. "Aiiiiiii Naaaaang Ouuuu Do Ai Lang On Ma" | BeritaSimalungun
Home » , , » "Aiiiiiii Naaaaang Ouuuu Do Ai Lang On Ma"

"Aiiiiiii Naaaaang Ouuuu Do Ai Lang On Ma"

Written By Beritasimalungun on Thursday, 2 July 2020 | 09:01

Jumat, 3 Juli 2020 Pukul 19.45 WIB.

Oleh: J Bachtiar Sihaloho
Beritasimalungun-Slogan atau hymne atau Yel-yel, sangatlah dibutuhkan dalam sebuah event, dimana yel-yel tersebut diperuntukkan untuk memberikan semangat kepada team, group maupun perseorangan, hingga menumbuhkan spirit atau power dalam menuntaskannya.

Yel-yel diatas, adalah asli bahasa daerah Simalungun, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, yang secara harfiah kata dapat diartikan, "Alamak.........asyiknya, bukankah demikian"

Yel-yel yang dikumandangkan saat Pandemi, Virus Corona, atau lebih populer disebut Covid19, hingga banyak Negara di Dunia menerapkan Sistem Lock Down termasuk PSBB yang diterapkan oleh Negara Nyiur Melambai Indonesia Tanah Air Beta🇮🇩, adalah yel yel yang dikumandangkan oleh suku Simalungun, dengan letak geografis memiliki potensi alam yang indah, tak kalah hebatnya dengan Danau Batur, atau Danau Bedugulnya Bali, yakni Danau Toba.

Yel yel tersebut tercipta, saat masyarakat Habonaron do Bona, mengisi waktu dengan menonton Live Streaming melalui Media Sosial Face Book, You Tube, Instagram, yang entah oleh siapa Artis Simalungun yang memulainya lebih dahulu, tapi mampu menumbuhkan semangat disaat semua Harus Tinggal dan Diam Di Rumah Saja dan sangat ampuh mengusir kejenuhan.

Itulah salah satu sisi positif, disaat Pandemi, walau banyak aspek yang lain, khususnya ekonomi secara makro harus porak poranda melanda.

Kali ini, kita akan menerima suguhan live streaming dari Artis Simalungun yang tidak asing lagi Intan Saragih Cbm. Malam ini, Jam 19.30 WIB dari kota kelahiran dan dia dibesarkan, DESA BANE, PEMATANG SIANTAR, dia akan tampil bersama FIF TRIO ( FIF_FITRI,INTAN,FITRI) hadir dengan tembang lawas lagu Simalungun dengan Thema SENANDUNG SIMALUNGUN.

Cuplikan Slide Video yang diunggah dalam advertising untuk menarik pemirsa dalam live streaming ini, boleh aku menyebutnya sebagai salah satu harmoni Trio Cewek di Simalungun yang memilik masa depan, disaat formasi di group Trio Cewek dalam kansah dunia tarik suara seni Simalungun langka.

Slide Video yang mereka unggah, semakin solid dalam harmonisasj, semakin padu dalam materi Vocal, sebagaimana layaknya Trio. Penasaran kan? Saksikan mereka malam ini, dan katakan YES, I Like FIF TRIO

Besok malam, akan tampil juga Artis Simalungun dari Dua Tempat yang berbeda, yakni Sondi Raya, Secound Home Based Patunggung Simalungun, mereka adalah Orang Simalungun yang dengan sukarela dan semangat untuk mengumandangkan Bangsa Simalungun melalui Adat, Seni, Budaya & Sosial, dan selalu berusaha untuk Patunggungkon Simalungun yang sudah Tunggung semenjak Suku Simalungun itu ada.

Salah satunya, adalah Artis sipendatang baru, yang selalu memikat hati dalam setiap penampilan, LANDUR VOICE TRIO, dengan formasi si Marga Girsang diposisi Tenor, yang memiliki suara Skill/False dan mampu konstan dalam hitungan beberapa bar, tapi juga memiliki natural voice yang oke punya.

Biasanya Vocalis, harus memilih salah satunya, tapi simarga Girsang ini memiliki keduanya. Ditambah suara Sopran Brandy Landur Voice Siboro dan suara Alto kadang berubah jadi Sopran Anggiat Silalahi.

Sesuai kebutuhan formasi lagu, yang membuat Trio ini Melenggang diarena kasanah musik dan dunia panggung hiburan, apalagi dimentori Sang Pencipta Lagu dan Musisi yang Super Kece dalam berkarya Jerry Sigumonrong, lengkap sudah, KECUALI penyakit ITUK HOSOM SUBIL melanda, penyakit lawas yang sering memusnahkan Kreativitas, HALANI AU
SAYOP MA, Anggo sonai. 

Dihari yang sama juga, besok, ada ferform barisan Muda Millenial Artis Simalungun yang bermarkas di Jakarta Timur, Home Based seputaran Mayasari, pusat kuliner masakan khas Batak.

Mereka tergabung dalam #Inggou_Holong_Simalungun# Sumani D Purba Full, Jhane Madly Cova Saragih, Roi Josen dan sang biolis muda, yang perform nya sangat istimewa dalam menggesek alat musik biola, dan memiliki feeling istimewa dalam berkolaborasi dengan Pianis.

Sehingga saat perdana Perform Live Streaming mereka, terlihat harmonis, dan saling menahan ego untuk sebuah pertunjukan. Mantaff kan, Gas Ma Torus, Improvisasi ma, asal ma ulang ipamagou Asli ni Lagu ai, Ai Lang On Ma. Majagiah ma Simalungun. Misbou Tarbarita das age huja. Turei, Songon Suhat Irobean. Horasssssss.(*)

Sumber: FB J Bachtiar Sihaloho


Share this article :

Post a comment