. Inggou Simalungun Dari Pulau Dewata Bali | BeritaSimalungun
Home » » Inggou Simalungun Dari Pulau Dewata Bali

Inggou Simalungun Dari Pulau Dewata Bali

Written By Beritasimalungun on Saturday, 26 September 2020 | 14:01

Foto FB

Bali, BS-Ketua Panitia Pembangunan GKPS Denpasar Bali, Sy J Bachtiar Sihaloho (GKPS Surabaya) mengajak Jemaat GKPS dimanapun berada dan masyarakat Simalungun di seluruh dunia untuk menghadiri secara virtual Live Streaming malam "INGGOU SIMALUNGUN HUN PULAU DEWATA" Sabtu 26 September 2020 Pukul 20.00 WITA (19.00 WIB) di akun FACEBOOK Gkps Denpasarbali yang disiarkan Live dari GKPS Surabaya.

Inggou, adalah asli bahasa daerah Simalungun, salah satu Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, lebih dikenal dengan Danau Toba, Parapat.

INGGOU, adalah langgam atau cengkok khas Simalungun, yang dalam keseharian masyarakat Simalungun dahulu kala, sebagai ciri khas untaian nada dengan Notasi Mi-re-do-mi-re--re-do-mi-re-mi-re-do) (3.21.3/2.21.3/2.32.1)

Ini menjadi ciri khas cengkok Simalungun yang tidak dimiliki daerah lain, bisa jadi menggambarkan atau sebagai pertanda bahwa karakter Simalungun yang melankolis, sederhana dan bersahabat bagi suku lain diwaktu zaman baheula, yang konon katanya banyak suku atau etnis dari marga lain, menyesuaikan marga yang ada di Simalungun, untuk bisa bersatu dan menjadi bagian dari suku Simalungun itu sendiri.

Lalu apa hubungannya dengan Inggou Hun Pulau Dewata, yang kesohor dengan Karakter Budaya dan Pesona Pantai yang menjadi destinasi wisata manca negara dan domestik itu?

Denpasar, Bali atau populer dengan Pulau Dewata, juga menjadi sejarah Perjalanan Injil, 117 Tahun di Simalungun, dimana Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) memiliki sebuah Gereja tempat Orang Simalungun yang percaya mengikut Tuhan Jesus Kristus.

Kesaksian mereka warga Simalungun yang ada di pulau Dewata, terus berkumandang melalui Kidung Pujian dan Menyembah Tuhan, demikian juga Firman Tuhan melalui kebaktian setiap Minggu di Gereja, yang saat ini masih dalam tahap proses pembangunan.

Untuk memeriahkan Malam Budaya Simalungun, dalam rangka Jubileum 117 Tahun Injil di Simalungun, malam ini Sabtu (26/9/2020) mereka akan menyuguhkan performance mereka di acara Live Streaming INGGOU HUN Pulau Dewata.

Saya, anda dan kita semua, tentulah menjadi saksi, atas kecintaan kita terhadap Budaya Simalungun.

Horassssss
Salam Olob-olob🙏🙏🙏
117 Tahun Injil di Simalungun

(Penulis Ketua Panitia Sy J Bachtiar Sihaloho)








Share this article :

Post a comment