. Koalisi Partai Semakin Mantap Mengusung RHS-ZW di Pilkada Simalungun | BeritaSimalungun
Home » , , , » Koalisi Partai Semakin Mantap Mengusung RHS-ZW di Pilkada Simalungun

Koalisi Partai Semakin Mantap Mengusung RHS-ZW di Pilkada Simalungun

Written By Beritasimalungun on Thursday, 6 August 2020 | 10:21

Calon Bupati Simalungun RHS (kedua dari kanan) memperlihatkan surat rekomendasi DPP Hanura untuk pencalonan peserta Pilkada Simalungun 9 Desember 2020 mendatang. (Istimewa) 

Pematangraya, BS-Koalisi Partai Politik (Parpol) yang memiliki kursi di DPRD Kabupaten Simalungun semakin mantap dalam mengusung Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga dan Zoni Waldi di Pilkada Simalungun 9 Desember 2020 mendatang.

Setelah koalisi Golkar (9 Kursi) dan Berkarya (1 Kursi), kini tambah Hanura (4 kursi) mengusung Bapaslon RHS-ZW di Pilkada Simalungun. Bergabungnya Hanura ditandai dengan adanya Surat Keputusan DPP Hanura Nomor: 113/B.3/DPP-HANURA/VII/2020 yang ditandatangani langsung oleh Ketua Umum Hanura, Osman Sapta dan Sekretaris Jenderal, Gede Pasek Suardika, tertanggal 28 Juli 2020.

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Hanura memilih mendukung Bapaslon Radiapoh Hasiholan Sinaga-Zoni Waldi untuk ikut Pilkada Simalungun, 9 Desember 2020. Hal itu tertuang dalam Surat Keputusan DPP Hanura.

Dalam surat itu Osman Sapta, memerintahkan Ketua DPC Hanura Kabupaten Simalungun untuk mendaftarkan Balon Bupati Simalungun dan Wakil Bupati Simalungun itu, ke KPUD Simalungun.

Keputusan dapat dibatalkan, apabila yang bersangkutan tidak memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh DPP Partai Hanura, selambat - lambatnya 14 hari, sebelum pendaftaran KPUD setempat.

Anggota DPRD Kabupaten Simalungun dari Hanura (1.Sarudin Gultom 2.Esron Simbolon 3.Suriawan 4.Jarusdin Sinaga) juga diminta untuk solid memenangkan Paslon RHS-ZW pada Pilkada Simalungun dengan mensosialisasikan di daerah pemilihan masing-masing.

Gandeng Dewan

Seperti diberitakan BS sebelumnya, Jarusdin Sinaga, Anggota DPRD Kabupaten Simalungun merupakan anggota dewan “Termahal” dimata pemilih Kecamatan Pamatang Silimakuta. 

Pasalnya Jarusdin Sinaga menjadi Anggota DPRD Kabupaten Simalungun disebut “termahal” bagi pemilih di Kecamatan Pamatang Silimahuta, Kabupaten Simalungun pada Pileg Rabu 17 April 2019 lalu. Kok bisa “termahal”? 

St Berlin Manihuruk punya alasannya. St Berlin Manihuruk adalah Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat Dusun Hutaimbaru, Desa Sibangun Mariah, Kecamatan Pamatang Silimakuta, Kabupaten Simalungun.
Pada akhir Desember 2018 lalu, tepatnya 31 Desember 2018, Penulis Pulang kampung halaman (Hutaimbaru) dengan menggunakan sepeda motor (dalam bahasa kampung saya disebuit kereta).

Penulis sepeda motor sendiri dari Desa Sipoldas, Kecamatan Panei, Kabupaten Simalungun (kampung mertua St A Sinaga (+) / M Br Purba Pakpak). Saya memilih lewat Tongging dan bukan dari Simpang Bage menuju Hutaimbaru.

Dari Tongging hingga Sibolangit, Pea, Kabupaten Karo, jalan mulus terawat. Memasuki wilayah Bage, Kecamatan Pamatang Silimahuta jalan motor yang saya kenderai harus hati-hati karena jalan tak lagi mulus.

Sepanjang jalan hingga Dusun Hutaimbaru, harus menahan nafas dan harus berdiri diatas motor agar pantat tak sakit terkena benturan jalan penuh batu-batu berserakan. 

Tapi pada saat itu (Desember 2018-Januari 2019) jalan lintas Bage-Baluhut-Soping Sabah-Soping-Hutaimbaru-Nagori Purba-Gaol-Binangara-Sihalpe lumayan datar karena dilakukan pengerasan oleh pekerja yang dibayar oleh Jarusdin Sinaga.

Jarusdin Sinaga menyanggupi perbaikan atau pengerasan jalan yang rusak parah dari Bage hingga Sihalpe hingga bisa dilalui kenderaan. Meski tanpa diaspal, setidaknya jalan datar dan tak ada batu-batu besar nongol di tengah jalan. 

Ternyata menurut St Berlin Manihuruk, Jarusdin Sinaga sudah membuat kontrak politik tanpa mahar dengan masyarakat Bage-Baluhut-Soping Sabah-Soping-Hutaimbaru-Nagori Purba-Gaol-Binangara-Sihalpe. Kontraknya yakni meratakan jalan dengan alat berat dari Bage hingga Sihalpe.

Permintaan warga itupun disanggupi Jarusdin Sinaga dan warga Bage-Baluhut-Soping Sabah-Soping-Hutaimbaru-Nagori Purba-Gaol-Binangara-Sihalpe berkomitmen untuk memilih Jarusdin Sinaga sebagai wakil mereka di DPRD Kabupaten Simalungun Periode 2019-2024. 

“Semua pemilih dari Bage-Baluhut-Soping Sabah-Soping-Hutaimbaru-Nagori Purba-Gaol-Binangara-Sihalpe sudah berkomitmen memilih Jarusdin Sinaga. Saat itu Tulangmu Jaya Damanik (caleg Nasdem) datang kerumah (Hutaimbaru). Terus saya bilang, kalau warga sudah berkomitmen memilih Jarusdin Sinaga. Jikapun ada memilih Tulangmu Itu mungkin hanya Omakmu (alani Br Damanik) ai,” ujar St Berlin Manihuruk kepada penulis.

Dan terbukti, pada hasil rekapitulasi KPU Simalungun, Jarusdin Sinaga terpilih sebagai Anggota DPRD Kabupaten Simalungun dari Partai Hanura. 

Pantas warga Bage-Baluhut-Soping Sabah-Soping-Hutaimbaru-Nagori Purba-Gaol-Binangara-Sihalpe menyebut Jarusdin Sinaga sebagai Anggota DPRD Simalungun “termahal” dalam memberikan tindakan nyata. (Asenk Lee Saragih)
Share this article :

Post a comment