}); In Memoriam 1 Tahun St RK Purba Pakpak, Bapak Pembangunan dan Misionaris GKPS dari Jambi | BeritaSimalungun
Home » , , » In Memoriam 1 Tahun St RK Purba Pakpak, Bapak Pembangunan dan Misionaris GKPS dari Jambi

In Memoriam 1 Tahun St RK Purba Pakpak, Bapak Pembangunan dan Misionaris GKPS dari Jambi

Written By Beritasimalungun on Wednesday, 17 June 2020 | 18:47



Bapak Pembangunan dan Misionaris GKPS dari Jambi

Jambi, BS-Dia berusaha jongkok dan membungkuk dalam kondisi fisik yang sudah tua dan sakit, lalu menaruh batu-bata di galian berbentuk salib di depannya. Sebelum menaruh semen di atas batu-bata tersebut, sejenak Dia menutup mata dengan tangan kiri sembari menangis. Kemudian Dia mengambil semen menggunakan sendok semen dan menaruhnya di atas batu-bata yang terletak di dalam galian berbentuk salib tersebut. Polesan semen yang ditaruhnya di atas batu-bata tersebut pun tampak cukup rapi.


Demikianlah St Raja Kumpul (RK) Purba Pakpak melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) Jambi di komplek gereja Kotabaru, Kota Jambi, Minggu (16/06/2019) siang yang juga bertepatan dengan HUT Ke 69 Istri tercinta Inang P Sitepu.


St RK Purba yang merupakan mantan Pengantar Jemaat (Ketua Majelis Jemaat) GKPS Jambi selama 13 tahun turut melakukan peletakan batu pertama gedung gereja GBKP Jambi tersebut mewakili undangan dan penatua senior yang selama ini juga turut mendukung pelayanan dan pembangunan GBKP di Jambi.


Kehadiran St RK Purba pada peletakan batu pertama pembangunan GBKP Jambi tersebut ternyata menjadi pengabdian terakhirnya  dalam pelayanan gereja. Pada hari Senin (17/06/2019) Pukul 18.20 WIB di RS Siloam Kota Jambi, St RK Purba yang selama ini menjadi tulang punggung pembangunan GKPS di Jambi pergi untuk selamanya. 

“Ompung” orang Jambi tersebut meninggalkan isteri (inang), P Br Sitepu, lima orang anak (satu putra, empat putri), seorang parumain dan empat orang hela dan 12 orang cucu.

In Memoriam 1 Tahun St RK Purba Pakpak (Senin 17 Juni 2019 Pukul 18.20 WIB-Rabu 17 Juni 2020). Ketokohannya selalu dikenang bagi yang mengenalnya. St RK Purba Pakpak salah satu tokoh Putra Simalungun Pekabaran Injil di Tanah Melayu Jambi.


Sangat Melekat


Sosok St RK Purba memang sangat melekat dalam perkembangan GKPS dan beberapa gereja di Jambi. Kiprah dan kontribusinya dalam pembangunan dan pengembangan pelayanan GKPS di Jambi cukup banyak. 


St RK Purba yang lahir di Desa Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, 12 Februari 1939 termasuk seorang dari tujuh tokoh Simalungun Kristen di Jambi yang turut mendirikan GKPS Persiapan Jambi di Kota Jambi Maret - April 1983.


Peranan St RK Purba dalam pembangunan gedung Gereja GKPS Jambi sangat besar ketika Dia diangkat menjadi Seksi Dana Panitia Pembangunan Gedung GKPS Jambi 1984 – 1986. St RK Purba yang menikah dengan Inang P Br Sitepu asal Kabanjahe, Karo, Sumut menjadi penopang utama kebutuhan dana pembangunan GKPS Jambi.


Setelah gedung Gereja GKPS Jambi di Kotabaru, Kota Jambi diresmikan Minggu, 27 April 1986 bersamaan dengan persemian GKPS Persiapan Jambi menjadi GKPS Jambi, St RK Purba tetap konsisten berkiprah atau berkontribusi dalam pembangunan gereja di Jambi, khususnya GKPS Jambi.


Tidak hanya itu. Pengembangan Pekabaran Injil (PI) GKPS di Jambi dan Sumatera Selatan pun terus diperluas setelah St RK Purba masuk jajaran Pimpinan Majelis Jemaat GKPS Jambi. Ketika St RK Purba menjadi Wakil Pengantar Jemaat GKPS Jambi periode 1990 – 1995 mendampingi Pengantar Jemaat GKPS Jambi periode tersebut, St Ir Karesman (K) Saragih, pendirian GKPS Persiapan di wilayah Kabupaten Bungo – Tebo dan Sarolangun – Bangko pun dijajaki. Akhirnya GKPS Persiapan Muarabungo, Kabupaten Bungo pun berdiri tahun 1990.


Selanjutnya setelah St RK Purba menjadi Pengantar Jemaat GKPS Jambi 1992 – 1995 pergantian antar waktu (PAW) menggantikan St K Saragih yang pindah ke Bogor, Jawa Barat, beberapa gereja GKPS di Kabupaten Bungo – Tebo, Sarolangun – Bangko dan Sumatera Selatan pun pun berdiri. Di Kabupaten Tebo berdiri GKPS Persiapan Sukmakmur, GKPS Persiapan Sumbersari, GKPS Persiapan Bangko, Kabupaten Sarolangun – Bangko dan GKPS Palembang, Sumatera Selatan.


Pada masa tugas St RK Purba sebagai Pimpinan Majelis Jemaat GKPS Jambi 1990 – 1995, GKPS Resort Jambi pun berdiri. GKPS Resort Jambi pun diresmikan pada hari Minggu, 13 Oktober 1991 oleh Ephorus GKPS Pdt Jas Damanik, STh. St RK Purba kala itu pun menjadi Perutusan Synode Bolon GKPS Resort Jambi.


Hingga St RK Purba mengakhiri masa tugas sebagai Pengantar Jemaat GKPS Jambi dan Perutusan Synode Bolon GKPS Jambi tahun 2005, perkembangan pembangunan dan PI di Jambi dan Sumatera Selatan cukup pesat. Dukungan St RK Purba dan keluarga dalam pembangunan GKPS di Jambi hingga ke GKPS Resort Palembang selama mengemban tanggung jawab sebagai Pengantar Jemaat GKPS Jambi dan Perutusan Synode Bolon GKPS Resort Jambi cukup besar.


Setelah mengakhiri masa tugas sebagai Pengantar Jemaat GKPS Jambi dan Perutusan Synode Bolon GKPS Jambi Februari 2005 dan memasuki masa purna bakti sebagai Sintua (St) GKPS, Minggu, 24 April 2005, St RK Purba tetap konsisten memberikan sumbangan dana dan pemikiran dalam pembangunan GKPS Jambi.


St RK Purba memberikan kontribusi besar dalam pembangunan rumah Pendeta GKPS Jambi, Gedung Sekolah Minggu GKPS Jambi dan GKPS Tanah Kanaan. 

Bertepatan dengan HUT ke-30 GKPS Jambi, 28 April 2013, Keluarga St RK Purba/P Br Sitepu menyumbangkan satu unit kendaraan (mobil) inventaris GKPS Resort Jambi dan dana pembangunan Gedung Sekolah Minggu GKPS Jambi. 


Kemudian bertepatan dengan HUT ke-75 St RK Purba, 12 Februari 2014, Keluarga mereka juga menyumbangkon buku tata ibadah sekitar 600 eksemplar untuk GKPS Jambi dan GKPS Tanah Kanaan Jambi.


Sedangkan bertepatan dengan HUT ke-80, 12 Februari 2019, Keluarga St RK Purba/P Br Sitepu menyumbangkan dana pembangunan gedung Sekolah Minggu GKPS Jambi sebesar Rp 60 juta. 

Padahal kala itu St RK Purba sudah dalam kondisi sakit dan berobat intensif. Dalam rangka syukuran HUT ke-80 tersebut juga, Keluarga St RK Purba mengadakan ibadah khusus secara oikumenis di Hotel Aston Jambi, Sabtu (16/02/2019) malam.


Pada kesempatan tersebut turut diundang warga jemaat GKPS Jambi, GKPS Tanah Kanaan, GBKP Jambi, warga jemaat beberapa gereja di Jambi dan para rohaniawan (Pendeta dan Diaken) berbagai gereja. 

Tak ketinggalan, Keluarga St RK Purba juga kala itu menyuguhkan hiburan kepada warga Kristen yang hadir dengan menghadirkan grup artis Batak Jakarta, Erick Sihotang dan Tio Fanta Pinem.


Beberapa hari sebelum tutup usia, St RK Purba yang sudah setahun lebih sakit juga masih menyempatkan diri mengantarkan berkas pengurusan izin pembangunan GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi ke rumah Wali Kota Jambi, Syarif Fasha awal Mei 2019.


Pada masa hidupnya, St RK Purba juga tak lupa membangun gereja GKPS di kampung halamannya, Hinalang. GKPS Hinalang yang dibangun St RK Purba diresmikan hari Minggu, 7 September 2008 bertepatan dengan Jubileum 100 Tahun GKPS Hinalang. Jenazah St RK Purba pun terakhir disemayamkan (mendapatkan paragendaon) di GKPS Hinalang, Kamis (20/06/2019) sebelum dimakamkan di Desa Hinalang.


Kesan Mendalam


Besarnya kiprah dan kontribusi St RK Purba dalam pembangunan Gereja, pembangunan seni – budaya Batak, khususnya Simalungun serta pembangunan di Kota Jambi meninggalkan banyak kesan mendalam bagi berbagai kalangan.


Mantan Pendeta GKPS Resort Jambi, Pdt John Ricky R Purba, STh, MSi pada ibadah dan upacara adat Sayur Matua St RK Purba di Karya, Telanaipura, Kota Jambi, Rabu (19/06/2019) mengatakan, St RK Purba termasuk sosok pelayan gereja dan pengusaha yang rendah hati. Dia senantiasa ramah, terbuka dan tidak pernah berat hati menolong warga gereja dan para rohaniawan dari berbagai gereja.


“Kiprah dan bantuan St RK Purba dalam pembangunan GKPS Jambi selama saya bertugas di Jambi 2006 – 2012 sangat besar. Pak St RK Purba benar-benar sosok warga gereja, pelayan dan pengusaha yang rendah hati,”katanya.


Hal senada juga diakui Pendeta GKPS Resort Jambi, Pdt Riando Tondang, STh. Menurut Pdt Riando Tondang, STh yang juga putra Hinalang, perhatian St RK Purba terhadap dirinya sejak datang ke Jambi cukup besar. Perhatian tersebut bukan hanya dalam bentuk sibere-bere (pemberian), tetapi juga dalam tegur sapa.


“Ketika saya berobat di Jakarta selama satu bulan, Mei – Juni, Pak St RK Purba lah yang paling sering menelepon, menanyakan kondisi kesehatan saya. Padahal Dia pun dalam kondisi sakit juga. Luar biasa perhatian Pak St RK Purba terhadap para pelayan gereja, bukan hanya pendeta GKPS, tetapi juga pendeta gereja lain,”katanya.


Wali Kota Jambi, Syarif Fasha sendiri pun memiliki kesan mendalam terhadap St RK Purba. Ketika menyampaikan sambutan pada acara adat Sayur Matua St RK Purba tersebut, Syarif Fasha mengatakan, St RK Purba merupakan sosok orang tua dan pengusaha yang rendah hati dan peduli terhadap generasi muda.


St RK Purba, katanya, selalu memberikan nasehat kepada orang-orang muda, termasuk Syarif Fasha agar bekerja keras, optimis, rendah hati, peduli sesama dan jujur. 

St RK Purba termasuk salah satu putra terbaik Jambi yang telah banyak memberikan kontribusi terhadap pembangunan Kota Jambi. St RK Purba tidak hanya peduli terhadap Simalungun dan GKPS, tetapi juga peduli terhadap umat Muslim, Toba, Karo, Batak dan etnis lainnya.


“Sebagai seorang pengusaha minyak dan gas yang sukses, St RK Purba cukup banyak membantu Pemerintah Kota Jambi dan Pemerintah Provinsi Jambi. Selain memberikan kontribusi pajak yang cukup besar, perusahaan St RK Purba juga memberikan sumbangan bagi pembangunan Jambi dengan menampung cukup banyak pekerja putra daerah Jambi,”ujarnya.


Menurut Syarif Fasha, kedekatan Dia dengan St RK Purba membuatnya sangat hormat terhadap St RK Purba. Karena itu Syarif Fasha selalu memanggil St RK Purba, Ompung.


“Hanya St RK Purba yang saya panggil Ompung dari kalangan warga Batak di Jambi. Itu karena sosok St RK Purba memang sangat arif, peduli dan rendah hati. St RK Purba menjadi salah satu soko guru bagi saya dalam berkiprah di dunia usaha dan biroraksi saat ini,”katanya.


Syarif Fasha mengatakan masih punya “hutang” terhadap St RK Purba. Beberapa hari sebelum meninggal,  Ompung St RK Purba datang ke rumah mengantarkan berkas pengurusan izin Gereja GKPS Tanah Kanaan Jambi.


“Saya berjanji pengurusan izin tersebut akan saya tuntaskan palinglambat satu bulan ini,”katanya. Selamat jalan Ompung St RK Purba. Jasa-jasa mu tidak akan kami lupakan.


Puji Tuhan, Wali Kota Jambi H DR Syarif Fasha ME menyerahkan secara simbolis Surat Ijin Beribadah dari Forum Komunikasi Antar Umat Beragama (FKUB) Kota Jambi dan Surat Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Tanah Kanaan Jambi, Lorong Penerangan, Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi. 

Penyerahan secara simbolis dilaksanakan di Rumah Dinas Wali Kota Jambi kepada Keluarga Besar (Alm) St RK Purba Pakpak yang diterima oleh P Br Sitepu (Istri Almarhum), Minggu (15/9/2019).


Penyerahan Surat Ijin Beribadah dari FKUB Kota Jambi dan Surat IMB GKPS Tanah Kanaan Jambi juga disaksikan anaknya (Alm) St RK Purba yakni Petrus H Purba, Shinta Br Haloho, Maria Purba, Christine Purba, Pdt Riando Tondang STh.


Kemudian Pendeta GKPS Resort Jambi Pdt Riando Tondang STh didampingi Pdt Franky D Malau STh dan Pengurus GKPS Resort Jambi memimpin ibadah sederhana peletakan batu pertama pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi, Sabtu (28/3/2020). 


Acara peletakan batu pertama ini hanya dilaksanakan sederhana dan hanya dihadiri beberapa Majelis Gereja, karena dalam masa darurat Covid-19.

Besarnya kepedulian St RK Purba terhadap pelayanan dan pembangunan GKPS hingga di usianya yang sudah tua menunjukkan komitmen hidupnya, yaitu “Hari ini tetap bekerja keras dan melayani kendati tahu esok akan mati,”. In Memoriam 1 Tahun St RK Purba Pakpak. Kami Selalu Mengenangmu. (St R Saragih/Asenk Lee Saragih)

Share this article :

Post a comment