. Komunitas Patunggung Simalungun Berharap Pilkada Simalungun Tanpa Politik Uang | BeritaSimalungun
Home » , , , » Komunitas Patunggung Simalungun Berharap Pilkada Simalungun Tanpa Politik Uang

Komunitas Patunggung Simalungun Berharap Pilkada Simalungun Tanpa Politik Uang

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 20 October 2020 | 10:44

Komunitas Patunggung Simalungun Berharap Pilkada Simalungun Tanpa Politik Uang.

Pematangraya, BS
-Komunitas Patunggung Simalungun (KPS) yang konsen dalam pelestarian Seni Budaya Simalungun ini mengajak masyarakat pemilih di Kabupaten Simalungun untuk tidak tergiur dengan tawaran politik uang dalam pencoblosan Pilkada Simalungun, Rabu 9 Desember 2020. KPS juga berharap agar proses Pilkada Simalungun berjalan tanpa politik uang sehingga muncul kepala daerah Simalungun yang benar-benar membawa Kabupaten Simalungun unggul.

Ketua Kominitas Patunggung Simalungun Elisben Purba Dasuha mengatakan, proses Pilkada Simalungun merupakan pesta demokrasi masyarakat Simalungun untuk menentukan pemimpinnya untuk lima tahun kedepan. Sehingga diminta agar tidak merusak proses demokrasi itu dengan praktik-praktik politik uang.

“On ma panorangni. Stop Politik Uang!!!Etah etah etah Hobaskon!!!Mendukung calon pemimpin yang mampu Patunggunghon Simalungun dengan menolak Politik Uang!!!Mendukung Pilkada Bersih dari Money Politik,” demikian slogan Patunggung Simalungun. 

Kiprah Patunggung Simalungun

Seperti diketahui, pada tahun 2020 ini, Komunitas Patunggung Simalungun telah melakukan konser Live Streaming bertajuk Apresiasi Untuk Pencipta Doding (Lagu) Simalungun Jilid I pada Sabtu 18 Juli 2020 lewat akun Fanpage Facebook Patunggung Simalungun. Konser virtual ini menampilkan sederatan artis Simalungun Se Jabodetabek. 

Artis Simalungun yang mengisi acara yakni Erik Zen Tondang, Sumani Purba, Yanci Sinaga, Yeyen Marbun, Sonny Saragih, Toddy Purba, De’Rapstar (Franto Purba, Jhon Hannes Purba Siboro, Sion Damanik), Rando Sembiring, Elegant Voice, Saudin Purba dan Palapa Trio. Sedangkan Musik oleh Hotri Saragih dan Panda Saragih. Sementara pada MC acara oleh Anne Purba Tambak. 

Konser Live Streaming Apresiasi Untuk Pencipta Doding (Lagu) Simalungun Jilid I pada Sabtu 18 Juli 2020 lalu berjalan dengan sukses. 

Seperti disampaikan Sy J Bachtiar Sihaloho, pengamat Seni Budaya Simalungun. “Tulisan wartawan senior, Jenda Bangun, koran Sumatera Utara berskala Nasional, 30 Tahun silam dengan judul "Simalungun, Na Sai Totap Malungun" harus terpatahkan malam ini, Sabtu 18 Juli 2020, oleh sebuah Konser Live Streaming Apresiasi kepada 25 Pencipta Lagu Simalungun, Jilid-1, yang diadakan oleh #Komunitas Patungung Simalungun,” kata Sy J Bachtiar Sihaloho.

Kala itu, mengatakan betapa sulitnya Warga Simalungun menghargai budaya nya sendiri. Terbukti dengan minimnya kepedulian mereka, sumbangsih mereka terhadap pelestarian budaya Simalungun, yang membuat Budaya Simalungun totap “Malungun” (sedih) dibanding suku etnis Batak yang lain.

“Akan tetapi malam ini sepertinya kami warga simalungun boleh berbangga, dengan pagelaran Konser Live Streaming Penghargaan Pencipta Lagu Simalungun. Dimana sebelum live, 80-Viewers sudah berada dilist penonton yang stay tune FunPage FB Patunggung Simalungun dan Viewers selama acara mencapai 3000 viewers,” ujar Sy J Bachtiar Sihaloho .
Penyerahan Tanda Apresiasi kepada Pencipta Lagu Simalungunperwakilan keluarga pada saat Live Streaming APRESIASI hubani Pencipta Doding Simalungun jilid II pada Sabtu 29 Agustus 2020 di Studio 2 Patunggung Simalungun, Sondi Raya, Kabupaten Simalungun 


Kemudian Konser Live Streaming bertajuk Apresiasi Untuk 25 Pencipta Doding (Lagu) Simalungun Jilid II pada Sabtu 29 Agustus 2020 di Studio 2 Patunggung Simalungun, Sondi Raya, Kabupaten Simalungun di akun Fanpage Facebook Patunggung Simalungun berjalan sukses. 

Hampir 2000 penonton stay on FB menyaksikan konser yang digagas oleh Komunitas Patunggung Simalungun ini. Host acara oleh Triadil Saragih dengan Sofeni Br Girsang menampilkan sederatan Artis Simalungun baik Senior, Milenial dan Tempoe Doloe.

Konser Live Streaming bertajuk Apresiasi Untuk 25 Pencipta Doding (Lagu) Simalungun Jilid II ini bernuansa warna hijau daun. Mulai dari lantai panggung hingga busana-busana gaun yang dikenakan artis Simalungun yang tampil. 

Artis yang mengisi acara antara lain Lina Damanik, Yogi Purba, Ramawati Saragih, Sobat Sitopu, Nuriati Girsang, Dolly Sumbayak, Nurlela Br Purba, Intan Saragih, FIF Trio (Fitri Saragih-Intan Saragih-Fitiani Sinaga), Landur Voice (Putra Girsang, Anggiat Silalahi, Brandy Siboro) dan sang artis kontraversial Damma Silalahi.

Tak kalah menariknya alunan musiknya Gondrang dan Sarunei Simalungun dan Tortor Sombah. Juga lantunan irama musik yang dipersembahkan oleh Fahmie Purba Sigumonrong, Marcel Sinaga dan sang Lagend Sabar Tondang (Owner Nisha Musik Group).

Selanjutnya Konser Live Streaming bertajuk Apresiasi Untuk 25 Pencipta Doding (Lagu) Simalungun Jilid III sebelumnya direncanakan dilaksanakan Sabtu 31 Oktober 2020 dan diundur pada Jumat 20 November 2020 di Kota Medan, Sumatera Utara. Program Director Konser Live Streaming bertajuk Apresiasi Untuk 25 Pencipta Doding (Lagu) Simalungun Jilid III ini ditangani oleh Noah Sumbayak dan akan disiarkan akun Fanpage Facebook Patunggung Simalungun.

Kegiatan Patunggung Simalungun dengan mengapresiasi 25 pencipta doding Simalungun Jilid I, II dan III dan IV Tahun 2020 ini sebagai wujud memberikan perhatian kepada pencipta lagu-lagu Simalungun yang sudah lama popular.

Diharapkan juga dari acara ini hadir satu wadah untuk mendokumentasikan Hak Cipta Lagu-Lagu Simalungun secara resmi dengan berbadan hukum. Pada tahun-tahun sebelumnya KPS juga sukses melaksanakan Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun” pada November 2019 lalu dan Pagelaran Budaya (Pagesbud) Simalungun di Garuda Theater Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur, 21 April 2018. Sekitar 3500 pasang mata secara langsung, dan belasan ribu lewat sosial media menjadi saksi suksesnya Pagelaran Budaya (Pagesbud) Simalungun itu. 
Konser Apresiasi Pencipta Doding (Lagu)  Simalungun  Jilid I Sabtu 18 Juli 2020

Penerima Apresiasi Pencipta Doding (Lagu)  Simalungun  Jilid I Sabtu 18 Juli 2020
1. Taralamsyah Saragih (Alm)
2. Sarudin Saragih (Alm) 
3. Sabariman Sitopu (Alm) 
4. Jonsyah Sinaga
5. Agus Erdiaman Purba
6.Jamanson Sipayung
7. Jales Saragih
8. Damma Silalahi
9.Jerry Benly Sigumonrong
10. Jamin Arab Purba
11. Elvika Silalahi
12.Kasmir Saragih
13.Lamser Girsang
14. Jan Ricardo Purba
15. Jhon Elyaman Saragih
16. Mahmudin Purba
17.Panca I Saragih
18. Lis AK Saragih
19. Noah Sumbayak
20.Sabar Tondang
21. Pastor Anjelo
22. Rajesh Saragih
23. Sapna Sitopu
24.St Herman Sitopu
25. Benjamin Girsang.

Penerima Apresiasi Pencipta Doding (Lagu)  Simalungun Jilid II Sabtu 29 Agustus 2020

1. St AK Saragih (Alm)
2. Daruman Haloho (Alm)
3. Jasarsan Purba (Alm)
4. Jenneriaman Saragih (Alm)
5. Yahya Sinaga (Alm)
6.Pdt JP Tamsar STh
7. Mirpesta Haloho
8. Alpian Purba
9.Bahrum Purba
10. Davit K Damanik
11. Dearmalinson Silalahi
12.Dody Purba
13.Janampe Purba SS
14. Jayamin Sipayung
15. Lina Damanik
16. Johanes Purba
17.Martille Damanik
18. Meliater Sinaga
19.Nanni Purba
20.Pak Roy Purba
21.Pdt Robert J Saragih
22.Piktor Oloan Sipayung
23.Ranto Purba
24.Sondang Purba
25.Umar Purba.

(Asenk Lee Saragih)
Share this article :

Post a comment