Info Terkini

10/recent/ticker-posts

New Normal di Sumut Mulai 1 Juli 2020

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi bersama istri ikut memanen bawang putih di Desa Hutasoit II, Kecamatan Lintong Nihuta, Kabupaten Humbang Hasundutan, Rabu, 3 Juni 2020. ( Foto: Istimewa )
Medan, BS- Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) masih melakukan pematangan dalam mempersiapkan konsep kehidupan baru (new normal) di masa transisi terkait pandemi Covid-19, yang rencananya dilaksanakan 1 Juli 2020.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi mengatakan, konsep new normal yang sedang digodok ini melibatkan kepala daerah, pakar - pakar kesehatan dan rektor dari perguruan tinggi negeri maupun swasta.

"Pengaturan draft secara bottom up untuk menuju new normal, dengan masa transisi sampai 13 Juni 2020. Setelah itu, konsep ini kita bahas bersama DPRD Sumut," ujar Edy Ramhayadi, Jumat (5/6/2020).

Bila konsep ini sudah rampung dibahas bersama dewan, sambung Edy Rahmayadi, Pemprov Sumut akan mengajukan kepada kementerian kesehatan, untuk memberikan persetujuan melaksanakan new normal di berbagai bidang tersebut.

"Sambil menunggu persetujuan dari Menteri Kesehatan, kita akan melakukan uji coba new normal pada masa transisi ini pada 33 kabupaten maupun kota di Sumut. Jika sudah disetujui, maka ada aturan dan sanksi dalam menerapkan kehidupan baru itu," katanya.

Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah menyampaikan, pembahasan konsep new normal masih terus dirampungkan. Kunci dalam mengatasi pandemi Covid-19 adalah mengikuti petunjuk dalam protokol kesehatan.

"Konsep ini harus disiapkan secara matang, termasuk dalam bidang pendidikan, bidang dunia usaha, beribadah dan bidang-bidang lainnya. Kehidupan yang baru ini memang wajib dilaksanakan, sebab pandemi Covid-19 sudah menggerus perekonomian, mempengaruhi psikologis dan lainnya," sebutnya.(*)



Sumber: BeritaSatu.com

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments