. Banjir Bandang Terjang Parapat Simalungun | BeritaSimalungun
Home » , , , » Banjir Bandang Terjang Parapat Simalungun

Banjir Bandang Terjang Parapat Simalungun

Written By Beritasimalungun on Thursday, 13 May 2021 | 19:35

Seorang warga membersihkan jalan dari material banjir bandang di Jalan Sisingamangaraja Parapat, Kabupaten Simalungun, Kamis (13/5/2021) sekira Pukul 15.00 WIB. (Foto: Istimewa Kolase Video) 

Parapat, BS
-Banjir bandang menerjang sepanjang Jalan Sisingamangaraja Parapat, Kabupaten Simalungun, Kamis (13/5/2021) sekira Pukul 15.00 WIB. Banjir bandang akibat hujan deras yang mengguyur daerah Parapat, Kecamatan Girsangsipangan Bolon, Kabupaten Simalungun.

Banjir Bandang terjadi diakibatkan curah hujan yang deras sehingga air yang mengalir cukup deras yang datang dari arah bukit Bangun tidak mampu ditampung oleh aliran sungai dan mengakibatkan naik ke jalan dan masuk ke rumah warga.

Pantauan wartawan di lokasi, selain Jalan Sisingamangaraja tergenang air, material berupa batu- batu dan lumpur ikut menutupi sepanjang badan jalan. Bahkan rumah warga yang berada disekitar lokasi banjir ikut tergenang air.

Aparat TNI dan Polri beserta masyarakat berusaha membendung arus air agar luapan air tidak menghantam rumah warga. 

Satlantas Polres Simalungun melakukan pengaturan arus lalulintas serta pengalihan arus lalin ke jalan Alternatif mencegah kemacetan lalin di Kota Parapat, Simalungun.

Pemerintah Kabupaten Simalungun belum menurunkan bantuan alat berat guna membersihkan bebatuan dan pasir lumpur dari badan jalan. Bupati Simlaungun RHS juga direncanakan akan meninjau lokasi banjar bandang tersebut.

Banyaknya bangunan di perbukitan disepanjang jalan menuju Parapat, juga dituding sebagai penyebab terjadinya banjir bandang di wilayah itu. Pasalnya pohon-pohon penyangga tanah kini mulai gundul dan perlu pembenahan oleh pemerintah setempat. (Didik S/Asenk Lee)
Share this article :

Post a Comment

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis