. Penampilan Sanggar SIHODA di Yalova Turkey | BeritaSimalungun
Home » , , , , » Penampilan Sanggar SIHODA di Yalova Turkey

Penampilan Sanggar SIHODA di Yalova Turkey

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 31 August 2021 | 11:41

Penampilan Sanggar SIHODA di Yalova Turkey. (Istimewa)

Beritasimalungun-Penampilan hari pertama di Yalova Turkey, Sanggar SIHODA dari Siantar-Simalungun dan Gandrung Dance Studio dari Jakarta, Indonesia, Senin (30/8/2021). Hari ini Selasa (31/8/2021) SIHODA bawakan Tari Pemetik The.

“Itu sebabnya kami gak pakai Bulang, karena pakai topinya. Semoga esok hari kami bisa menampilkan yang lebih baik lagi ya.  Untuk video penampilannya boleh di lihat di FB Opung Sarmedi Purba dan Kela Jabetson Purba. Untuk updet kegiatan setiap harinya ada di IG@avionitasinaga dan @officialsihoda, Diateitupa,” tulis akun “Aku Penari” di Group WA Senandung Simalungun. 

“Saya ikut bangga dan mengapresiasi atas kerja keras team Sanggar Seni Sihoda, Sarmedi Purba , Jabetson Purba Sigumonrong  dan seluruh elemen pendukung yang telah berjuang memperkenalkan Budaya Simalungun di Turky mewakili Indonesia. Terimakasih atas kerja keras semua team. Sukses segala yang diprogramkan hingga balik ke Indonesia dengan penuh sukacita. Salam hormat kepada nasiam. #MajuTerus. #SimalungunUntukDunia. #SimalungunLambinTarbarita,” tulis S Triadil Saragih.

Sementara Uttok Sondi (J Sinaga) menuliskan perjalanan Sihoda ke Turkey. “Mereka Check In Menuju Turki. Akhirnya, Sanggar Tari Simalungun Home Dancer (SIHODA) pun berangkat ke festival tari tradisional di Kota Yalova, Turki. Ini tentunya perlu disyukuri oleh semua yang mencintai seni budaya Simalungun. Sebab, walau sebagai bagian dari perwakilan Indonesia di festival tari tersebut, yang akan mereka tampilkan disana adalah seni tari Simalungun. Diantaranya Tortor Sombah, Tortor Panakboru Uwou,” ujar Uttok Sondi.

“Dan yang tidak kalah penting disyukuri, mereka bisa berangkat walau dana yang terkumpul tidak sampai sebesar anggaran yang disusun. Karena itu, rekening Sihoda di Bank Sumut Nomor 22002040397805 atas nama SANGGAR SIMALUNGUN HOME DANCER tetap terbuka untuk menampung bantuan dari yang tergerak untuk membantu, agar dana talangan yang terpakai dapat dikembalikan kepada yang menalangi. Ekonomi memang sedang lesu. Tapi, upaya pelestarian budaya Simalungun pun juga tetap perlu,” tambah Uttok Sondi.

“Ini adalah video rekaman saat 5 penari + 1 pelatih tari SIHODA pimpinan Laura Sinaga check in di Terminal 3 Keberangkatan Bandara SOETA, Tangerang, Minggu 29 Agustus 2021, beberapa jam sebelum bertolak ke Turki dengan Turkish Airline,” katanya.

Disebutkan, keberangkatan para penari dari Kota Pematangsiantar ini didampingi oleh 2 orangtua. Mereka adalah Bapak Jabetson Purba Sigumonrong, Bendahara Promosi Budaya 7 Kerajaan Simalungun (PB7KS), serta Bapak dr. Sarmedi Purba, Penasehat PB7KS yang juga Ketua Presidium Dewan Pimpinan Pusat Partuha Maujana Simalungun yang baru terpilih beberapa waktu lalu di Harungguan Bolon di kota Pematangsiantar.

“Semoga perjalanan tim nyaman dan semua sehat serta bisa menyelesaikan missi dengan baik dan kembali dengan selamat ke Indonesia. Usai festival yang akan berlangsung sejak esok 30 Agustus 2021 hingga 5 September 2021,” pungkas Uttok Sondi.  (BS-01)








Share this article :

Post a Comment

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis