. Gerakan Haroan Bolon di Kecamatan Huta Bayu Raja, Wabup Simalungun: Mari Saling Bersinergi dengan Keikhlasan" | BeritaSimalungun
Home » , , , » Gerakan Haroan Bolon di Kecamatan Huta Bayu Raja, Wabup Simalungun: Mari Saling Bersinergi dengan Keikhlasan"

Gerakan Haroan Bolon di Kecamatan Huta Bayu Raja, Wabup Simalungun: Mari Saling Bersinergi dengan Keikhlasan"

Written By Beritasimalungun on Friday, 25 June 2021 | 16:21

Gerakan Haroan Bolon di Kecamatan Huta Bayu Raja,  Wabup Simalungun: Mari Saling Bersinergi dengan Keikhlasan".

Huta Bayu Raja, BS-Bupati diwakili Wakil Bupati Simalungun H Zonny Waldi SSos MM secara resmi membuka gerakan haroan bolon membangun Simalungun di Kecamatan Huta Bayu Raja, bertempat di Nagori Bahal Batu, Sumut, Jum'at (25/06/2021).

Wakil Bupati (Wabup) mengatakan,  Gerakan haroan bolon menbangun Simalungun merupakan gagasan dari Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH dalam rangka memperbaiki infrastruktur jalan yang utama.

"Saya bersama beliau (Bupati) menyadari bahwa jalan di daerah kita ini sepanjang lebih kurang 1800 Km. 1200 Km diantaranya itu kondisinya tidak baik, bahkan ada yang rusak berat,  termasuk diantaranya jalan di Kecamatan ini,"kata Wabup. 

Saat memasuki Kecamatan Huta Bayu Raja tepatnya di nagori Bahal Batu, Wabup mengakui kecepatan kenderaannya hanya sekitar 10 Km per jam, bahkan kenderaan truk di depannya terlihat oleng seperti kapal di terpa ombak di lautan.

"Itulah kondisinya. Maka dari itu Pemkab Simalungun gali kembali budaya marharoan bolon (bergotong royong) dengan harapan persoalan yang kita hadapi akan muda diselesaikan termasuk dalam menanggulangi kerusakan jalan ini. Mari kita saling bersinergi dengan keikhlasan kita, karena ini akar budaya kita yang mungkin lama kita tinggalkan,"ucap Wabup. 

Wabup  mengajak seluruh masyarakat agar gerakan haroan bolon ini dihidupkan dan kembangkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara terutama di Bumi Habonaron do Bona ini. 

Kepada Camat, Wabup perintahkan untuk menggerakkan para pangulu dan lurah untuk selalu marharoan bolon dalam merawat dan menjaga fasilitas umum di wilayahnya masing-masing termasuk infrastruktur jalan. Karena jalan merupakan salah satu urat nadi transportasi bagi masyarakat dalam mengangkut hasil pertanian untuk dipasarkan. 

Program gerakan marharoan bolon di Nagori Bahal Batu mendapat dukungan dari dari PT Hutabayu marsada (HBM) berupa dana dan alat berat,  dari PTPN IV Dolok Sinumbah 5 truk batu padas dan alat berat,  dari UD Jaya lestari berupa bantuan dana, PKS Kerasaan berupa material 3 truk batu,  Gudang Ubi sebanyak 2 truk batu padas,  Gudang AA sebanyak 2 truk batu padas,  Barita Doloksaribu sebanyak 2 truk batu padas, koperasi tani mandiri memberikan bantuan berupa dana.  

Menurut pangulu Bahal Batu Azis Supriadi Manurung ST, bantuan dana yang diberikanoleh pengusaha itu telah digunakan untuk pengadaan petrun sebanyak 64 ton. “Program gerakan haroan bolon membangun Simalungun yang dinisiasi oleh bapak Bupati Simalungun ini sangat postif untuk kembali membudayakan gotong royong, dalam mengatasi berbagai permasalahan terutama dalam mengatasi kerusakan jalan di nagori kami sepanjang 2 Km,”katanya. 

“inilah kami masyarakat Bahal Batu sangat program gerakan haroan bolon ini. Dan hal ini tetap menjadi program berkelanjutan bagi Nagori kami,”kata Azis sebari menghimbau masyarakat untuk tetap menjalankan protocol kesehatan dalam setiap beratifitas meskipun bergotong royong.

Sasaran gerakan haroan bolon di Kecamatan Huta Bayu Raja adalah perbaikan jalan rusak sepanjang lebih kurang 9 KM. jalan tersebut merupakan jalan protocol yang menghubungkan 4 nangori yaitu Nagori Bahal Batu,  Raja Maligas,  Raja Maligas 1 dan Silakkidir. 

Tampak Hadir, Anggota DPRD Simalungun Benfri Sinaga, Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir Debora DPI Hutasoit MSi dan Camat Hutabayu Raja. Bangun Sihombing, Kapolsek Tanah Jawa Kompol Slamat Manalu dan Pangulu Hahal Batu Azis Supriadi serta ratusan masyarakat Kecamatan Hutabayu yang antusias bersatu padu menutup lubang ditengah jalan dengan batu dan sebgian membersihkan parit jalan.(Didik S)




Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.