. Kukuhkan dan Lantik Pengurus PABPDSI Kabupaten Simalungun Periode 2021-2027 | BeritaSimalungun
Home » , , » Kukuhkan dan Lantik Pengurus PABPDSI Kabupaten Simalungun Periode 2021-2027

Kukuhkan dan Lantik Pengurus PABPDSI Kabupaten Simalungun Periode 2021-2027

Written By Beritasimalungun on Wednesday, 18 August 2021 | 09:58

RHS: Pengulu dan Maujana Harus Bersinergi 
Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH mengukuhkan dan melantik pengurus Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Kabupaten Simalungun Periode 2021-2027, bertempat di Balei Harungguan Kantor Bupati Simalungun Pamatang Raya, Sumut, Rabu 18/08/2021.(Istimewa)


Pamatangraya, BS-Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH mengukuhkan dan melantik Pengurus Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Kabupaten Simalungun Periode 2021-2027, bertempat di Balei Harungguan Kantor Bupati Simalungun Pamatang Raya, Sumut, Rabu (18/08/2021).

Bupati Simalungun RHS mengatakan, Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa menyebutkan bahwa pemerintahan desa adalah kepala desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), di Simalungun disebut dengan Maujana Nagori.

"Saya menyambut baik terbentuknya kepengurusan PABPDSI di Simalungun, untuk saya berharap kedepan, sesuai dengan fungsi maujana yakni melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pemerintahan nagori, kiranya penggunaan dana dinagori, baik alokasi dana desa atau alokasi dana nagori tepat sasaran demi mewujudkan pembangunan nagori yang lebih baik,"kata RHS.

Dikatakan, sebagai lembaga formal, maujana nagori mempunyai peran strategis dalam mendorong transparansi, akuntabelitas, demokratisasi dan kesejahteraan warga. Untuk itu di harapakan setiap anggota Maujana nagori dapat meningkatkan kapasitas SDM dan inovasinya.

"Jalinlah komunikasi yang baik dengan pangulu dan perangkat nagori sehingga tidak terjadi kesenjangan hubungan kerja di nagori. Keduanya harus sejalan dan bersinergi dalam melaksanakan roda pemerintahan di nagori. Tingkatkan SDM dan inovasi, hindari konflik yang tidak perlu dan berikanlah contoh yang baik buat masyarakat, apalagi situasi Covid saat ini, mari kita terapkan aturan pemerintah dengan melaksankan protokol kesehatan, agar Simalungun kedepan lebih baik lagi," kata RHS.

Disamping itu, Bupati Simalungun RHS juga mengharapkan kepada maujana nagori untuk mendukung program pemerintah dalam melakukan pendataan peta bidang tanah di nagori masing-masing agar masyarakat memperoleh sertifikat tanah. Hal itu juga untuk menghindari terjadinya permasalahan tanah di kemudian hari.

"Selamat kepada pengurus yang dilantik dan selamat bekerja, berikan pengabdian yang terbaik untuk masyarakat. Mari sama-sama kita bangun Simalungun dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ungkap Bupati Simalungun RHS.

Tampak hadir diacara itu, Ketua DPRD diwakili Jhon Redikalmen Saragih, Dandim 0207/Simalungun diwakili Kasdim Mayor Inf Fransisco Sidauruk, Kapolres diwakili Wakapolres Kompol Efianto, Ka. BPMPN Sarimuda Purba, Kadis Kominfo Wasin Sinaga, Plt Ka. Badan Kesbangpol Ronald Anderson Silalahi, Ketua Umum PABPDSI Fery Radiansyah ST MM dan undangan terbatas serta menerapkan protokol kesehatan.

Ketua Umum PABPDSI dalam sambutannya antara lain mengharapkan dengan di lantiknya pengurus PABPDSI Simalungun dapat memberikan peningkatan kesejahteraan maujana di daerah ini. "Mari kita dorong pemerintahan desa untuk membangun desa agar lebih maju dan sejahtera,"ujarnya.

Kepengurusan PABPDSI Simalungun periode 2021-2027 terdiri dari Ketua Buyung Sirawan Tanjung dibantu 9 wakil ketua, Sekretaris Sahrul Efendi SE dibantu 4 wakil Sekretaris, Bendahara Syahnan Rawi dibantu 2 wakil bendahara. Kepengurusan tersebut dilengkapi dengan biro organisasi dan kelembagaan, biro pemberdayaan perempuan, biro tata negara, kelembagaan dan regulasi desa, biro kerjasama lembaga, biro aspirasi rakyat desa dan kearifan lokal, biro inovasi dan desa digital, biro perencanaan pembangunan desa dan biro kajian desa daerah tertinggal.

Buyung Irawan Tanjung selaku ketua PABPDSI Simalungun dalam sambutnya mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya pelantikan PABPDSI, sebagai wadah untuk bersatu, berjuang dan bermartabat bagi seluruh anggota Maujana Nagori.

Menurut Buyung, kehadiran PABPDSI di Simalungun berusaha menciptakan kerjasama yang harmonis antara pangulu dan maujana nagori dan mempermudah komunikasi, koordinasi disemua tingkatan. "Kami siap mendukung program Pemkab Simalungun dalam melaksanakan pembangunan untuk mewujudkan Kabupaten Simalungun yang lebih sejahteta,"tandasnya.

Sebelumnya, dilaksanakan deklarasi pengurus PABPDSI yang dipimpin oleh Buyung Irawan Tanjung. Pelantikan itu ditandai dengan penyerahan pataka kepada ketua PABPDSI oleh Bupati Simalungun, dan diakhiri dengan pemberian piagan penghargaan kepada Bupati Simalungun dan Ketua DPRD sebagai bapak Badan Permusyawaratan Desa Kabupaten Simalungun oleh Ketua Umum PABPDSI dan Ketua PABPDSI Simalungun.(Sumber: Pemkab Simalungun)




Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.