan agar tetap menjaga kesehatan dan tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19 agar masyarakat umum tidak takut untuk berkunjung ke Parapat.

"Jaga kesehatan dan jaga perilaku dalam menerima tamu, agar tamu yang datang tidak takut dan bosan berkunjung ke Parapat," tutup Bupati Simalungun JR Saragih.(Hms/Rodo Saragih)
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.