Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Ini 6 Program Unggulan RHS - ZW untuk Wujudkan Rakyat Sejahtera


Simalungun, BS
-Saat ini, Radiapoh Hasiholan Sinaga dan Zonny Waldi (RHS - ZW) masih terus berjuang untuk mewujudkan rakyat Simalungun sejahtera. Langkah awal dari perjuangan itu, mereka lakukan dengan menyatukan visi dan tekad, lalu secara bersama mengarungi kontestasi Pilkada Simalungun tahun 2020 ini.

Demikian bincang-bincang singkat sejumlah jurnalis dengan RHS dikediamannya, Jalan Surung Dayung, Rambung Merah, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Kamis (22/10/2020).

Dari bincang-bincang itu, RHS bercerita tentang program ia bersama ZW, bila nantinya diberikan amana menjadi Bupati Simalungun dan ZW sebagai Wakil Bupati.

Bagi mereka, sebut RHS, tak mungkin ia dapat mewujudkan mimpi mensejahterakan rakyat, bila ia dan ZW tidak memiliki program membangun Simalungun. Radiapoh meyakini, program yang mereka susun akan mampu melakukan pembaharuan Simalungun, untuk cita-cita utama, rakyat harus sejahtera.

"Rakyat harus sejahtera! Itulah kunci dari kemajuan pembangunan Simalungun di segala sektor. Guna mewujudkan visi itu, program unggulan telah dirancang, dengan pondasi sejahtera," beber RHS.

6 Program Unggulan RHS - ZW

Secara ringkas, RHS menyampaikan, program yang sudah dirancang tersebut ada 6 item. Diantaranya, program Si Baja, Si Kerja, Si Tani, Si Bersi, Si Cerdas dan Si Sehat.

Si Baja 

Si Baja adalah Simalungun Membangun Jalan. Untuk mewujudkan infrastruktur jalan yang baik, pada prgram Si Baja akan ditemukan konsep untuk menyatukan tekad. Dalam hal ini disebut dengan istilah satu tekad membangun jalan (STMJ).

Tekad membangun jalan, lanjut RHS, karena ia dan ZW menyadari,jalan merupakan pilar utama untuk membangun (menggerakkan) perekonomian dan kebudayaan masyarakat. 

Sebab, tanpa akses jalan yang baik, maka perekonomian Simalungun akan sulit berkembang. Sebab, buruknya fasilitas transportasi, akan membuat investasi menjadi macet, yang dampaknya dapat menambah jumlah pengangguran. Hingga kemudian, rakyatpun menderita, bila banyak jalan yang rusak.

Memperhatikan kondisi jalan di Simalungun sejauh ini, RHS merasa miris. Karena masih banyak jalan yang rusak, dan membutuhkan perbaikan segera. "Sedih melihat banyak jalan yang rusak. Makanya kami (RHS - ZW) menjadikan pembangunan jalan, menjadi program unggulan," tuturnya.

Si Kerja

Kemudian, RHS juga menyadari pentingnya lapangan pekerjaan bagi masyarakat, untuk mengurangi tingkat pengangguran di Kabupaten Simalungun. Untuk itulah dibuat program Si Kerja (Simalungun Kerja).

"Salah satu barometer pertumbuhan perekonomian yang menghadirkan kesejahteraan adalah berkurangnya angka pengangguran, dan tersedianya lapangan kerja yang cukup bagi semua orang," ungkapnya.

Menurut RHS, masalah pengangguran merupakan salah satu masalah serius yang harus dihadapi. "Tingginya angka pengangguran terpelajar merupakan salah satu masalah laten di Simalungun. Karena itulah RHS-ZW berkomitmen untuk mengatasi pengangguran," ucapnya.

Untuk itu, menciptakan lapangan kerja, menjadi salah satu hal yang harus diwujudkan nantinya. "Dengan menciptakan berbagai lapangan kerja kreatif seperti fasilitator RW, Desa 
dan sebagainya," sebut RHS.

Si Tani

Bertani, merupakan mata pencarian mayoritas warga Kabupaten Simalungun, RHS - ZW memiliki konsep Si Tani (Simalungun Tani), guna mewujudkan industri pertanian yang handal.

"Berbekal pengalaman dan pengetahuan yang kami miliki, kami menaruh perhatian tinggi terhadap kemajuan industri pertanian Simalungun. Melalui program Si Tani kami berkomitmen mengupayakan kemajuan dan kesejaheraan kaum petani Simalungun dalam berbagai macam paket bantuan untuk memberdayakan para petani," paparnya.

Si Bersih

Guna mewujudkan pemerintahan bersih dan terbebas dari korupai, kolusi dan nepotisme (KKN), dan demi rakyat sejahtera, RHS - ZW menjadi program Si Bersih (Simalungun Berantas Korupsi) menjadi salah satu keutamaan.

Bagi RHS, korupsi dan pungli (pungutan liar)  merupakan kejahatan luar biasa. Sebab korupsi dan pungli-lah yang selama ini menggerogoti sendi-sendi kesejahteraan hidup masyarakat dan merusak pembangunan. 

Bahkan bukan hanya itu, lanjutnya, praktik korupsi juga menjadi penyebab utama membuat rakyat hidup miskin, pembangunan terlantar, dan tingkat pelayanan rendah. Sehingga korupsi dan pungli harus diberantas.

Praktik korupsi itu terjadi, salah satunya karena faktor mentalitas dan tata kelola birokrasi yang buruk dan tidak amanah. Untuk itu, perbaikan mental dan kesejahteraan birokrat menjadi bagian yang layak untuk dilakukan pemimpin daerah.

Si Cerdas

Untuk melakukan pembahuruan, RHS menaruh harapan terhadap kemampuan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Hal itu akan diwujudkan RHS - ZW dengan program Si Cerdas (Simalungun Cerdas).

Didalam pemikiran RHS - ZW, pendidikan adalah kunci peningkatan SDM dalam membangun kesejahteraan keluarga dan daerah. Untuk itu, dunia pendidikan harus didukung. 

Dengan demikian, dukungan terhadap sarana dan prasarana, insentif bagi yang berprestasi dan peralatan bidang pendidikan akan menjadi komitmen RHS - ZW untuk menggapai rakyat sejahtera.

Si Sehat

Kesehatan adalah salah satu modal utama mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Jika rakyat sehat sentosa, maka pembangunan akan lancar terlaksana, perekonomian tumbuh berkembang, dan kesejahteraan masyarakat tercipta.

"Karena itulah RHS-ZW berkomitmen untuk mewujudkan Simalungun sehat (Si Sehat) bagi semua warga tanpa terkecuali," tandas RHS.(Rel/Didik S)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments