Info Terkini

10/recent/ticker-posts

KASN Segera Panggil Sekda dan Sejumlah ASN Pemkab Simalungun


Jakarta, BS
- Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) segera akan memanggil Sekretaris Daerah Kabupaten Simalungun, Mixnon Andreas Simamora dan Kepala Dinas Pendidikan Simalungun Elfiani Sitepu SPd beserta Camat Gunung Malela Kabupaten Simalungun Andi S Pasaribu menyusul adanya laporan secara resmi oleh Gerakan Mahasiswa Dan Pemuda Simalungun (GEMAPSI) terkait dugaan melalukan kampanye dan mendukung salah satu calon bupati Simalungun. GEMAPSI juga melaporkan Mixnon Andreas Simamora ke Menteri Dalam Negeri, KASN dan ke Pejabat Pembina Kepegawaian Pusat.

Ketua GEMAPSI, Anthony Damanik SP kepada wartawan, Senin (16/11/2020) mengatakan, pihaknya telah melaporkan sejumlah pejabat di Kabupaten Simalungun, sesuai dengan surat Nomor : GEMAPSI/O97/Lap/ASN/XI/Sml.

Laporan mereka telah diterima staf di Kemendagri. Berdasarkan bukti yang ada, di Kabupaten Simalungun para ASN sepertinya terstruksur dan sistematis diperintakan oleh Bupati Simalungun JR Saragih untuk memenangkan saudara kandungnya Anton Saragih yang ikut dalam pertarungan pilkada Simalungun Rabu 9 Desember 2020.


Anthony juga menjelaskan bahwa berdasarkan bukti-bukti yang mereka miliki, pemanfaatan ASN untuk memenangkan paslon Anton Achmad Saragih-Rospita Sitorus yakni no urut empat diduga kuat sudah mengakar sampai dengan ASN golongan terendah.

Padahal menurut ketentuan perundang-undangan dan aturan yang berlaku jelas diatur bahwa ASN dilarang berpolitik praktis seperti di dalam pasal 71 undang-undang nomor 10 tahun 2016 dimana pada pasal tersebut tertulis bahwa pejabat Negara,Pejabat daerah,pejabat Aparatur sipil negara,anggota TNI/Polri dan Kepala desa atau sebutan lain seperti Lurah dilarang membuat keputusan dan atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon.

“Kami berharap Mendagri, KASN dan Pejabat Pembina Kepegawaian mengambil langkah tegas dan cepat dan memberikan sanksi tegas kepada Para ASN yang melanggar. Ini demi kualiatas Pilkada yang bersih, jujur dan Adil, kami mengharapkan kerja sama yang baik dan agar laporan yang telah kami sampaikan untuk segera diproses secepatnya,” kata Anthony Damanik SP. (Didik S/Asenk Lee Saragih)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments