Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Kisah Masa Kuliah, Lahirkan Lagu Rohani Simalungun “Togu Au Bai Dalan-Mu”

Vocal: Jhon Irwanto Sipayung
Foto Kolase YouTube.
Jambi, BS-Kisah masa kuliah di Bandung Tahun 1995, ternyata menginspirasi St Radesman Saragih S Sos, Wakil Ketua Pengurus GKPS Resort Jambi menuliskan lirik lagu Rohani Simalungun. Bahkan Lagu Rohani Simalungun berjudul “Togu Au Bai Dalam Mu” dilantunkan oleh Jhon Irwanto Sipayung, pemilik Channel YouTube dan diproduksi Payung Record Official.

Bahkan pengambilan gambar videoklip Lagu Rohani Simalungun berjudul “Togu Au Bai Dalam Mu” ini dilakukan di Negeri Sakura, Jepang. Kolaborasi pengambilan gambar videoklip oleh Jhon Irwanto Sipayung dengan Serli Purba sang istri tercinta cukup rapih dan indah.

Lagu Rohani Terbaru 2021 “Togu Au Bai Dalam Mu” tayang perdana Kamis 8 April 2021 di Cahnnel YouTube  Payung Record Official. Musik Rohani Simalungun karya ciptaan St Radesman Saragih SSos ini ditata oleh Jhonjon Saragih.

Sedangkan proses rekaman dilakukan di Studio “3G Studio Recording” Medan dengan editing “Payung Creative” serta diproduksi  “Payung Record Official”. 

Menurut St Radesman Saragih SSos, lirik lagu ini sudah lama diciptakannya pada tahun 1995 silam dan direvisi ulang tahun 2020. Kemudian lagu “Togu Au Bai Dalam Mu” diberikan kepada Jhon Irwanto Sipayung yang cukup apik dalam melantunkan lagu-lagu Rohani Simalungun. 

Kata St Radesman Saragih S Sos, Alumni Pemuda GKPS Badung ini, dirinya memberikan lagu ciptaanya itu kepada Jhon Irwanto Sipayung karena perjuangan dan komitmennya dalam membawakan lagu-lagu rohani Simalungun. “Pas seperti mottonya Jhon Irwanto Sipayung “Meninggalkan jejak terbaik selama hidup untuk kemuliaan Tuhan,” ujar Radesman Saragih, mantan Jurnalis Suarapembaruan ini.

Menurutnya, lirik Lagu “Togu Au Bai Dalam Mu” ini kisah nyata kehidupan para mahasiswa asal Simalungun semasa kuliah di Bandung dan tinggal di Haurpancuh II, Dipati Ukur, Kota Bandung. Saat itu banyak oknum mahasiswa yang bergumul dengan hasrat duniawi, seperti judi, dan ketidak seriusan dalam perkuliahan dan pelayanan di gereja. 

“Lirik lagu ini sya ciptakan medio tahun 1995 silam. Karena saat itu banyak mahsiswa asal Simalungun di Bandung yang sibuk dengan dunianya masing-masing hingga mengabaikan pelayanan di gereja dan kuliah. Saat itu juga dengan kondisi saya dalam berjuang menamatkan kuliah di STKS Bandung. Tapi liriknya sudah ada sebagian yang saya rubah. Terimakasih saya ucapkan kepada Lawei Jhon Irwanto Sipayung dan Tim Kreatifnya yang meluncurkan singgel Lagu Rohani Simalungun ini,” tambah St Radesman Saragih yang kini menjabat sebagai Pemimpin Redaksi Portal Siber www.medialintassuatera.com ini. 

Sebelumnya, ditengah munculnya beban hidup yang menyita pikiran dan kesehatan, sehingga kadang kala pelayanan di Gereja-pun dianggap tidak berempati. Dari hati yang paling dalam dituangkan dalam lirik Lagu Rohani Simalungun, sebuah lagu Renungan (Kontemplasi) yang berjudul "Pangindoan" Ciptaan St Radesman Saragih S.Sos (Wakil Pengurus GKPS Resort Jambi) pada Juli 2020. Lagu Rohani Simalungun berjudul "Pangindoan" ini dilantunkan oleh Medio A Purba dan tayang di Channel YouTube Medio Purba.

Selain jago menulis aktif sebagai mantan Jurnalis Harian Suarapembaruan (Berita Satu Holding) dan kini di Portal Medialintassuatera.com di Jambi, ternyata St Radesman Saragih Manihuruk S Sos juga memiliki bakat seni yakni mencipta lagu. 

Setidaknya St Radesman Saragih S Sos, putra sulung dari 9 bersaudara anaknya St Berlin Manihuruk/ Anta Br Damanik (Hutaimbaru-Simalungun) ini sudah menciptakan 6 lagu yang terdiri dari Rohani Simalungun dan Pop Simalungun. 

Seperti Lagu "Pesta Kuria" dinyanyikan Ramawati Saragih, Musik Beldi Sinaga, "Pangindoan", dinyayikan oleh Medio Purba, Musik Medio Purba.

Selanjutnya Lagu berjudul "Sabarma Ham Inang" dinyanyikan Landur Voice Trio (Putra Girsang-Brandy Siboro-Anggiat  Silalahi) dengan musik Fahmi Sigumonrong, "Siholan Bani Inang" dinyayikan oleh Nuriati Br Girsang (Nunung) dengan musik Fahmi Sigumonrong Live Streaming FB.

Kemudian ada Lagu "Sabar Ham Inang (Corona)" yang dinyanyikan oleh St Radesman Saragih, Juga Asenk Lee Saragih dalam bentuk video YouTube. 

Dan terbaru adalah Lagu Rohani Simalungun berjudul “Togu Au Bai Dalam Mu” dilantunkan oleh Jhon Irwanto Sipayung, pemilik Channel YouTube dan diproduksi Payung Record Official. (Asenk Lee Saragih)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments