Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Pemerintah Kota Pematangsiantar Susun Rencana Kerja Tahun 2022

Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar menyusun rencana kerja (renja) perangkat daerah tahun 2022. Kegiatan yang dibuka Wakil Walikota Pematangsiantar Togar Sitorus SE MM tersebut dilaksanakan di Ruang Serbaguna Bappeda Pemko Pematangsiantar, Rabu (17/3/2021) pagi.(Istimewa)

Pematangsiantar, BS-
Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar menyusun rencana kerja (renja) perangkat daerah tahun 2022. Kegiatan yang dibuka Wakil Walikota Pematangsiantar Togar Sitorus SE MM tersebut dilaksanakan di Ruang Serbaguna Bappeda Pemko Pematangsiantar, Rabu (17/3/2021) pagi.

Togar Sitorus dalam sambutannya mengatakan, Forum Perangkat Daerah memiliki peranan yang sangat penting dalam proses penyusunan dokumen perencanaan, dalam hal ini rencana kerja perangkat daerah untuk tahun 2022. 

Tujuannya, memeroleh masukan dari pemangku kepentingan dalam rangka penajaman target kinerja sasaran, program, kegiatan lokasi, serta kelompok sasaran dalam rancangan kerja perangkat daerah.

“Pada kesempatan pertama, saya ingin menggugah agar seluruh peserta forum kepala perangkat daerah dan para perencana dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik,” kata Togar.

Disebutkannya, tujuan dan sasaran pembangunan Kota Pematangsiantar tahun 2022 mengacu pada Peraturan Daerah (Perda) Kota Pematangsiantar Nomor 4 Tahun 2012 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kota Pematangsiantar tahun 2005-2025. 

Visi Kota Pematangsiantar adalah mewujudkan Kota Pematangsiantar sebagai pusat perdagangan dan jasa yang Mantap, Maju, dan Jaya dengan dukungan sektor pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan pariwisata.

Konsep kota perdagangan dan jasa, lanjutnya, mengandung makna Pematangsiantar menjadi kota sentral yang melayani kegiatan di bidang perdagangan (jual-beli) berbagai komoditi hasil pertanian maupun bahan material lainnya yang dihasilkan oleh wilayah Kota Pematangsiantar dan wilayah sekitarnya.

“Kita juga sama-sama mengetahui banyak program strategis nasional yang sedang berlangsung di sekitar daerah kita. Salah satunya pembangunan jalan tol Tebingtinggi-Parapat,” sebutnya.

Kegiatan tersebut, sambung Togar, seperti dua sisi mata uang. Tentunya dapat menjadi peluang dan ancaman bagi Kota Pematangsiantar. Karenanya,  perangkat daerah terkait kiranya sudah dapat merencanakan program-program yang dapat membuat orang-orang untuk tertarik berkunjung dan berinvestasi ke Kota Pematangsiantar.

Lebih lanjut Togar mengatakan, sebelum pelaksanaan Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah, telah dilalui berbagai tahapan perencanaan yang berjenjang. Baik melalui forum konsultasi publik rembug warga, musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) kelurahan maupun musrenbang di kecamatan. 

Tujuannya, memberikan kesempatan kepada seluruh pemangku kepentingan untuk memberikan masukan dan usulan kegiatan yang dinilai mampu mengatasi permasalahan pembangunan di Kota Pematangsiantar. Sehingga rancangan rencana kerja perangkat daerah semakin berkualitas.

“Semoga acara Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah untuk menyusun rencana kerja perangkat daerah Kota Pematangsiantar tahun 2022 berjalan lancar,” tukasnya.

Turut hadir, Plt Kepala Bappeda Kota Pematangsiantar Muhammad Hammam Sholeh AP, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para camat dan lurah se-Kota Pematangsiantar.(Rel) 

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments