. Terharu, St Irjen Pol (P) Drs M Wagner Damanik MAP “Dihorasi Omak-Omak” Kecamatan Purba | BeritaSimalungun
Home » , , » Terharu, St Irjen Pol (P) Drs M Wagner Damanik MAP “Dihorasi Omak-Omak” Kecamatan Purba

Terharu, St Irjen Pol (P) Drs M Wagner Damanik MAP “Dihorasi Omak-Omak” Kecamatan Purba

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 3 November 2020 | 09:22

Kunjungan blusukan Calon Bupati Simalungun Nomor Urut 3 St Irjen Pol (P) Drs M Wagner Damanik MAP ke Nagori Bandar Sauhur, Urung Purba, Saribujandi, Kecamatan Purba, Minggu (1/11/2020).

Purba, BS
-Terharu. Itulah kata yang tercermin dari kunjungan blusukan Calon Bupati Simalungun Nomor Urut 3 St Irjen Pol (P) Drs M Wagner Damanik MAP ke Nagori Bandar Sauhur, Urung Purba, Saribujandi, Kecamatan Purba, Minggu (1/11/2020).
 
Saat turun dari mobil, dengan rasa penuh kekeluargaan “Omak Omak” Kecamatan Purba “menghorasi”  Inspekstur Jenderal Pol (Purn) Wagner Damanik. Rasa terharu dalam kegembiraan, itulah yang  tampak pada hari itu.

Saat itu, Cabub Simalungun Nomor Urut 3 Wagner Damanik melakukan perjalanan blusukan “belanja masalah” dengan menyambangi masyarakat dari Nagori ke Nagori, dari kampung ke kampung. Seperti pada hari Minggu lalu saat WD datang dari Nagori Bandar Sauhur, Urung Purba, Saribujandi, Kecamatan Purba ada hal yang membuat terharu dan terkejut.

Tepatnya di Kampung Marihat Baru (Nagori Saribujandi) ada sejumlah omak omak berkumpul di depan rumahnya dipinggir jalan. Ketika rombongan pak Wagner Damanik melintas para Omak Omak ini melakukan hal yang tak diduga yaitu dengan manghorasi beliau yang didalam mobil, tak pelak dan tidak ragu Wagner Damanik memberhentikan mobilnya bersama rombongan. 

Kemudian turun dan hadir menyapa dan menyalam para Omak Omak itu dengan riang dan penuh semangat kegirangan sekaligus memberikan Doa dan harapan agar sehat dan sukses untuk Pak Wagner Damanik.

Salah satu dari Omak Omak tersebut adalah P Br Purba Tondang dengan semangat mendoakan dan harapan serta memberikan dukungan kepada Pak Wagner Damanik agar sukses menjadi pelayan serta pengayom masyarakat.

Manghorasi (Ihorasi) merupakan salah satu cara adat Simalungun dalam mengaminkan atau memberikan Doa, Harapan, kesehatan dan kesuksesan dengan menaburkan boras (beras) sekaligus menyebut kata Horas sebanyak 3 kali (horas horas horas).

Omak Omak memang selalu menjadi inspirasi dan pejuang kehidupan dalam keluarga yang sangat paham bagaimana cara mendukung dan mendoakan dari relung hati yang paling dalam. Horas Horas Horas.(Rias Parjuma Modom/ Asenk Lee Saragih)
Share this article :

Post a comment