Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Jelang Pelantikan Bupati Simalungun, RHS Letakkan Batu Pertama Pembangunan “Istana Keluarga” di Tigarunggu

Bupati Simalungun terpilih Radiapoh Hasiholan Sinaga SH (RHS).(Kolase FB)

Purba, BS
-Jelang pelantikan Bupati Simalungun Periode 2021-2024 yang dijadwalkan Senin 26 April 2021, Bupati Simalungun terpilih Radiapoh Hasiholan Sinaga SH (RHS) melakukan acara peletakan batu pertama “Istana Pribadi” atau rumah kediaman keluarga di Tigarunggu, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (20/4/2021). Tampak hadir pada acara itu tokoh Simalungun DR Junimart Girsang SH MH dan masyarakat sekitar.

Juga tampak hadir Tim Pemenangan RHS-ZW diantaranya Erwin Purba Tambak, Herman Sipayung, Rikanson Jutamardi Purba, Hermanto Sipayung (Simadanews) dan Darma Purba, Ketua BPH Asosiasi Dearma Haranggaol.

“Rumah ini semoga membawa kebaikan, terlebih untuk semuanya terlebih masyarakat Simalungun dan warga sekitar rumah ini. Seperti Firman Tuhan mengatakan “Dob ai nini Jahowa ma hubani, Domma hutangihon tonggo pakon pangindoan mu, nasinombah upah, domma hupapassing rumah on, napina jongjong mon bahen ianani Goran Hu ronsi sadokah ni dokahni. Sai dompak jaido Mata pakon Gogoh Ku tongtong Amen,” ujar Radiapoh Hasiholan Sinaga saat acara pelatakan batu pertama pembangunan rumah kediaman pribadi di Tigarunggu, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, (20/4/2021).  

“Yang pasti kita imani, bahwa tanah ini yang ditunjuk oleh Tuhan kepada saudara kita Bapak Radiapoh Hasiholan Sinaga, istri dan keluarga besar, tentu karena ini tanah yang ditunjuk oleh Tuhan, ini adalah rumah doa. Dan rumah yang menjadi membawa damai sejahtera kepada semua orang yang masuk rumah ini, bahkan yang bisa melihat rumah ini. Oleh karena itu sebagaimana yang tertulis dalam Firman Tuhan Psalmen 135: 6, demikianlah rumah ini dibangun,” kata DR Junimart Girsang SH MH saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah kediaman pribani Radiapoh Hasiholan Sinaga di Tigarunggu, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, (20/4/2021). 

Tampak paga sebuah spanduk besar, gambar bangunan “Istana Keluarga RHS” ada 6 unit. Luas lahan bangunan juga tampak luas dan précis dipinggir jalan raya Pematangsiantar-Saribudolok. 

Pada acara ini,  DR Junimart Girsang SH MH menyumbangkan sebuah Lagu Rohoni yang mendapat “saweran lebaran dolar” dari Radiapoh Hasiholan Sinaga dan Istri. Acara peletakan batu pertama pembangunan rumah kediaman pribadi RHS di Tigarunggu berjalan dengan baik.
RHS gendong Cucu. (Istimewa)

Membangun di Simalungun

Impian masyarakat Simalungun, setelah Radiapoh Hasiholan Sinaga keluar sebagai pemenang Pilkada Kabupaten Simalungun Tahun Rabu 9 Desember 2020, adalah kesejahteraan warga Simalungun. Khususnya soal harapan masyarakat perbaikan infrastruktur di wilayah Simalungun.

Sebelum terpilih jadi Bupati Simalungun, RHS dikenal sebagai pengusaha sukses di Batam, Provinsi Kepulauan Riau dan Kalimantan. Radiapoh Hasiholan Sinaga merupakan putra asli kelahiran Tigarunggu, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara pada 18 Juni 1968.

Radiapoh Sinaga kecil merupakan anak keluarga petani pasangan St. Jahisar Sinaga (gelar Raja Angin) dan Almarhumah Korlina Br Saragih.

RHS menempuh pendidikan di SD Negeri 01 Tigarunggu, SMP Negeri Tigarunggu dan Sekolah Menengah Teknologi Pertanian (SMTP) di Pamatang Raya dan lulus pada tahun 1988. Menyudahi pendidikan di SMTP Pematang Raya,  Radiapoh Sinaga sempat bertani sambil mencari-cari pekerjaan. 
RHS juga sempat bekerja di peternakan ikan deras di Haranggaol, milik DR. Wimson F Purba, seorang pejabat kantor perwakilan PBB di Indonesia.

Pada masa mudanya, Radiapoh Sinaga juga sempat merantau ke Riau. Di Provinsi Riau ini pula, nasib malang masih dirasakan RHS yang hidup luntang-lantung, makan terancam dan tidur di gudang kosong atau emperan toko.

Radiapoh Sinaga bahkan sempat bekerja dengan para perantau lainnya, membuka lahan perkebunan. Selama bekerja di hutan, RHS terserang penyakit Malaria Tropica akut, sehingga RHS hampir menyerah dengan kondisi tubuhnya yang melemah.

Atas saran teman-temannya, Radiapoh Sinaga pun terpaksa pulang kampung ke Tigarunggu. Selama di kampung ini RHS menjalani perawatan hingga pulih dari sakit yang dideritanya.

Pada tahun 1990, Radiapoh Sinaga mengajukan lamaran ke perusahaan milik DL Sitorus, PT. Torgamba dan diterima dibagian koperasi simpan pinjam, sekaligus sebagai pekerja di perusahan sawit tersebut. Ini menjadi titik mula Radiapoh Sinaga belajar mengenal bisnis.

Sembilan tahun berselang, RHS berhenti berbisnis dan mendirikan usaha pertamanya, yaitu koperasi simpan pinjam kecil-kecilan di tempatnya yang baru, yakni Tanjung Pinang di Pulau Bintan, Provinsi Riau (Kepri).

Pelan tapi pasti, usaha yang dijalankannya dengan ketekunan dan kerja keras itupun akhirnya membuahkan hasil dan berkembang pesat hingga Provinsi Jambi, Kalimantan, Riau dan Kepri dan Sumut. Bisnis RHS pun berkembang ke perkebunan sampai property dan bank perkreditan rakyat.

Radiapoh Hasiholan Sinaga memiliki istri, Ratnawati Br. Sidabutar, yang dinikahinya pada tahun 1993. Bersama Boru Sidabutar itu, RHS dikaruniai tiga anak perempuan dan seorang laki-laki.

Kabar gembira juga dirasakan RHS dan istri karena saat debat publik pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Simalungun yang digelar di Gedung Ronauli, Niagara Hotel, Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Sabtu (14/11/2020), mendapatkan kabar gembira, bahwa putri sulungnya Indrayani Sinaga (Lin) telah melahirkan seorang cucu laki-laki.

Di sela-sela waktu kosong, Radiapoh Sinaga melakukan video call dengan istrinya, untuk dapat bersenda-gurau dengan cucu pertamanya yang lahir dalam kondisi sehat, demikian juga kedua orangtuanya  Indrayani Sinaga (Iin) dan Christopher Manurung (Chris).

“Kelahiran cucu pertama saya ini, merupakan berkat yang sangat luar biasa yang diberikan Tuhan bagi keluarga saya. Kami bersuykur untuk kebahagiaan yang luar biasa ini,” kata Radiapoh Sinaga kepada wartawan saat itu.

Pencalonan

Setahun jelang Pilkada Simalungun tahun 2020, elektabilitas Radiapoh Hasiholan Sinaga meningkat. Radiapoh Sinaga yang berpasangan dengan Zonny Waldi, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Provinsi akhirnya maju dengan nama pasangan RHS-ZW dan motto 'Rakyat Harus Sejahtera'.

RHS-ZW didukung oleh Partai Golkar (9 kursi) Hanura (4 kursi), PKS (2 kursi) Berkarya (1) dan Perindo (4 kursi). Artinya ia didukung 20 kursi dari 50 kursi DPRD Simalungun.

Dari LHKPN KPK RI, Radiapoh yang mendapat nomor urut 1 diketahui melaporkan harta kekayaannya pada 1 September 2020 dengan kekayaan mencapai Rp 11.083.426.058 (Rp 11,08 miliar). 

Biodata RHS

1. Alamat: Duta Mas Boulevard IV No. 14, Batam
2. Agama: Kristen Protestan
3. Nama istri: Ratnawati boru Sidabutar
4. Anak:  3 perempuan, 1 laki-laki
Riwayat Pendidikan Formal
1. SD Negeri 01 Tigarunggu, Kabupaten Simalungun, 1976-1982
2. SMP Negeri Tigarunggu, Kabupaten Simalungun, 1982-1985
3. SMT Pertanian Kabupaten Simalungun, 1985-1988
4. Universitas Batam Fakultas Hukum (Uniba), Batam 2013-2017 
Riwayat Organisasi
1. Bendahara Pemuda Pancasila Kota Batam
2. Wakil Ketua Laskar Merah Putih Kota Batam
3. Ketua Paguyuban Toga Sinaga Kepulauan Riau
4. Aktif di Kepegurusan Punguan Batak di Kepulauan Riau
5. Mantan Anggota Majelis GKPS (Majelis Pusat) Utusan Distrik VI. (Asenk Lee Saragih)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments