. Tol Tebing Tinggi Segera Konek ke Parapat | BeritaSimalungun
Home » , , , , » Tol Tebing Tinggi Segera Konek ke Parapat

Tol Tebing Tinggi Segera Konek ke Parapat

Written By Beritasimalungun on Monday, 15 February 2021 | 14:54

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meninjau langsung kondisi dan kesiapan lahan untuk pengembangan kawasan pusat riset herbal di Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara pada Kamis (11/2/2021). (Dok. Humas Kemenko Kemaritiman dan Investasi)


Pematangsiantar, BS
-Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) menanggapi soal proyek tol di sekitar Danau Toba. LBP juga sempat mengunjungi ruas Tol Tebing Tinggi – Sarbelawan, yang merupakan bagian dari Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat, pada hari Sabtu (13/2/2021).

LBP mengatakan, jalan tol yang menyambungkan Parapat ke Kualanamu ini akan meningkatkan akses pembangunan serta kesiapan Danau Toba sebagai daerah Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).
Pembangunan tol ini juga akan meningkatkan perekonomian daerah-daerah sekitar karena mudahnya akses yang ada. Tol yang akan dibuka pada akhir Desember 2021 akan menghubungkan sampai ke Pematangsiantar. Sedangkan rencana pembangunan jalur Parapat dan Sibolga diperkirakan akan rampung pada tahun 2024.


“Kita harap pembangunan tol ini mampu mempercepat akses yang ada, demi memutar perekonomian masyarakat," ungkap Luhut melalui keterangan resmi, dikutip Minggu (14/2/2021). 
Pekerja PT Waskita Karya menggunakan alat berat ketika menggarap proyek pembangunan jalan tol Tebing Tinggi - Parapat saat dimulainya pembangunan jalan tol tahap I di Tebing Tinggi, Sumatera Utara, Rabu (24/7/2019). (Antara Sumut/Septianda Perdana)

LBP mengatakan, keberadaan tol tersebut akan menjadikan jarak tempuh dari Parapat hingga Kualanamu hanya dalam waktu satu setengah hingga dua setengah jam. 

Sejalan dengan itu, akan dibangun pula kawasan-kawasan wisata di sekitar jalan tol yang juga sekaligus memajukan usaha UMKM sekitar. Diharapkan, jalan tol ini dapat merangkai simpul ekonomi masyarakat sekitar secara keseluruhan. 

Diharapkan berbagai kemajuan pembangunan akan segera dirasakan oleh masyarakat sekitar dan Danau Toba akan menjadi salah satu daerah DPSP yang telah memiliki kemajuan yang pesat. 

"Sangat membanggakan, pembangunan ini agar dilaksanakan dengan rapi, akan merubah tanah ini menjadi penuh harapan untuk dikembangkan ke depannya," kata LBP. (Berbagaisumber/Asenk Lee Saragih)
Share this article :

Post a Comment

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis