. RHS Diduga Perdayai Perangkat Desa Muluskan Pilkada Simalungun 2020 | BeritaSimalungun
Home » , » RHS Diduga Perdayai Perangkat Desa Muluskan Pilkada Simalungun 2020

RHS Diduga Perdayai Perangkat Desa Muluskan Pilkada Simalungun 2020

Written By Beritasimalungun on Friday, 6 November 2020 | 16:55

RHS mengunjungi warga, Jumat (6/11/2020). (Istimewa)

Pematangraya, BS
-Tim Pemenangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga-Zonny Waldi (RHS-ZW) memperdayai perangkat desa atau Pangulu untuk memuluskan upaya raihan suara pada Pilkada Simalungun, Rabu 9 Desember 2020. Upaya pengerahan perangkat desa itu tercium oleh Bawaslu Kabupaten Simalungun.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Simalungun Koordinator Bidang Pengawasan, M Adil Saragih kepada wartawan mengatakan, pihaknya telah memanggil dan meminta klarifikasi atas foto yang beredar terkait 4 Pangulu di Kabupaten Simalungun secara terang-terangan mendukung RHS.

Disebutkan, pleno soal 3 pangulu dari Kecamatan Dolog Masagal dan 1 Pangulu dari Kecamatan Dolok Pardamean yang terdapat mendukung Cabub RHS kini maih dalam tahapan pleno Bawaslu Simalungun.
Kata M Adil Saragih, hasil pleno Bawaslu Simalungun untuk mengambil keputusan terhadap 4 Pangulu itu akan segera dilakukan dan dipublikasikan. 

Sebelumnya Ketua Tim Pemenangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga-Zonny Waldi (RHS-ZW), Crismes Sihaloho baru-baru ini mengungkapkan, keberadaan para ASN, khususnya di Kabupaten Simalungun dicurigai tidak netral.

Dia juga mengingatkan para ASN untuk tetap berada di posisi netral di Pilkada Kabupaten Simalungun dan pada kesempatan yang sama ia juga mengatakan Netralitas yang dimaksud adalah para ASN jangan berpihak terhadap salah satu calon bupati maupun calon wakil bupati.

Menurut Crismes Haloho, keberpihakan terhadap salah satu calon bupati dan calon wakil bupati, jika itu terjadi, maka hal itu menjadi patut diamati Bawaslu di tingkat kabupaten, maupun kecamatan.

Namun apa yang diungkapkan Crismes Haloho, lain faktanya dilapangan. Justru informasi yang diperoleh  bahwa Tim Radiapoh Hasiholan Sinaga sengaja menggunakan perangkat desa (pangulu) guna memuluskan perjalanan untuk meraup suara masyarakat di Pilkada Simalungun Rabu 9 Desember 2020.

Sementara, Christmast Haloho saat dikonfirmasi lewat WhatsApp, Jumat (6/11/2020) terkait soal 3 pangulu dari Kecamatan Dolog Masagal dan 1 Pangulu dari Kecamatan Dolok Pardamean yang terdapat mendukung Cabub RHS itu, belum mendapat tanggapan hingga berita ini diturunkan. (Asenk Lee Saragih)
Share this article :

Post a comment