Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Gerakan Pendeta dan Penginjil GKPS Gotong Royong Merawat Jalan Lintas Siantar – Saribudolok yang Rusak


Para Pendeta dan Penginjil GKPS melakukan gotong royong di Jalan Rusak di Panei Tongah, Kabupaten Simalungun, Senin (14/6/2021) pagi. InsertKoordinator Lapangan Gerakan Diakonia Pendeta dan Penginjil GKPS Pdt Jhon Winsyah Raja Saragih. (Foto Matra/Istimewa) 

Paneitongah, BS-Jalan Provinsi Lintas Siantar – Saribudolok berjarak kurang lebih 67 km banyak mengalami kerusakan di berbagai titik, seperti di wilayah Panombeian Panei sampai Panei Tongah, Raya Bayu sampai Goting Raya dan Sintaraya sampai Tiga Runggu, Kabupaten Simalungun adalah kerusakan yang paling parah.

Hal ini menyebabkan ketidaknyamanan bagi pengguna jalan, sehingga durasi perjalanan yang seharusnya ditempuh 2 jam, akhirnya menjadi 3 jam. Selain itu, kerusakan jalan dapat menyebabkan kerawanan terjadinya kecelakaan maupun kerusakan kendaraaan. Hal ini menyebabkan beberapa pengguna jalan banyak mengambil jalan alternatif yakni Siantar ke Saribudolok melalui Sidamanik. 

Berangkat dari keprihatinan akan jalan yang rusak tersebut menggerakan para Pendeta dan Penginjil GKPS melakukan aksi Gerakan Diakonia melalui gotong royong merawat jalan yang rusak tersebut.

Demikian disampaikan Koordinator Lapangan Gerakan Diakonia Pendeta dan Penginjil GKPS Pdt Jhon Winsyah Raja Saragih dalam surat elektroniknya yang diterima Redaksi Beritasimalungun, Senin (14/6/2021) pagi.

Disebutkan, gotong royong yang dimaksud dengan cara menyisipkan batu padas dan sirtu (batu pasir) ke jalan-jalan yang berlubang.  Untuk membiayai gerakan ini, khususnya untuk membeli batu padas dan sirtu (pasir batu), Pendeta-Penginjil dan seluruh simpatisan merogoh uang pribadi masing-masing untuk mempersiapkan seluruh kebutuhan yang diperlukan dalam aksi. 

“Pelaksanaan aksi Gerakan Pendeta-Penginjil Berdiakonia dilakukan di titik-titik kerusakan terparah sepanjang jalan lintas Sumatera dari Siantar-Seribudolog. Senin, 14 Juni 2021, di jalan lintas Sumatera sekitar Kecamatan Panombeian Panei dan Kecamatan Panei. Selasa, 15 Juni 2021, di jalan lintas Sumatera sekitar Kecamatan Raya (Raya Bayu) sampai Kecamatan Dolog Masagal (Gonting Raya). Rabu, 16 Juni 2021, di jalan lintas Sumatera sekitar Kecamatan Purba (Sinta Raya-Tigarunggu),” terang Pdt Jhon Winsyah Raja Saragih.

Adapun peserta Gerakan Pendeta-Penginjil Berdiakonia adalah seluruh Pendeta-Penginjil, Vikar Pendeta, Magang Pendeta, dan sebahagian Majelis Jemaat yang tergabung dari beberapa Distrik di GKPS, diantaranya GKPS Distrik I (Pematangsiantar), GKPS Distrik II (Pamatang Raya), GKPS Distrik III (Saribudolog), GKPS Distrik V (Tebing), GKPS Distrik IX (Sidamanik). 

Pdt Jhon Winsyah Raja Saragih selaku Kordinator Lapangan untuk Gerakan Diakonia ini menyebutkan bahwa gerakan Pendeta-Penginjil Berdiakonia ini, lahir dari keprihatinan sosial terhadap kerusakan jalan di Kabupaten Simalungun, khususnya jalan lintas Sumatera yang telah memberikan dampak negatif bagi kehidupan masyarakat Simalungun. 

“Gerakan Diakonia ini selain untuk mengkritisi pihak-pihak yang bertanggungjawab, juga sebuah proses edukasi kepada masyarakat bahwa mereka juga ikut bertanggung jawab dalam pemeliharaan-perbaikan jalan,” katanya. 

Selain itu, Gerakan Diakonia ini juga bertujuan untuk mendesak kebun PTP IV Bah Jambi unit Marjandi agar segera memberikan solusi atas penanganan banjir yang sering terjadi disekitar Panei Tongah, terkhusus saat musim hujan. 

“Harapan ini disampaikan, karena disinyalir bahwa penyebab banjir di sekitar Panei Tongah adalah bersumber dari air yang meluap pada musim hujan dari perkebunan sawit tersebut,” terangnya.

“Melalui Gerakan Diakonia merawat jalan ini diharapkan ke depan seluruh lapisan masyarakat mau memberikan perhatian terhadap pemeliharaan jalan. Demikian juga seluruh inter denominasi gereja yang ada di Kabupaten Simalungun, kiranya dapat terpanggil untuk terjun dan turun secara langsung untuk bekerja sama dengan seluruh lapisan masyarakat dalam perbaikan jalan. Kewajiban ini harus dilakukan gereja sebagai perpanjangan tangan Kristus di dunia, yang harus terlibat dalam seluruh aspek kehidupan masyarakat. Para Pendeta-Penginjil, tidak hanya menyampaikan khotbah di mimbar-mimbar gereja, tetapi juga di mimbar kehidupan nyata para jemaatnya,” jelas Pdt Jhon Winsyah Raja Saragih.

Ditambahkan, gerakan berdiakonia gotong royong merawat jalan tidak hanya sampai di sini saja, akan ada tahap kedua yang direncanakan dalam bentuk gerakan yang lebih besar dan luas melibatkan melibatkan seluruh pihak masyarakat dan gereja yang ada di Kabupaten Simalungun. 

Daftar Pendeta-Penginjil Berdiakonia:
a. Senin, 14 Juni di Sekitar Panei Tongah.
1.Pdt Winsyah
2. Sahmadear Purba
3. Pdt. Ferdi
4.Pdt. Bona
5. Pdt. Mesty Silalahi
6. Pdt Renny Damanik
7. Pdt Erni J Purba
8. Pdt Beth Avent
9. Pdt Cristy Saragih
10. Pdt Ctistin Saragih
11. Pdt rodearni
12. Vik omega
13. PW Rosmi Sinaga 
14. Pdt. Sarintan Silalahi
15. Pdt. Seprida Saragih
16. Pdt. Enita Silalahi
17. Pw. Rohni Sipayung
18. Pdt. Sampendawati
19. Pdt. Delpi Purba
20. Penginjil Rose purba.
21. Pdt. Berlian Saragih
22. Ev. DL. P.Tondang
23. Pw. Lermianna Girsang
24. Ev. DL. Tondang
25. Pw. Ella Purba
26. Pw. Pasma  Sitanggang
27. Pdt Monica damanik
28. Pw Selya
29. Cp Jonihut
30. Pdt. Marthin Munthe
31. Magang Bona Purba
32. Pdt. Cintya Purba
33. Pw Lilis Dasuha
34. Magang Hendi
35. Pdt. Cerimita Saragih
36. Magang Audita Silalahi
37.  Cp Eko
38. Pw Sinta Purba
39. Pw Erlina Saragih
40. Pdt. sardo Saragih
41. Magang Roni Manihuruk
42. Pdt. Edy Surya Purba
43 Magang Kalperi
44. Pdt. Afrisanty saragih
45. Pdt. Etty Saragih
46.Vik. Pdt. Mesryati Purba
47. Magang Ratna damanik
48. Pdt. Juandaha Raya Purba
49. Pdt. Erwin A. Saragih
50. Pdt. Sudi Sinaga
51. Pdt. Novrando Sinaga.
52. Pdt. Jeddy Saragih
53. Pdt. Aman Saut Purba
54. Pdt. Darwita Purba
55. Pdt. Yusni Saragih
56. Pdt. Ria Malau
57. Pdt Jaosner sipayung
58. Aigren Haloho (CP)
59. Pdt. Mala Sirait
60. Pdt. Herna Purba
61. Pw. Rolina Saragih
62. Pdt. Sri Johana 
63. Vera Sinaga (Cp)
64. Pdt. Posma Purba
65. Penginjil lamria Sitanggang
66. Pdt. Josia Siboro

b. Selasa, 15 Juni di Raya bayu- Gonting Raya.
1. Pdt Winsyah
2. Sahmadear Purba
3. Pdt. Bona
4.Pdt. Mesty Silalahi
5. Pdt. Junisman Saragih
6. Deriswan Purba
7. Pdt. Siska Sipayung
8. Donna Girsang
9. Pdt. Letnan G
10. Pdt Erni J. Purba
11. Pdt Aston D Silalahi
12. Pdt Beth Avent
13. Rinaldi Purba
14. Pdt. Arifin Saragih
15. Pdt. Apooh Saragih
16. Pdt Asen D Saragih
17. Pdt Mariska
18. Pdt Samson 
19. Pdt Cristy Saragih
20. Penginjil Lindewati P
21. Pdt. Maijon Saragih
22.Vik. Endang
23. Vik. Rina
24. Pdt. Rameyana Damanik.
25. Pdt. Erwin A. Saragih.
26. Pdt. Sudi Sinaga.
27. Pdt. Novrando Sinaga.
28. Pdt. Agus Roni
29. Vik. Pdt. Hendra
30. Pdt. Robendi
31. BSG
32. Pdt. Delpi Purba
33. Penginjil. Rosenni S
34. Pdt Lusermon S
35.Pdt Renny Damanik

c. Rabu, 16 Juni di Sintaraya-Tiga Runggu
1.Pdt Winsyah
2.Sahmadear Purba
3. Pdt Ferdi/ mulak pamasumasuon
4. Pdt. Bona
5.Pdt. Mesty Silalahi
6. Pdt Rode
7. Vik. Omega
8. Pdt Erni J Purbs
9. Pdt Beth Avent
10.Pdt.Rumides H Saragih
11. Pdt Cristy Saragih
12. PW. Rosmi Sinaga
13. Pdt. Rameyana Damanik.
14. Pdt. Erwin A. Saragih.
15. Pdt. Topni
16. Pdt. Ave M Lingga.
17. Pdt. Ove Purba
18. Penginjil Rasianna Damanik.
19. Pdt. Dasmariana 
20. Pdt. Rosma Sinaga.
21. Penginjil Rasita Kembaren.
22. Pdt. Daniel Smando Purba 
23. Pdt. Anni Damanik.
24. Pdt. Sudi Sinaga.
25. Pdt. Novrando Sinaga .
26. Pdt. Romasni Saragih.
27. Pdt. Agus Rony.
28. Vik. Pdt. Hendra
29. Pdt. Robendi
30. BSG
31.Pdt Renny D
32. Pdt. Delpi Purba.

“Catatan: Gotong royong dimulai Pukul  09.00 WIB setiap harinya. Marsiboan tugoni bei (agepe dong do ipasirsir  tim ala kadarni). Marsiboan Martil besar/kecil-ni bei (Tim pasirsirhonHu by peralatan tambahan). Transportasi/angkutan iriahkon i distrikni bei.Kini sudah terkumpul donasi hingga asaat ini mencapai Rp 30 Juta. Salam Diakonia,” ujar Pdt Jhon Winsyah R Saragih (Kordinator Lapangan).(Asenk Lee Saragih)
Gerakan Pendeta dan Penginjil GKPS Gotong Royong Merawat  Jalan Lintas Siantar – Saribudolok Simalungun, Senin (14/6/2021). (Foto Pdt J Sipayung/Istimewa)

Gerakan Pendeta dan Penginjil GKPS Gotong Royong Merawat  Jalan Lintas Siantar – Saribudolok Simalungun, Senin (14/6/2021). (Foto Pdt J Sipayung/Istimewa)
Gerakan Pendeta dan Penginjil GKPS Gotong Royong Merawat  Jalan Lintas Siantar – Saribudolok yang Rusak .


Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments