. Lewat Live Streaming Hadirkan Ompung Lina Damanik Ke Layar Kaca | BeritaSimalungun
Home » , , » Lewat Live Streaming Hadirkan Ompung Lina Damanik Ke Layar Kaca

Lewat Live Streaming Hadirkan Ompung Lina Damanik Ke Layar Kaca

Written By Beritasimalungun on Saturday, 25 July 2020 | 17:13

Legendaris Penyanyi dan Pencipta Doding Simalungun
Lewat Live Streaming Hadirkan Ompung Lina Damanik Ke Layar Kaca.
Sondiraya, BS-Pandemi Covid-19 ternyata mampu juga memunculkan kreatifitas dalam dunia hiburan lagu-lagu tradisional dengan melakukan Konser Live Streaming Facebook. Dengan munculnya live streaming ternyata banyak lagu-lagu Simalungun muncul kembali, baik yang dinyanyikan Penyanyi Simalungun milenial dan juga Penyanyi dan pencipta lagu Simalungun legendaris. 

Salah satunya adalah Ompung Lina Br Damanik umur 72 tahun. Konser Live Streaming Facebook dari Studio II Patunggung Simalungun, Sondiraya, Kabupaten Simalungun Jumat 24 Juli 2020 malam, merupakan bukti nyata bahwa Ompung Lina Damanik, sang seniman legendaries Simalungun masih mampu menyanyikan 5 lagu ciptaannya.

Sejumlah lagu Ciptaan Lina Damanik (Tua Jio) yang lahir tahun 1949 ini cukup terkenal di Tahun 1974 dan Tahun 1980an-adalah Tihtolol, Uhur Sunggulan, Mardaupdo Simonggur, Marsapata, Horja Harangan, Martandang, dan Attenang.

Ompung Lina Damanik pada penampilan Konser Live Streaming Facebook dari Studio II Patunggung Simalungun, Sondiraya, Kabupaten Simalungun Jumat 24 Juli 2020 ini menyanyikan lagu Tihtolol, Uhur Sunggulan, Mardaupdo Simonggur, Marsapata, Horja Harangan.

Lewat kolom komentar pada akun Facebook Fahmiee Sigumonrong yang menyiarkan live streaming ini, Ketua Umum Hasadoan Damanaki Boru Panagolon Sedunia (HDBPS) RA Damanik mengapresiasi penampilan Ompung Lina Damanik yang dihadirkan sang “arsitek” Studio II Patunggung Simalungun, Sondiraya, Jerry Sigumonrong. Bahkan Anggota HBDS juga ikut menonton bersama penampilan Ompung Lina Damanik ini. 

Bahkan Ompung Lina Damanik masuk dalam nominasi penerima Apresiasi 100 Pencipta Doding Simalungun (Lagu) dari Komunitas Patunggung Simalungun. 

Sebelumnya Jerry Sigumonrong juga menghadirkan  penyanyi-penyanyi Legendaris Simalungun seperti Agave Trio, Nurlena Br Purba, JESMA Trio.  
(Foto Kolase FB)

Meski usia sudah lansia, Ompung Lina Damanik tetap eksis berkarya di dunia tarik suara. Lina Damanik tampil bersama saat konser live streaming bersama Landur Voice (Putra Girsang, Brandy Siboro, Anggiat Silalahi) dan Nuariati Girsang (Nunung) dengan iringan musik oleh Fahmiee Sigumonrong.

Ompung Lina Damanik ini juga sudah 6 kali masuk studio rekaman (Kaset Pita) dan pernah mendapat piagam penghargaan 4 kali. Tiga penghargaan itu diterimanya  dari Bupati Simalungun semasa JP Silitonga, Jabanten Damanik dan terakhir dari Bupati Simalungun JR Saragih tahun 2015.

Semoga dengan tampilnya Ompung Lina Damanik dapat memotivasi generasi muda Simalungun untuk terus berkarya dengan mencintai serta menciptakan Lagu-Lagu Simalungun. (Asenk Lee Saragih)


Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.