Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Pilkada Pematangsiantar, Asner-Susanti Menang Raih 87.773 Suara, Ungguli Kolom Kosong

Rapat Pleno Terbuka Penetapan Hasil Perhitungan Suara Pilkada Siantar 2020.

Pematangsiantar, BS
-Ketua KPU Pematangsiantar Daniel Manompang Dolok Sibarani didampingi 4 Komisioner menetapkan perolehan suara dalam Pilkada Pematangsiantar 2020 di Sapadia Hotel, Jalan Diponegoro, Rabu (16/12/2020).

Berdasarkan hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi tingkat kota, Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Asner Silalahi-Susanti Dewayani (PASTI) memperoleh 87.773 suara. Sedangkan kolom kosong sebanyak 25.560 suara dan suara tidak sah sebanyak 1.926 suara.

"Jumlah pengguna hak pilih yang hadir di TPS sebanyak 115.219. Artinya dari sini dapat kita ukur bahwa partisipasi pemilih di Kota Pematangsiantar sebanyak 62,98 persen. Lalu pemilih disabilitas sebanyak 108 yang menggunakan hak pilihnya," ujar Daniel kepada wartawan. 

Pasca ditetapkannya hasil rekapitulasi ini, kata Daniel, langkah selanjutnya adalah mengumumkan pemenang Pilkada. Namun jika ada hal yang hendak dikoreksi dari penetapan hasil pemungutan suara, diberikan waktu tiga hari kerja kepada Lembaga Pemantau dan Saksi Paslon meregistrasikannya ke Mahkamah Konstitusi.

"Kita persilahkan kepada Lembaga Pemantau dan saksi Paslon, jika ada hal yang mau dikoreksi dari hasil rekapitulasi ini, silahkan mendaftarkan atau meregistrasikannya di Mahkamah Konstitusi. Namun jika tidak ada gugatan, 5 hari setelah pengumuman dari Mahkamah Konstitusi, kita akan menetapkan pasangan calon terpilih di Kota Pematangsiantar," ucapnya.

Berkaitan dengan penetapan hasil rekapitulasi tingkat Kota ini, calon Wali Kota Pematangsiantar Asner Silalahi menyampaikan rasa terima kasih kepada masyarakat karena memberikan kepercayaan untuk memimpin Kota Pematangsiantar.

Tak lupa, Asner juga sangat berterimakasih kepada seluruh Komisioner KPU, PPK, PPS dan KPPS, Baswalu maupun Panwas atas seluruh kerja kerasnya sehingga penyelenggaraan Pilkada berjalan baik dan sukses.

"Saya pribadi sangat berterimakasih kepada Polres Pematangsiantar dan TNI serta semua yang terlibat dalam menjaga keamanan pelaksanaan Pilkada," katanya.

Asner juga meminta doa dan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat agar kelak dapat menjalankan roda pemerintahan yang baik sehingga Siantar lebih maju dan mantap.

Adapun hasil rekapitulasi tingkat kota ini ditandai masing-masing Komisioner KPU dan saksi dari Paslon serta Bawaslu.(BS-Relis/Lee)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments