. Irjen (Purn) Wagner Damanik Kenang Brigjen Radjamin Purba di Hari Pahlawan | BeritaSimalungun
Home » , , » Irjen (Purn) Wagner Damanik Kenang Brigjen Radjamin Purba di Hari Pahlawan

Irjen (Purn) Wagner Damanik Kenang Brigjen Radjamin Purba di Hari Pahlawan

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 10 November 2020 | 16:04

Calon Bupati Simalungun Nomor Urut 3 Irjen Pol (P) Drs M Wagner Damanik MAP.

Haranggaol, BS
-Calon Bupati Simalungun Nomor Urut 3 Irjen Pol (P) Drs M Wagner Damanik MAP mengatakan, Hari Pahlawan 10 November 2020 menjadi momentum bagi masyarakat Indonesia untuk meneladani perjuangan para pahlawan NKRI serta meneladani perjuangan para pemimpin di Kabupaten Simalungun. Satu nama yang berkesan baginya ada Radjamin Purba.

"Kepemimpinan mantan Bupati Kabupaten Simalungun Radjamin Purba sejak dahulu menjadi inspirasi bagi saya," ujar purnawirawan Jenderal Bintang Dua Polri ini, Selasa (10/10/2020) pagi.

Wagner Damanik menyampaikan, masyarakat Kabupaten Simalungun tentu mengetahui kiprah Radjamin Purba selama menjabat Bupati Kabupaten Simalungun era tahun 70-an.

Sama seperti Wagner Damanik yang berlatar jenderal, Radjamin Purba merupakan jenderal bintang satu (Brigjen) di jajaran perwira militer Republik Indonesia.

Saat ditunjuk menjadi bupati, ia mendedikasikan dirinya membangun Kabupaten Simalungun pada berbagai bidang.

Bidang pendidikan menjadi concern utama Radjamin Purba masa itu, karena dia meyakini untuk menjadikan SDM Simalungun unggul mestilah didukung Pendidikan yang baik sehingga pada masanya Radjamin Purba membangun sekolah TK, SD, SMP, SMA di seluruh Kabupaten Simalungun ujarnya.

Dijelaskan Wagner Damanik, bahwa Radjamin Purba juga memprakarsai pendirian Universitas Simalungun (USI) untuk memudahkan warga Kabupaten Simalungun melanjutkan pendidikan ke tingkat Universitas.

Bidang adat, dan pembangunan pertanian juga dijadikan program penting oleh Radjamin Purba sehingga Radjamin Purba mendirikan Presidium Partuha Maujana Simalungun serta  memfasilitasi lahan untuk kantor Pusat dan Pelpem GKPS.

Selama Kepemimpinannya Radjamin Purba memposisikan dirinya sebagai Pemimpin yang tidak membeda-bedakan  masyarakat Kabupaten Simalungun yang sangat beragam merasa terayomi oleh Bupati Radjamin Purba ujar Wagner Damanik.

"Pada masanya Radjamin Purba sebagai Bupati Simalungun sudah membuktikan bahwa dirinya datang ke Simalungun bukan untuk mengambil tetapi untuk memberi," kata pasangan Abidinsyah Saragih di Pilkada Simalungun 9 Desember 2020 mendatang.

"Kepemimpinan Bupati Radjamin Purba menjadi inspirasi dan masih relevan hingga saat ini apalagi Bupati Radjamin Purba adalah Tulang saya," pungkas Wagner Damanik.(Rel/Lee)
Share this article :

Post a comment