}); Sekda Simalungun Sambut Kunjungan Mayjen TNI (Purn) Darlan Harahap di Posko Gugus Tugas Simalungun | BeritaSimalungun
Home » , , » Sekda Simalungun Sambut Kunjungan Mayjen TNI (Purn) Darlan Harahap di Posko Gugus Tugas Simalungun

Sekda Simalungun Sambut Kunjungan Mayjen TNI (Purn) Darlan Harahap di Posko Gugus Tugas Simalungun

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 26 May 2020 | 10:53

Bupati Simalungun Dr. JR. Saragih, SH, MM diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Simalungun Mixnon Andreas Simamora, S.IP, M.Si bersama Wakil Ketua I Letkol Inf. Frans Kishin Panjaitan menyambut kedatangan Liaison Officer (LO) Gugus Tugas Covid-19, Mayjen TNI (Purn) Darlan Harahap di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Simalungun, Kecamatan Siantar, Selasa (26/5/2020).(Humas)
Pematangraya, BS-Bupati Simalungun Dr. JR. Saragih, SH, MM diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Simalungun Mixnon Andreas Simamora, S.IP, M.Si bersama Wakil Ketua I Letkol Inf. Frans Kishin Panjaitan menyambut kedatangan Liaison Officer (LO) Gugus Tugas Covid-19, Mayjen TNI (Purn) Darlan Harahap di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Simalungun, Kecamatan Siantar, Selasa (26/5/2020).

Kunjungan Liaison Officer (LO) ini untuk meninjau penanganan yang dilakukan oleh Pemerintah Propinsi dan Daerah dalam menangani penyebaran virus Covid-19 di wilayahnya.

"Kita ingin melihat sejauh mana perkembangan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah dalam penanganan Covid-19 diwilayahnya, dan apa yang telah dijelaskan oleh Sekda Simalungun tadi bahwa penanganan penyebaran virus Covid-19 di Simalungun baik secara perencanaan dan penanganan telah berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh Pemerintah Pusat," ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Simalungun Mixnon A. Simamora, M.Si saat menjelaskan kepada Liaison Officer (LO) Gugus Tugas Covid-19, Mayjen TNI (Purn) Darlan Harahap bahwa GTPP Covid-19 Simalungun telah mempersiapkan 3 Rumah Sakit dan 1 Rumah Sakit Darurat dalam menghadapi kemungkinan terburuk penyebaran Covid-19 di Simalungun. Gugus Tugas juga telah melakukan Rapid test kepada 7.813 orang untuk dapat memetakan penyebaran di setiap Kecamatan-kecamatan.

Selain itu ditambahkan oleh Sekda, GTPP Covid-19 Simalungun melalui Dinas Kominfo, sejak awal dibentuknya gugus tugas telah melakukan siaran keliling serta pemasangan baliho, spanduk dan pembagian leaflet himbauan kepada masyarakat yang berisikan informasi, himbauan dan pencegahan untuk  mengindari penyebaran virus Covid-19.

"Selain itu, kami juga memberdayakan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) di Simalungun untuk mempersiapkan kebutuhan masker bagi masyarakat," ujar Sekda.

Usai mendapat penjelasan dari Sekdakab Simalungun, Mayjen TNI (Purn) Darlan Harahap berpesan kepada Gugus Tugas di daerah agar tetap melakukan pengawasan dan tidak bosan menghimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

"Saya berharap kepada seluruh aparatur agar tidak bosan melaksanakan sosialisasi. Dinas Kominfo harus menjadi corong sosialisasi dan himbauan serta corong informasi kinerja gugus tugas. Libatkan tokoh masyarakat dan tokoh agama, agar tujuan yang kita sampaikan dapat lebih diterima oleh masyarakat," ujarnya.

Ditambahkannya, selain hal tersebut gugus tugas juga harus tetap aktif melakukan pengawasan dan melakukan pemeriksaan massal melalui Rapid test maupun swab untuk dapat memetakan penyebaran di setiap wilayah.

Rencana Pemerintah menghadapi kemungkinan yang akan terjadi di masa mendatang, Gugus Tugas di daerah juga diminta tetap berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat untuk mempersiapkan berbagai tahapannya.

"Kapanpun pemerintah pusat melaksanakan keputusan, kita di daerah harus sudah siap dalam pelaksanaannya," ujarnya.

Pada kunjungan Liaison Officer (LO) Gugus Tugas Covid-19, Mayjen TNI (Purn) Darlan Harahap ini turut menyambut, Asisten I Topot Saragih, Kadis Kominfo Wasin Sinaga, Kadis Perhubungan Ronny Butar-Butar, Kepala Satpol PP Simson Tambunan, Kepala BPBD Rizal Saragih dan Kadis Sosial Mudahalam Purba.(BS-Hms/Rodo Saragih)
Share this article :

Post a comment