. Empat Jalan Penghubung di Simalungun Terputus Akibat Longsor | BeritaSimalungun
Home » , » Empat Jalan Penghubung di Simalungun Terputus Akibat Longsor

Empat Jalan Penghubung di Simalungun Terputus Akibat Longsor

Written By Beritasimalungun on Sunday, 22 November 2020 | 11:10

Empat Jalan Penghubung di Simalungun Terputus Akibat Longsor.(Istimewa)

Dolog Pardamean, BS-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun segera memperbaiki empat ruas jalan yang terputus akibat longsor, Sabtu (21/11/2020) dini hari. Longsor ini terjadi akibat curah hujan sangat tinggi di daerah itu sejak, Jumat (20/11/2020) malam.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Simalungun, Manaor Silalahi mengatakan, empat ruas jalan lintas yang mengalami kerusakan, bahkan ada yang tidak dapat dilalui itu, merupakan jalan penghubung dari Siantar dan Simalungun.

"Lokasi longsor berada di jalur lintas Pematangsiantar-Tanah Jawa di Jembatan Sungai Tongguran, dan jalur Pematangsiantar-Parapat, persisnya di depan Sekolah Dasar (SD) Plus Tiga Balata, Jorlang Hataran," ujar Manaor Silalahi, Minggu (22/11/2020).

Menurutnya, lokasi longsor paling parah yang mengakibatkan kendaraan roda dua dan empat tidak dapat melintas, terdapat di Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun. Jalan yang amblas dengan kedalaman lebih dari satu meter.

"Dalam waktu segera mungkin, jalan yang amblas ini akan ditimbun lagi. Perbaikan segera dilakukan agar masyarakat lancar beraktivitas. Jalan di Tanah Jawa ini juga merupakan penghubung, termasuk bila dilalui menuju Danau Toba," katanya.

Kawasan jalan yang juga terdampak akibat musibah tanah longsor juga terdapat di Kecamatan Raya Kahean, yang merupakan perbatasan Nagori Bangun Raya - Kelurahan Sindar Raya, dan di Kecamatan Dolok Pangaribuan, Kabupaten Simalungun.

Selain terjadi di Simalungun, bencana longsor juga terjadi kilometer 108 di Desa Pangambatan, Dusun Aek Hotang, Kabupaten Tanah Karo. Longsor ini menimpa dua unit bangunan rumah milik warga. Tidak ada korban jiwa akibat longsor ini.

Menurut Rusdi, salah seorang warga di Desa Pangambatan, masyarakat sudah mengetahui akan terjadinya longsor. Mereka langsung membantu pemilik rumah dengan mengangkati barang - barang dari dalam rumah sebelum longsor itu terjadi.

"Rumah yang hancur akibat longsor itu ditempati Besli Saragih (45) dan Radin Sinaga (45). Jadi mereka sudah mengungsi saat melihat kondisi rumah sudah dalam keadaan miring. Untuk korban jiwa maupun luka - luka sama sekali tidak ada," sebutnya.(BS)







Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.