. Liputan Khusus Pelantikan Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH | BeritaSimalungun
Home » , , » Liputan Khusus Pelantikan Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH

Liputan Khusus Pelantikan Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 27 April 2021 | 11:33

Dari Penyambutan Adat Simalungun Hingga Harapan Toga Sinaga
Pangkosekhanudnas, Marsekal Pertama TNI Esron Sahat Bangun Sinaga, S.Sos., M.A turut memberikan ucapan selamat kepada Bupati Kabupaten Simalungun Periode 2021-2024, Senin (26/4/2021). (Istimewa)

Pematangsiantar, BS-St Radiapoh Hasiholan Sinaga SH (RHS) resmi menjabat sebagai Bupati Simalungun definitive sejak dilantik oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi atas nama Menteri Dalam Negeri dengan pengucapan sumpah jabatan di Pendopo Rumah Dinas Gubernur Sumut, Senin (26/4/2021). Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Simalungun Periode 2021-2024, Radiapoh Hasiholan Sinaga – Simalungun Zonny Waldi akan membawa harapan masyarakat Simalungun menuju sejahtera sesuai dengan janji mereka saat kampanye.

Usai pelantikan, sebagai Bupati Simalungun, Radiapo Hasiholan Sinaga langsung menuju kediamannya Jl.Sarung Dayung No 13, Nagori Pematang Simalungun, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun. 

Bupati dan Wakil Bupati, usai pelantikan, menggelar syukuran dikediaman pribadi masing – masing, berupa acara internal keluarga. Protokol Kesehatan secara ketat diterapkan, antara lain pembatasan kapasitas tempat.

Saat tiba di pintu gerbang Kabupaten Simalungun, Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Simalungun Periode 2021-2024, Radiapoh Hasiholan Sinaga – Simalungun Zonny Waldi didampingi para Istri mengucap Doa Syukur “Penghormatan Leluhur” sebelum memasuki “Talun” Simalungun. Acara ini diprakarsai oleh Drs Sofyan Purba (FB-Fokis Mayup) dan Seniman Simalungun lainnya.

Kemudian Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Simalungun Periode 2021-2024, Radiapoh Hasiholan Sinaga – Simalungun Zonny Waldi didampingi Para Istri melanjutkan perjalanan menuju kediaman Radiapoh Hasiholan Sinaga di Jalan Sarung Dayung No 13, Nagori Pematang Simalungun, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun. 

Dan disana sudah banyak masyarakat yang menunggu Bupati Simalungun. Begitu turun dari iring iringan mobil, Radiapoh Sinaga dan Istri Br Sidabutar langsung melambai ke masyarakat yang menunggu dan menyampaikan mohon maaf tidak bisa berjabat tangan langsung  mengingat kondisi di masa pandemi Covid-19 yang masih memprihatinkan.

Permohonan maaf serta himbauan Bupati Simalungun RHS tersebut langsung ditanggapi petugas kesehatan yang sebelumnya juga telah bersiap menyiapkan sarana prasarana kesehatan dengan menganjurkan seluruh tamu yang masuk terlebih dahulu mencuci tangan, dan menyiapakan pembatas wajah anti corona ( face shield ) kepada setiap keluarga maupun masyarakat yang datang.

Usai ibadah syukuran dilaksanakan, beberapa undangan keluarga besar Toga Sinaga menyampaikan selamat kepada Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga mulai dari Pengurus Parsadaan Pomparan Toga Sinaga Boru (PPTSB) Pusat seperti Eduard Sinaga (Sekum), Sairon Sinaga (Ketua I), Pangkosekhanudnas, Marsekal Pertama TNI Esron Sahat Bangun Sinaga, S.Sos., M.A, (Ketua I), Hombar Sinaga (Ketua Yayasan Toga Sinaga) dan beberapa Pengurus PPTSB Sumut dan PPTSB Siantar Simalungun.

Sementara dari  PPTSB Riau turut hadir juga  Toni Sinaga (Penasehat) J.Sinaga (Bidang Adat), Dapot Sinaga (Ketua) Manaor Sinaga (Sekretaris) Kepler Sinaga (Ketua I) Gr.J. Sinaga, Edi Sinaga (Kepemudaan) Bonafid Sinaga,(Budaya), serta Ketua PPTSB Cabang Siak Bisner Vriono Sinaga.

Juga hadir Ketua Wilayah PPTSB Provinsi Jambi Drs Albertus Sinaga MPd, Prof Dr Jon Pieter Sinaga M Kes (Ketum DPP-Forum Komunitas Bela Nusantara Indonesia –FKBNI), Anggota DPRD Kota Medan David Roni G Sinaga SE, Ephorus HKBP Pdt Dr Robinson Butarbutar dan Ephorus GKPS Pdt Dr.Deddy Fajar Purba, Pdt Franky Doris Malau STh (Pendeta GKPS Resort Jambi), St Awal JD Damanik (Perutusan Sinode Bolon GKPS Resort Jambi) dan para undangan lainnya.
Prof Dr Jon Pieter Sinaga M Kes (Ketum DPP-Forum Komunitas Bela Nusantara Indonesia –FKBNI), Ephorus HKBP Pdt Dr Robinson Butarbutar dan Ephorus GKPS Pdt Dr.Deddy Fajar Purba. (Istimewa) 

Pada kesempatan tersebut Pangkosekhanudnas, Marsekal Pertama TNI Esron Sahat Bangun Sinaga, S.Sos., M.A mewakili PPTSB Medan, menyampaikan pesan ke Bupati Simalungun RHS untuk tidak takut berbuat baik dalam menjalankan roda pemerintahan.

Sementara itu Ketua PPTSB Wilayah Riau, Dapot Sinaga, SE, mengatakan sangat bangga dengan kemenangan Radiapo Sinaga.

“Kemenangan RHS-ZW  bukti-bukti pengulangan bahwa Sinaga, pernah memimpin Simalungun, beberapa tahun yang lampau,” ujar Dapot Sinaga dihadapan RHS dan para Pengurus PPTSB dan masyarakat yang hadir.

Untuk itu Dapot Sinaga berharap semua masyarakat, terkhusus yang bernaung dibawah PPTSB Kabupaten Simalungun dapat mendukung program yang akan di jalankan Bupati Simalungun sehingga roda pembangunan berjalan dengan baik menuju rakyat sejahtera.
Keluarga Ketua Wilayah PPTSB Provinsi Jambi Drs Albertus Sinaga MPd (kiri) Anggota DPRD Kota Medan David Roni G Sinaga SE (kanan) dan keluarga Toga Sinaga, Senin (26/4/2021). (Istimewa)

Pidato Perdana RHS

Sementara Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani mengatakan, DPRD Kabupaten Simalungun telah menyusun jadwal Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Simalungun mendengarkan pidato perdana RHS sebagai Bupati Simalungun.

Hal itu diungkapkan Timbul Jaya Sibarani usai menyaksikan Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, melantik Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga dan Wakilnya Zony Waldi  Periode 2021 – 2024 di Rumah Dinas Gubsu di Medan, Senin ( 26/04/2021 ) dengan cara virtual di Gedung DPRD Kabupaten Simalungun Pematangraya.

Turut menyaksikan antara lain, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah ( Forkopimda ), Sekretaris Daerah Mixnon Andreas Simamora, Kapolres AKBP Agus Waluyo SIK, Dandim 0207/SMK Letkol Info Roky Souhoka, Wakil Ketua DPRD Sastra Joyo Sirait, dan sejumlah Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah ( OPD ) dan Anggota DPRD Kabupaten Simalungun.

DPRD Simalungun telah menyusun agenda sidang paripurna. Sidang Paripurna antara lain untuk mendengarkan pidato perdana Bupati Kabupaten Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga.

Selain itu, dalam sidang paripurna akan dilakukan juga serah terima memori jabatan dari Bupati Simalungun periode sebelumnya JR Saragih kepada Bupati periode 2021 – 2024 Radiapoh Hasiholan Sinaga.
Delapan pasang kepala daerah/wakil kepala daerah (bupati/wakil bupati dan wali kota/wakilwali kota) se-Provinsi Sumatera Utara hasil Pilkada Serentak 9 Desember 2020 yang dilantik Gubernur Sumatera Utara, Ey Rahmayadi di Medan, Sumatera Utara, Senin (26/4/2021). (Foto : Matra/DinasKominfoSumut)


Jangan Memperkaya Diri Sendiri

Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi mengingatkan para kepala daerah dan wakil kepala daerah hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 9 Desember 2020 di Sumut tidak terjebak ambisi memperkaya diri sendiri setelah memangku jabatan mereka. Para kepala daerah terpilih hasil Pilkada Serentak 2020 di Sumut, baik itu bupati/wakil bupati maupun wali kota/wakil wali kota harus mengutamakan pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

“Saya mengingatkan agar para kepala dan wakil kepala daerah hasil Pilkada Serentak 2020 yang baru dilantik hendaknya menjauhi tiga hal yang selalu mendera kepala daerah, yakni memperkaya diri sendiri, memperkaya orang lain dan merugikan negara,”kata Edy Rahmayadi ketika melantik dan mengambil sumah jabatan delapan pasang kepala daerah dan wakil kepala daerah periode 2021 – 2024 hasil Pilkada Serentak 2020 di aula Raja Inal Siregar, Lantai 2 Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro, Nomor 30 Medan, Sumut Senin (26/4/2021).

Para kepala daerah (bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil wali kota) yang dilantik pada kesempatan tersebut, yaitu Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga dan Wakil Bupati Simalungun Zonny Waldi, Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang dan Wakil Bupati Karo, Theopilus Ginting.
(Pa Echa Damanik-Batam,St Awal JD Damanik (Perutusan Sinode Bolon GKPS Resort Jambi), Pdt Franky Doris Malau STh (Pendeta GKPS Resort Jambi) dan Bupati Simalungun RHS dan Istri, Senin (26/4/2021). (Istimewa) 

Kemudian Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha dan Wakil Bupati Nias Selatan, Firman Giawa, Bupati Samosir, Vandiko Timotius Gultom dan Wakil Bupati Samosir, Martua Sitanggang, Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu dan Wakil Bupati Nias Barat, Era-era Hia, Bupati Nias Utara, Amizaro Waruwu dan Wakil Bupati Nias Utara, Yusman Zega. Selain itu Wali Kota Gunungsitoli, Lakhomizaro Zebua dan Wakil Wali Kota Gunungsitoli, Sowa'a Laoli serta Wakil Wali Kota Binjai, Amir Hamzah yang dilantik menjadi Wali Kota Defenitif Kota Binjai.

Pelantikan delapan pasang kepala daerah hasil Pilkada Serentak 2020 di Sumut tersebut turut dihadiri Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut, R Sabrina, Wakil Ketua I TP PKK Sumut, Sri Ayu Mihari dan Kepala Dinas Kominfo Sumut, Irman Oemar.

Edy Rahmayadi pada kesempatan tersebut secara tegas meminta para bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil wali kota yang dilantik tidak tergoda memperkaya orang lain dengan menyogok, jangan memperkaya diri dengan menerima suap dan terakhir jangan merugikan negara selama mengemban tugas negara dan amanat rakyat.

“Jangan bikin malu Sumut lagi. Ini yang harus kita jaga bersama. Pencegahan korupsi di Sumut tidak bisa hanya dilakukan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumutataupun jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), tanpa dukungan para kepala daerah,”katanya.

Gubernur Sumut lebih lanjut mengatakan, para bupati/wakil bupati terpilih yang sudah dilantik jangan ada lagi yang membentuk kubu atau kelompok seperti pada pilkada lalu. Proses demokrasi telah dilalui dengan baik, semua pihak harus bersatu kembali dan bersama-sama membangun daerah.

Menurut Edy Rahmayadi, kepala daerah harus loyalitas memimpin, menerapkan esprit de corp (rasa cinta terhadap kesatuan) dan bisa bekerja sama. Para kepala daerah tak ada cerita tak loyal pada gubernur.

“Saya sebagai gubernur juga harus loyal pada presiden, karena semua itu sudah diatur pada undang undang," paparnya.

Dikatakan, para kepala daerah yang baru dilantik juga diharapkan segera memasukan program-program yang disampaikan saat kampanye ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Dengan demikian rencana pembangunan  tersebut dapat menjadi bahan kajian untuk diaplikasikan dalam program pembangunan daerah.

"Setelah ini kalian akan menyusun visi dan misi Anda. Apa yang dahulu kalian janjikan pada masa kampanye, kalian paparkan dalam RPJMD dan jadikan itu bahan untuk dikaji untuk pembangunan,"ujarnya.

Sementara itu, Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga pada kesempatan tersebut mengatakan, pihaknya akan segera menyusun RPJMD pembangunan Kabupaten Simalungun sesuai dengan arahan Gubernur Sumut tersebut.

"Dalam waktu dekat akan kami akan menyusun RPJMD Kabupaten Simalungun. Saya akan mengumpulkan seluruh jajaran organisasi perangkat dinas (OPD) di Simalungun untuk menyusun RPJMD sesuai visi dan misi Sumut,"katanya. (Asenk Lee Saragih/Berbagaisumber).
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.