. Irjen (Purn) Wagner Damanik Kenang Brigjen Radjamin Purba di Hari Pahlawan | BeritaSimalungun
Home » , , » Irjen (Purn) Wagner Damanik Kenang Brigjen Radjamin Purba di Hari Pahlawan

Irjen (Purn) Wagner Damanik Kenang Brigjen Radjamin Purba di Hari Pahlawan

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 10 November 2020 | 16:04

Calon Bupati Simalungun Nomor Urut 3 Irjen Pol (P) Drs M Wagner Damanik MAP.

Haranggaol, BS
-Calon Bupati Simalungun Nomor Urut 3 Irjen Pol (P) Drs M Wagner Damanik MAP mengatakan, Hari Pahlawan 10 November 2020 menjadi momentum bagi masyarakat Indonesia untuk meneladani perjuangan para pahlawan NKRI serta meneladani perjuangan para pemimpin di Kabupaten Simalungun. Satu nama yang berkesan baginya ada Radjamin Purba.

"Kepemimpinan mantan Bupati Kabupaten Simalungun Radjamin Purba sejak dahulu menjadi inspirasi bagi saya," ujar purnawirawan Jenderal Bintang Dua Polri ini, Selasa (10/10/2020) pagi.

Wagner Damanik menyampaikan, masyarakat Kabupaten Simalungun tentu mengetahui kiprah Radjamin Purba selama menjabat Bupati Kabupaten Simalungun era tahun 70-an.

Sama seperti Wagner Damanik yang berlatar jenderal, Radjamin Purba merupakan jenderal bintang satu (Brigjen) di jajaran perwira militer Republik Indonesia.

Saat ditunjuk menjadi bupati, ia mendedikasikan dirinya membangun Kabupaten Simalungun pada berbagai bidang.

Bidang pendidikan menjadi concern utama Radjamin Purba masa itu, karena dia meyakini untuk menjadikan SDM Simalungun unggul mestilah didukung Pendidikan yang baik sehingga pada masanya Radjamin Purba membangun sekolah TK, SD, SMP, SMA di seluruh Kabupaten Simalungun ujarnya.

Dijelaskan Wagner Damanik, bahwa Radjamin Purba juga memprakarsai pendirian Universitas Simalungun (USI) untuk memudahkan warga Kabupaten Simalungun melanjutkan pendidikan ke tingkat Universitas.

Bidang adat, dan pembangunan pertanian juga dijadikan program penting oleh Radjamin Purba sehingga Radjamin Purba mendirikan Presidium Partuha Maujana Simalungun serta  memfasilitasi lahan untuk kantor Pusat dan Pelpem GKPS.

Selama Kepemimpinannya Radjamin Purba memposisikan dirinya sebagai Pemimpin yang tidak membeda-bedakan  masyarakat Kabupaten Simalungun yang sangat beragam merasa terayomi oleh Bupati Radjamin Purba ujar Wagner Damanik.

"Pada masanya Radjamin Purba sebagai Bupati Simalungun sudah membuktikan bahwa dirinya datang ke Simalungun bukan untuk mengambil tetapi untuk memberi," kata pasangan Abidinsyah Saragih di Pilkada Simalungun 9 Desember 2020 mendatang.

"Kepemimpinan Bupati Radjamin Purba menjadi inspirasi dan masih relevan hingga saat ini apalagi Bupati Radjamin Purba adalah Tulang saya," pungkas Wagner Damanik.(Rel/Lee)
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.