. 5 Tahun Sudah, Partuha Maujana Simalungun Provinsi Jambi Tak Berjejak | BeritaSimalungun
Home » , » 5 Tahun Sudah, Partuha Maujana Simalungun Provinsi Jambi Tak Berjejak

5 Tahun Sudah, Partuha Maujana Simalungun Provinsi Jambi Tak Berjejak

Written By Beritasimalungun on Wednesday, 17 March 2021 | 12:42

Pagelaran Seni Budaya Simalungun Deklarasi dan Pelantikan DPD PMS  Jambi Periode 2016-2021 di GOS Minggu 9 Oktober 2016.Foto Asenk Lee Saragih .

Oleh: Asenk Lee Saragih

Jambi, BS-Salah satu organisasi masyarakat yang cukup terkenal dan sudah berdiri sejak lama adalah Organisasi Partuha Maujana Simalungun (PMS). Organisasi ini telah terdaftar di Kementerian Hukum dan HM RI. Kini Ketua DPP hasil Harungguan Bolon (HB) ke VIII, Rabu 13 Juli 2016 lalu  di Regale International Convention Centre Medan adalah St Marsiaman Saragih.

Seiring dengan jabatan yang disandang St Marsiaman Saragih sebagai Ketum DPP PMS, timbul kerinduan Marsiaman Saragih untuk membentuk kepengurusan PMS di setiap provinsi dan kabupaten kota di Indonesia. 

Saat Patampei Sihilap (Pelantikan) kepada Ketum DPP PMS Se Dunia St Marsiaman Saragih membeberkan visi dan misi. Visi Ketua DPP PMS St Marsiaman Saragih yakni "Menjadikan PMS Sebagai Lembaga Perjuangan, Pemersatu dan Promotor Kebangkitan Masyarakat Simalungun". 

Kemudian DPP PMS akan mengembalikan Kantor PTPN IV ke Pematangsiantar dan mengisi sejumlah pejabat di PTPN VI orang Simalungun. Dia juga akan mengupayakan orang-orang Simalungun di sejumlah pemerintahan di sejumlah Indonesia.

Marsiaman Saragih yang saat itu juga sebagai Anggota Komisi III DPR RI juga menyoroti tentang Keramba Jaring Apung (KJA). Kata Marsiaman, KJA kini tak perlu dihapuskan, tapi bangun dulu infrastruktur dan pendukung parawisata baru menata KJA. "Karena KJA kini sebagai mata pencaharian masyarakat," ujar Marsiaman. 

Sementara Misi PMS juga mempersatukan masyarakat Simalungun disetiap DPC PMS. PMS juga harus berdiri disetiap Provinsi di Seluruh Indonesia. PMS juga membangun jaringan kerjasama dengan lembaga lain untuk peningkatan program PMS secara keseluruhan.

DPD PMS Jambi

Perjuangan St Marsiaman Saragih untuk membentuk DPD PMS di Provinsi Jambi terwujud ditandai dengan Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partuha Maujana Simalungun (PMS) Provinsi Jambi Tahun Periode 2016-2021, bertempat di Gelanggang Olah Seni (GOS) Kotabaru, Kota Jambi, Minggu (9/10/2016) malam lalu.

Kegiatan pelantikan yang dibungkus dengan Pesta Pagelaran Budaya Seni Simalungun lalu itu dihadiri Gubernur Jambi, H.Zumi Zola,S.TP,MA, Kapolda Jambi Brigjen Pol Yazid Fanani, Kajati Jambi Erbindo Saragih, Dirut PTPN 6 Jambi H Ahcmad Haslan Saragih, ratusan etnis Simalungun Jambi serta dihibur oleh Artis Simalungun Intan Saragih Dan Sabar Tondang.

Terbentuknya DPD PMS Provinsi Jambi ini tidak terlepas dari keberadaan dan dukungan dari Erbindo Saragih yang menjabat Kajati Jambi, dan H Ahcmad Haslan Saragih yang saat itu Dirut PTPN 6 Jambi.
Setidaknya acara pelantikan dan pesta seni budaya itu berjalan dengan baik dan diliput oleh sejumlah media lokal Jambi. Sat itu ada sekitar 35 Pengurus DPD PMS Provinsi Jambi yang dilantik. 
Marsiaman Saragih Gotong Patampei Sihilap.

Pesan Marsiaman Saragih

Saat pelantikan itu Ketua Dewan Presedium Pusat (DPP) Partuha Maujana Simalungun, St Marsiaman Saragih SH menjelaskan, Partuha artinya Pemangku Adat, Maujana artinya Cendikiawan, jadi Partuha Maujana Simalungun berarti Pemangku Adat Cendikiawan Simalungun.

“Partuha Maujana Simalungun didirikan pada tahun 1961 oleh Tokoh Masyarakat Batak Simalungun lintas agama, termasuk aliran kepercayaan. Jadi, Partuha Maujana Simalungun lintas marga dan agama yang dianut Batak Simalungun. Saya berharap agar Partuha Maujana Simalungun Provinsi Jambi bisa bersinergi dengan para pemangku adat di Provinsi Jambi. Supaya warga Simalungun menjadi pendukung kebijakan-kebijakan pemerintah,” ujar Marsiaman Saragih.

Ketua DPD Partuha Maujana Simalungun Jambi yang baru dilantik, St Awal JD Damanik SE MM berharap agar warga Simalungun di Provinsi Jambi yang terdiri dari sekitar 1.600 KK bisa ikut berpartisipasi dalam pembangunan Provinsi Jambi.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana, Sumarsen Purba yang juga Ketua I DPD PMS Provinsi Jambi mengapresiasi kehadiran Gubernur Jambi, Kapolda Jambi,  Kajati Jambi, dan unsur Forkopimda Provinsi Jambi lainnya dalam acara tersebut.

Menurutnya, sejak dilantiknya Pengurus DPP PMS Periode 2016-2021 dalam Harungguan Bolon di Medan Rabu, 13 Juli 2016 lalu, Ketua Umum DPP PMS Bapak Marsiaman Saragih (Anggota Komisi III DPR RI) memiliki kerinduan untuk membentuk PDC PMS di Seluruh Kota atau Provinsi di Indonesia.
Guna mewujudkan kerinduan itu, masyarakat Batak Simalungun dari berbagai marga yang ada di Jambi berembuk bersama dan melakukan rapat yang juga difasilitasi Kajati Jambi Erbindo Saragih SH MH.

“Organisasi PMS merupakan organisasi sosial masyarakat Batak Simalungun dalam mempererat tali silaturahmi masyarakat Batak Simalungun di Jambi. Kerukunan masyarakat Batak Simalungun di Jambi tanpa memandang latar belakang sosial ekonomi dan agama, kini terus berbuat dalam mendukung program Pemerintah Provinsi Jambi menjunu “Jambi Tuntas 2021” ujar Sumarsen Purba.

Keberadaan masyarakat Batak Simalungun tersebar di Sembilan kabupaten dua kota se Provinsi Jambi, mulai dari Kerinci hingga ke Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Barat. Ragam profesi digeluti masyarakat Batak Simalungun di Jambi, seperti bidang perdagangan, usaha, pedagang kakilima, pedagang Pasar, perkebunan, pertanian, PNS, Polisi, TNI, Guru, Dosen dan juga ada pejabat SKPD Tingkat Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi.

Disebutkan, keberadaan organisasi PMS ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Batak Simalungun di Jambi  khususnya dalam mewujudkan hidup rukun berdampingan sesama etnis Batak lainnya, begitu juga dengan etnis lainnya dalam mengisi pembangunan Provinsi Jambi.

Melalui Pembentukan DPD PMS Provinsi Jambi, masyarakat Jambi asal Batak Simalungun diharapkan juga mampu memberikan kontribusi dalam pembangunan di Provinsi Jambi. Kontribusi itu dapat melalui profesi masing-masing atau buah pikiran dalam mewujudkan visi dan misi Provinsi Jambi, “Jambi Tuntas 2021”.

PMS juga sebagai salah satu representasi wadah masyarakat Batak Simalungun di Jambi, sebagai bagian tak terpisahkan dari warga masyarakat Jambi yang harus mampu bereksintensi dan seraya membangun masyarakat sipil yang egaliter (civil & egalitarian sociaty) yang berunsur saling menghargai, menghormati dan saling mangkaholongi (mengasihi).

“Boras sabur-saburan, iboban ni pinggan pasu. Horas hita ganupan, sai jumpahan pasu-pasu. Ikan patin ikan seluang...Digulai dengan asam jawo..Ikutkan hati dirantau urang...Tanah kelahiran jangan lupo Pulo....,” ujar Sumarsen Purba. 

Tanpa Jejak

Seiring perjalana waktu, ternyata keberadaan DPD PMS Provinsi Jambi tak dapat dirasakan masyarakat etnis Simalungun di Jambi pada khususnya sejak organisasi PMS Jambi dilantik Minggu 9 Oktober 2016. Bahkan Pataka PMS Provinsi Jambi tak pernah tampak berkibar disejumlah acar-acara Seni Budaya di Jambi.

Tak hanya itu, Pengurus DPD PMS Provinsi Jambi yang sudah dilantik tak sekalipun hingga Maret 2021 melakukan Rapat membahas program-program PMS Provinsi Jambi. Sehingga keberadaan DPD PMS Provinsi Jambi hanya sebagai seremoni belaka pelantikan tanpa dirasakan manfaatnya bagi organg etnis Simalungun dan Jambi.

Ketua II DPD PMS Provinsi Jambi Sumarsen Purba yang kini duduk sebagai Anggota DPRD Kabupaten Muarojambi Fraksi PDIP, tak pernah menggubris soal keberadaan PMS Provinsi Jambi. 

Jadilah DPD PMS Provinsi Jambi hanya muncul saat pelantikan, dan senyap hingga berakhirnya kepengurusan Oktober 2021. Dimanalah Kau PMS Provinsi Jambi?

Susunan Pengurus DPD PMS Provinsi Jambi Periode 2016-2021 Pelantikan Oktober 2016

Penasehat: St RK Purba, St A Purba, St B Purba, St MS Sumbayak, St JBS Sumbayak, dan Ketua Tumpuan Marga Simalungun
Ketua: St Awal JD Damanik SE MM
Ketua I: Sumarsen Purba
Ketua II: Rita Br Damanik

Sekretaris : Syamsudin Purba Sidadolok
Sekretaris I: Iramsen Saragih SH
Sekretaris II: St Jabangun Sitopu

Bendahara: Sy Ir L Sipayung
BendaharaI: St R Damanik SH

I.Bidang Organisasi Kaderisasi dan Pengembangan SDM
Ketua Bidang: Naikman Malau SH
Sekretaris Bidang: St Jonar Millon Purba

II. Bidang UKM/Koperasi
Ketua Bidang: Sabarudin Sinaga SH
Sekretaris Bidang: R Haloho
Anggota Bidang: Ronald Purba

III.Bidang Pendidikan & Penelitian
Ketua Bidang: Dr Andi Openta Purba
Sekretaris Bidang: Drs Midian Purba
Anggota Bidang: Sy Friston Sinaga SPd

IV. Bidang Pelestarian Adat Budaya Simalungun
Ketua Bidang: St Meslan Saragih SH
Sekretaris Bidang: Ir Darwin Purba
Anggota Bidang: Sy Salmen Purba, St Fendy Sipayung

V.Bidang Pemuda Olahraga
Ketua Bidang: Jonathan Saragih
Sekretaris Bidang: Roy Munthe
Anggota Bidang: Chandra Purba

VI. Bidang Politik & Otonomi Daerah
Ketua Bidang: Jakasim Purba Girsang
Sekretaris Bidang: St Josen Sitopu
Anggota Bidang: Pardo Sinaga

VII. Bidang Pengabdian Masyarakat dan Kesehatan
Ketua Bidang: dr Amran Sinaga
Sekretaris Bidang: Sy drg Hermalinda Br Munthe
Anggota Bidang: Rusmian br Tondang

VIII. Bidang Pertanian Perkebunan
Ketua Bidang: Andi M Garingging
Sekretaris Bidang: Ir Kamaluddin Sipayung
Anggota Bidang: Liharman Purba

IX. Bidang Informasi Komunikasi Publikasi
Ketua Bidang: Asenk Lee Saragih
Sekretris Bidang: Sy Ezron Elsafat Saragih

Anggota: Joe Ondora Saragih. 

(Penulis Adalah Ketua Bidang Informasi Komunikasi Publikasi DPD PMS Provinsi Jambi) 
Share this article :

Post a comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Pdt Dr Deddy Fajar Purba dan Pdt Dr Paul Ulrich Munthe (Ephorus dan Sekjen GKPS)

Pdt Dr Deddy Fajar Purba dan Pdt Dr Paul Ulrich Munthe (Ephorus dan Sekjen GKPS)
Selamat Natal dan Tahun Baru

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Rental Mobil di Pematangsiantar

Rental Mobil di Pematangsiantar
Ada Executive Tiomaz Trans. KLIK Gambar Info Lengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.