. Dikunjungi Bang Hasim, Pelaku UMKM Makanan Ringan di Rambung Merah Keluhkan Kendala Modal dan Pemasaran | BeritaSimalungun
Home » , » Dikunjungi Bang Hasim, Pelaku UMKM Makanan Ringan di Rambung Merah Keluhkan Kendala Modal dan Pemasaran

Dikunjungi Bang Hasim, Pelaku UMKM Makanan Ringan di Rambung Merah Keluhkan Kendala Modal dan Pemasaran

Written By Beritasimalungun on Friday, 23 October 2020 | 07:10

Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Rambung merah, Simpang Parjo, Kecamatan Siantar, mengeluhkan kendala modal dan pemasaran produk mereka. Keluhan itu mereka sampaikan saat dikunjungi H Muhajidin Nur Hasim atau yang akrab disapa Bang Hasim, Kamis (22/10/2020).

Siantar, BS
- Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Rambung merah, Simpang Parjo, Kecamatan Siantar, mengeluhkan kendala modal dan pemasaran produk mereka. Keluhan itu mereka sampaikan saat dikunjungi H Muhajidin Nur Hasim atau yang akrab disapa Bang Hasim, Kamis (22/10/2020).

Pengusaha pembuatan untir-untir, kuping gajah, dan aneka keripik yang juga pemilik Bimbingan Konsultasi di UKM Yaphan Snack Huta III Urung Rambung Merah, Kecamatan Siantar, Budi Candra Irawan kepada Hasim mengatakan, ia berharap pelaku UMKM seperti dirinya mendapat perhatian.

“Selama ini pemerintah tidak pernah memberikan bantuan atau perhatian. Padahal kalau kita berkembang, otomatis kita juga akan mengurangi pengangguran yang ada di Kabupaten Simalungun,” kata Budi.

Hasim yang merupakan calon Bupati Simalungun nomor urut 2 berpasangan dengan Tumpak Siregar SH (TPS) di Pilkada Simalungun, mengaku tertarik dan ingin usaha untir-untir dikembangkan.

“Kalau Allah mengamanahkan Bang Hasim dan Bang TPS menjadi Bupati dan Wakil Bupati Simalungun, maka kami akan hadir dan tanggap terhadap UMKM. Di sinilah peran pemerintah akan hadir sebagai pemodal dan pembuka pasar, yang akan membuat UMKM semakin berkembang,” terang Hasim.

Sambil bercanda, suami Hazizun Rani itu mengatakan di kalangan suku Batak untir-untir disebut putar-putar.

“Kalau orang Batak bilangnya putar-putar,” tukas Hasim yang disambut tawa oleh Budi.
Dalam kesempatan itu, Budi mengaku siap mendukung Hasim-TPS menjadi Bupati dan Wakil Bupati Simalungun agar kelak UMKM mendapat perhatian dari pemerintah.

Selanjutnya Hasim mengunjungi pelaku UMKM lainnya, yang juga memproduksi untir-untir, di Jalan Pesantren An-Nur, Rambung Merah, Kecamatan Siantar. Sama dengan Budi, pemilik usaha, Nisa juga berharap jika Hasim menjadi Bupati Simalungun agar memperhatikan para pelaku UMKM.

“Kita ucapkan terima kasih kepada Bang Hasim yang telah hadir melihat usaha kami. Ya, beginilah usaha kami yang menggunakan alat apa adanya. Karena kekurangan modal dan penjualan di pasaran juga sulit. Jadi kita berharap adanya perhatian kepada kami,” harap Nisa.

Kepada Nisa, Hasim mengatakan peran pemerintah lah memberikan bantuan modal kepada pelaku usaha dan mencarikan pasar untuk menjual produknya.

“Kami juga sudah berbicara dengan pihak perbankan agar kelak mereka memberikan bantuan modal usaha dengan bunga rendah kepada pelaku UMKM di Simalungun. Dan penjaminnya adalah kita dari pemerintah,” ujar pria berusia 36 tahun itu, dan menambahkan, pemerintah juga akan membantu mencarikan pasar untuk menampung produk UMKM Simalungun. (Didik S)
Share this article :

Post a comment