. Pilkada Pematangsiantar, Asner-Susanti Menang Raih 87.773 Suara, Ungguli Kolom Kosong | BeritaSimalungun
Home » , » Pilkada Pematangsiantar, Asner-Susanti Menang Raih 87.773 Suara, Ungguli Kolom Kosong

Pilkada Pematangsiantar, Asner-Susanti Menang Raih 87.773 Suara, Ungguli Kolom Kosong

Written By Beritasimalungun on Wednesday, 16 December 2020 | 15:53

Rapat Pleno Terbuka Penetapan Hasil Perhitungan Suara Pilkada Siantar 2020.

Pematangsiantar, BS
-Ketua KPU Pematangsiantar Daniel Manompang Dolok Sibarani didampingi 4 Komisioner menetapkan perolehan suara dalam Pilkada Pematangsiantar 2020 di Sapadia Hotel, Jalan Diponegoro, Rabu (16/12/2020).

Berdasarkan hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi tingkat kota, Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Asner Silalahi-Susanti Dewayani (PASTI) memperoleh 87.773 suara. Sedangkan kolom kosong sebanyak 25.560 suara dan suara tidak sah sebanyak 1.926 suara.

"Jumlah pengguna hak pilih yang hadir di TPS sebanyak 115.219. Artinya dari sini dapat kita ukur bahwa partisipasi pemilih di Kota Pematangsiantar sebanyak 62,98 persen. Lalu pemilih disabilitas sebanyak 108 yang menggunakan hak pilihnya," ujar Daniel kepada wartawan. 

Pasca ditetapkannya hasil rekapitulasi ini, kata Daniel, langkah selanjutnya adalah mengumumkan pemenang Pilkada. Namun jika ada hal yang hendak dikoreksi dari penetapan hasil pemungutan suara, diberikan waktu tiga hari kerja kepada Lembaga Pemantau dan Saksi Paslon meregistrasikannya ke Mahkamah Konstitusi.

"Kita persilahkan kepada Lembaga Pemantau dan saksi Paslon, jika ada hal yang mau dikoreksi dari hasil rekapitulasi ini, silahkan mendaftarkan atau meregistrasikannya di Mahkamah Konstitusi. Namun jika tidak ada gugatan, 5 hari setelah pengumuman dari Mahkamah Konstitusi, kita akan menetapkan pasangan calon terpilih di Kota Pematangsiantar," ucapnya.

Berkaitan dengan penetapan hasil rekapitulasi tingkat Kota ini, calon Wali Kota Pematangsiantar Asner Silalahi menyampaikan rasa terima kasih kepada masyarakat karena memberikan kepercayaan untuk memimpin Kota Pematangsiantar.

Tak lupa, Asner juga sangat berterimakasih kepada seluruh Komisioner KPU, PPK, PPS dan KPPS, Baswalu maupun Panwas atas seluruh kerja kerasnya sehingga penyelenggaraan Pilkada berjalan baik dan sukses.

"Saya pribadi sangat berterimakasih kepada Polres Pematangsiantar dan TNI serta semua yang terlibat dalam menjaga keamanan pelaksanaan Pilkada," katanya.

Asner juga meminta doa dan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat agar kelak dapat menjalankan roda pemerintahan yang baik sehingga Siantar lebih maju dan mantap.

Adapun hasil rekapitulasi tingkat kota ini ditandai masing-masing Komisioner KPU dan saksi dari Paslon serta Bawaslu.(BS-Relis/Lee)
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.