}); Bayern Muenchen Juara Liga Champions 2020, Setelah Tekuk PSG 1 : 0 | BeritaSimalungun
Home » » Bayern Muenchen Juara Liga Champions 2020, Setelah Tekuk PSG 1 : 0

Bayern Muenchen Juara Liga Champions 2020, Setelah Tekuk PSG 1 : 0

Written By Beritasimalungun on Monday, 24 August 2020 | 07:30

Para pemain Bayern Muenchen, merayakan keberhasila menyabet gelar juara Liga Champions setelah di final menundukkan Paris Saint-Germain (PSG), 1-0, di Stadion Da Luz, Lisabon, Minggu, 23 Agustus 2020. (Foto: UEFA)

Lisabon, BS- Bayern Muenchen menyabet gelar juara Liga Champions musim 2019/20 setelah menundukkan Paris Saint-Germain (PSG), 1-0, dalam final di Stadion Da Luz, Lisabon, Minggu (23/8/2020) atau Senin dini hari WIB. Gol yang membawa klub Bundesliga ini juara dilesakkan Kingsley Coman pada menit ke-59.

Ini merupakan gelar keenam Bayern Muenchen di ajang kejuaraan paling bergengsi level Eropa ini. Sebelumnya raksasa Jerman ini menjadi juara pada  1973/74, 1974/75, 1975/76, 2000/01, dan 2012/13.

Kemenangan ini juga membawa Bayern Muenchen menyabet treble musim ini. Sebelumnya pasukan Hansi Flick ini juga menjadi juara Bundesliga dan Piala Jerman.  

Bayern Muenchen juga menorehkan rekor fantastis yakni selalu menang sepanjang aksi di Liga Champions musim ini sejak babak pemnyisihan sampai menjadi juara.  

Sementara bagi PSG, kesempatan emas menjadi juara Liga Champions untuk pertama kalinya pupus.

Pelatih PSG, Thomas Tuchel, mengusung formasi 4-3-3, dengan memasang trio Angel Di Maria, Neymar, Kylian Mbappe di lini depan. Mereka ditopang Ander Herrera, Marquinhos, dan Leandro Paredes.

Jantung pertahanan dijaga Thiago Silva dan Presnel Kimpembe. Mereka didampingi Thilo Kehrer di sisi kanan dan Juan Bernat di kanan. Mereka akan mengawal kiper Keylor Navas yang ternyata bisa pulih dari cedera. Saat semifinal, Navas absen akibat cedera dan tempatnya digantikan Sergio Rico.

Sementara di kubu Bayern Muenchen, pelatih Hans-Dieter Flick atau Hansi Flick menerapkan pola 4-2-3-1. Seperti sudah diprediksi, Robert Lewandowski sebagai ujung tombak tunggal di lini depan.

Penyerang PSG,  Neymar (kiri), berduel dengan gelandang Bayern Muenchen, Leon Goretzka. (Foto: AFP)

Striker asal Polandia ini ditopang Serge Gnabry, Thomas Mueller, dan Ivan Perisic. Leon Goretzka dan Thiago Alcantara berposisi di depan empat bek. Sentral lini pertahanan akan tetap dipercayakan kepada Jerome Boateng dan David Alaba, dengan didampingi Joshua Kimmich di kanan serta Alphonso Davies di kiri.

Posisi penjaga gawang utama jelas menjadi milik Manuel Neuer. Pemain yang masih berstatus kiper utama Timnas Jerman ini belum tergeser di tempatnya di bawah mistar.

Kedua tim mencoba saling menyerang sejak awal pertandingan. Namun tak ada peluang berarti pada 15 menit pertama.

Pada menit ke-18, PSG membuat peluang ketika Neymar melakukan tekanan. Namun peluangnya gagal membuahkan gol lantaran tendangan kaki kirinya berhasil diblok kiper Manuel Neuer.

Menit ke-23, PSG nyaris kebobolan. Striker Bayern Muenchen, Robert Lewandowski, melepaskan tendangan kaki kanan. Sepakan pemain asal Polandia ini membentur gawang PSG.

Pada menit ke-24, PSG melakukan serangan balik yang cepat. Angel Di Maria mendapat peluang dari sisi kanan setelah diberikan umpan oleh Neymar. Namun tendangan pemain asal Argentina ini melambung di atas mistar.

Pemain PSG, Thilo Kehrer (kiri), berupaya melewati pemain belakang Bayern Muenchen, Alphonso Davies. (Foto: AFP)

Menit ke-25, Hansi Flick harus melakukan pergantian pemain lantaran bek Jerome Boateng cedera. Niklas Suele pun masuk menggantikan pemain Jerman keturunan Ghana ini.

Menit ke-29, PSG mendapat tendangan bebas di sisi kiri pertahanan Bayern, setelah Alphonso Davies melanggar Thilo Kehrer. Bola dieksekusi dan mengarah kepada Ander Herrera. Namun sepakan mantan pemain Manchester United ini melenceng ke sisi kiri gawang Manuel Neuer.

Bayern Muenchen mendapat peluang emas pada menit ke-31. Mendapat umpan dari sisi kanan, Lewandowski menanduk bola di depan gawang. Namun peluang ini gagal menjadi gol karena berhasil diblok Navas.

Menit ke-41, Lewandowski yang sudah di depan gawang PSG mendapat umpan dari Kingsley Coman dari sisi kiri. Namun upaya Lewandowski gagal membuahkan hasil.

Sepanjang babak pertama, Bayern Muenchen lebih dominan dalam penguasaan bola. Statistik menunjukkan tim Jerman ini menguasai bola 59 persen.

Menit ke-45, PSG sebenarnya memiliki peluang emas melalui Mbappe yang mendapat umpan dari Di Maria. Namun bola tendangannya berhasil ditangkap Neuer.

Kylian Mbappe (kiri), berupaya menguasai bola saat dikawal bek Bayern Muenchen, Joshua Kimmich. (Foto: UEFA)

Tak berapa lama, Bayern Muenchen pun mendapat peluang. Namun juga gagal menghasilkan gol. Babak pertama pun berakhir imbang tanpa gol.

Babak Kedua

Memasuki menit ke-51, terjadi kericuhan setelah Neymar dilanggar. Para pemain PSG tak terima pemain bintang mereka diganjal dengan keras. Sebagai akibatnya pemain Bayern, Serge Gnabry dan Leandro Paredes dari PSG diganjar kartu kuning.

Kebuntuan berakhir pada menit ke-59. Bayern Muenchen berhasil unggul 1-0 melalui gol yang dilesakkan Kingsley Coman pada menit ke-59.

Pemain asal Prancis itu menjebol gawang Keylor Navas setelah mendapat umpan dari Joshua Kimmick. Coman yang berada di sisi kiri berhasil menyundul bola dan menaklukkan kiper PSG.

Untuk mengubah dinamika timnya, Tuchel memasukkan Marco Verratti menggantikan Leandro Paredes pada menit ke-65. 

Sementara di kubu Bayern, Hansi Flick kemudian menarik keluar Kingsley Coman dan Serge Gnabry. Mereka masing-masing digantikan oleh Ivan Perisic dan Philippe Coutinho pada menit ke-68.

Demi menambah tenaga yang lebih segar, PSG juga menarik Angel Di Maria dan menggantinya dengan Eric Maxim Choupo-Moting, 10 menit sebelum waktu normal usai.

Bayern mendapat peluang pada menit ke-83. Namun tendangan bebas Philippe Coutinho melenceng ke sisi kanan gawang PSG.  

Menit ke-89, Manuel Neuer kembali membuktikan diri sebagai salah satu kiper terbaik dunia. Berhadapan satu lawan satu dengan Manuel Mbappe, dia berhasil memblok pemain berkebangsaan Prancis yang sudah berdiri bebas itu.

Hingga babak kedua usai, tak ada tambahan gol. Bayern Muenchen pun menjadi juara Liga Champions untuk keenam kalinya menyamai Liverpool. 

Susunan pemain:

Paris Saint-Germain (4-3-3): 1 Keylor Navas; 4 Thilo Kehrer, 2 Thiago Silva, 3 Presnel Kimpembe, 14 Juan Bernat (20 Layvin Kurzawa 80); 21 Ander Herrera (23 Julian Draxler 72), 5 Marquinhos, 8 Leandro Paredes (6 Marco Verratti 65), 11 Angel Di Maria (17 Eric Maxim Choupo-Moting 80), 10 Neymar, 7 Kylian Mbappe.

Pelatih: Thomas Tuchel

Bayern Muenchen (4-2-3-1): 1 Manuel Neuer; 32 Joshua Kimmich, 17 Jerome Boateng (4 Niklas Süle 25), 27 David Alaba, 19 Alphonso Davies; 18 Leon Goretzka, 6 Thiago Alcantara (24 Corentin Tolisso 86), 22 Serge Gnabry (10 Philippe Coutinho 68), 25 Thomas Mueller, 29 Kingsley Coman (14 Ivan Perisic 68); 9 Robert Lewandowski.

Pelatih: Hansi Flick



Sumber: BeritaSatu.com
Share this article :

Post a comment