Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Satgas HBB Sumut Resmi Dilantik, Dihadiri Tokoh Batak

Ketua DPP HBB Lamsiang Sitompul SH, MH (kanan) menyerahkan Pataka HBB kepada Ketua Satgas HBB DPP Sumut Adventus Purba saat Pelantikan Satgas DPD HBB Sumut, dan DPC Tingkat II Medan serta Deli Serdang, di Aurora Ballroom Hotel Grand Antares, Jalan Sisingamangaraja Medan, Sabtu sore (1/8/2020).( Foto-Foto Istimewa) 

Medan, BS-Dewan Pengurus Pusat (DPP) Perkumpulan Horas Bangso Batak (HBB) Sumatera Utara, menggelar Pelantikan Satgas DPD HBB Sumut, dan DPC Tingkat II Medan serta Deli Serdang, di Aurora Ballroom Hotel Grand Antares, Jalan Sisingamangaraja Medan, Sabtu sore (1/8/2020). Pelantikan tersebut dihadiri sejumlah tokoh Batak, termasuk mantan Gubernur Sumut (Gubsu) Samsul Arifin, Brigjen Jhon Sihombing, Professor Simanjuntak.

Sebelum acara dimulai, para tokoh Batak dan para tamu undangan disambut dengan tari tarian adat Batak. Ketua pelaksana acara memperkenalkan para pengurus HBB, yaitu Adventus Purba sebagai Ketua Satgas DPD HBB Sumut, Humpu Simaremare ST sebagai Sekjen Satgas DPD HBB.

Tokoh Batak yang juga mantan Gubernur Sumut Samsul Arifin mengapresiasi Satgas HBB, yang telah bekerja membagikan paket sembako dibeberapa tempat.

“Menurut saya, program yang paling penting adalah masyarakat harus makan, masyarakat harus bekerja, masyarakat harus sehat. Kalau hal tersebut tidak dapat terlaksana jangan harapakan masyarakat dapat sejahtera,” ucap Samsul Arifin.

Samsul mencontohkan saat dirinya memimpin di Kabupaten Langkat, untuk ijin pendirian pasar swalayan tidak dikeluarkan.

“Disana ijin untuk mendirikan pasar swalayan tidak saya keluarkan dan saya hanya menata pasar tradisional agar dapat berkembang. Sehingga perputaran uang dikalangan masyarakat akan merata, walaupun program tersebut sangat sederhana tetapi sangat berarti dan dapat membantu perekonomian masyarakat kecil,” katanya.

Syamsul Arifin mengatakan, supaya sejalan ucapan dan perbuatan. “Jangan hanya cakap saja,” katanya seraya berharap, agar semua anggota satgas HBB terus berjuang untuk kepentingan semua orang.

Mantan Gubernur Sumut ini juga mengingatkan, kondisi ekonomi saat ini sedang susah, terutama karena Covid-19. Karenanya dia mengingatkan Orang Batak harus ikut membantu memulihkan kondisi tersebut.

Makna Dalihan Na Tolu dan Puji Visi HBB
Sementara seorang putra Batak yang berhasil di kemiliteran, yakni Brigjen TNI John Sihol Pardamean Sihombing yang kini menjabat Kepala Kelompok Staf Ahli Kodam I/BB  saat memberikan sambutan menyebut, ternyata di “Dalihan Na Tolu” tidak ada sarana untuk meminta maaf bagi sesama “Dongan Sabutuha”.

Menurutnya, mungkin itu sebabnya dalam “Dalihan Na Tolu” disebut, “manat mardongan tubu”. Kalau salah kepada Hula-hula bawa “Na Margoar’. Ketika salah kepada boru, bawa “dengke”. Tapi ketika salah kepada dongan tubu, apa sarananya?” tanya Jhon Sihol Pardamean.
Sesepuh Tokoh Batak yang hadir.















Brigjen TNI John SP Sihombing mengaku merasa bangga bisa hadir dipelantikan Satgas HBB. Dia memuji visi HBB yang menurutnya tidak neko-neko, tapi berat. 

Salah satunya yang berat, kata dia adalah, visi untuk mempersatukan elemen masyarakat Batak. Sebab menurutnya, sulit memimpin Orang Batak, karena semua ingin jadi pemimpin. Semua ‘anak ni raja’.

Untuk satgas dia berharap agar menjadi garam dan terang. “Jadikan dirimu menjadi orang yang dirindukan orang lain. Jangan hanya petantang-petenteng pakai loreng. Tak ada guna sekarang,” tegasnya.

Brigjen TNI John Sihol Pardamean Sihombing pun memberi motivasi kepada satgas untuk bisa menjadi organisasi yang bisa berbuat untuk masyarakat.

“Saatnya ormas mengandalkan kreatifitas dan inovasi. Apalagi saat ini situasi ekonomi bangsa tengah sulit. Orang Batak harus ikut mencari jalan untuk bisa membantu sesamanya,” ujar Brigjen TNI John Sihol Pardamean Sihombing.

Sementara Brigjen Jon Sihombing mengatakan konsep kepemudaan saat ini harus bergeser pola pikirnya dengan ormas yang lain.

“Konsep kepemudaan dengan mengandalkan pakaian loreng petenteng-petenteng kesana kemari tidak tentu arah akan tergerus dan akan ketinggalan jaman pada saat yang akan datang. Dan saya berharap dari lahirnya Satgas kepemudaan di HBB harus lebih kreatif dan inovatif, misalnya dengan melakukan kegiatan pertanian,” jelasnya.

Katanya, ada contoh konkrit yang bisa diambil seperti pembukaan lahan yang kosong untuk dijadikan lahan pertanian Jahe merah yang harganya Rp150 kg. Kalau lahan yang ditanam sekitar satu Ha, berapa hasil yang didapat.

“Maka dari itu, saya mengharapkan agar hal demikian dapat dipikirkan kedepannya, dan bila perlu Kodam I/BB siap membantu dengan mengerahkan alat beratnya untuk membuka lahan kalau diminta,” katanya.

HBB Komitmen Pada Lingkungan

Pada kesempatan itu, Ketua DPP HBB Lamsiang Sitompul SH, MH mengatakan didalam HBB semua program telah berjalan, seperti kepedulian akan sesama yang terdampak Covid -19 dan aksi terhadap kerusakan ekosistem lingkungan Danau Toba.

“Dan yang paling menyayat hati dan membuat kita prihatin adalah ancaman hukuman mati di Malaysia terhadap saudara kita Jonatan Sihotang, TKI asal Pematang Siantar. Dan hal ini kita masih berkordinasi dengan berbagai pihak yang berkompeten,” katanya.

Lamsiang Sitompul juga mengucapkan terima kasih kepada Syamsul Arifin, Brigjen TNI John SP Sihombing, dan lainnya, yang hadir di kesempatan itu.

Dia juga mengapresiasi aktifitas Satgas HBB yang mayoritas adalah kegiatan sosial. Dia berharap ke depan Satgas HBB tetap hadir di tengah masyarakat untuk berbuat kebaikan. Kata dia, program apa pun, kalau bertujuan baik, pasti banyak mendukung.

Protokol Covid-19

Meski di tengah Pandemi Covid-19, pelaksanaan kegiatan itu berjalan dengan sukses dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Setiap orang sebelum memasuki gedung, diwajibkan mencuci tangan dan harus menggunakan masker.

Selain Syamsul Arifin dan Brigjen TNI John SP Sihombing, hadir juga mewakili Gubernur Sumut, mewakili Plt. Walikota Medan, tokoh masyarakat, dan lainnya.

Dalam kegiatan tersebut, Ketua DPP Horas Bangso Batak melantik Ketua Satgas DPD Sumut Adventus Purba, Sekretaris Humpu Simaremare ST, dan pengurus lainnya. Sementara Ketua DPD Satgas HBB Sumut melantik DPC Kota Medan dan Deli Serdang.

Anak Panti Asuhan

Dalam rangkaian pelantikan tersebut, DPD Satgas HBB, DPP HBB se-Indonesia bersama Satgas HBB juga memberikan bantuan sosial ke Panti Asuhan Zending Islam Jalan Sisingamangaraja Medan, Kamis (30/7/2020).

Rombongan dipimpin Ketua Umum DPP HBB Lamsiang Sitompul SH MH, didampingi Ketua Satgas HBB Sumut Adventus Purba, Pembina HBB Ustadz Martono dan pengurus lainnya. Mereka diterima Dra Zunaidar sebagai pengurus harian panti asuhan dan Fahmi Tumanggor sebagai nazir masjid.
Dewan Pengurus Pusat (DPP) Perkumpulan Horas Bangso Batak (HBB) Sumatera Utara, menggelar Pelantikan Satgas DPD HBB Sumut, dan DPC Tingkat II Medan serta Deli Serdang, di Aurora Ballroom Hotel Grand Antares, Jalan Sisingamangaraja Medan, Sabtu sore (1/8/2020). Pelantikan tersebut dihadiri sejumlah tokoh Batak, termasuk mantan Gubernur Sumut (Gubsu) Samsul Arifin, Brigjen Jhon Sihombing, Professor Simanjuntak.(Istimewa)
Lamsiang menyemangai anak-anak panti asuhan agar terus giat belajar, jangan minder dengan orang lain yang bukan dididik di panti asuhan. Karena di mana pun anak-anak dididik, kalau tekun belajar akan menjadi anak yang sukses. 

Dia menjelaskan HBB juga perduli kepada sesama, terutama kepada anak-anak panti asuhan yang tidak memiliki orangtua.

“Doakan juga HBB ini semakin sukses, agar kelak rezeki kami bertambah, kami akan datang lagi ke panti asuhan ini,” kata Lamsiang.

Terakhir, Ketua Satgas HBB DPP Sumut Adventus Purba menyatakan kesiapannya dan tetap mengikuti arahan pemerintah.

“Sebagai lembaga kepemudaan yang berorientasi kepada program sosial tanpa memandang suku dan agama. Kami siap menerima masukan dari saudara – saudara kami dan melakukan jalinan kerja sama,” tegasnya.

Tampak hadir dalam acara Sekjen DPP HBB Luhut Situmorang, para anggota Satgas HBB Kota Medan, Deli Serdang, Pemuda Batak Bersatu (PBB).(Berbagaisumber/Asenk Lee Saragih)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments