. Bersaksi Tentang Pekabaran Injil di Ujung Lintas Timur Provinsi Jambi | BeritaSimalungun
Home » , , » Bersaksi Tentang Pekabaran Injil di Ujung Lintas Timur Provinsi Jambi

Bersaksi Tentang Pekabaran Injil di Ujung Lintas Timur Provinsi Jambi

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 28 September 2021 | 09:24

Ibadah Pesta Olob-olob GKPS Resort Jambi di GKPS P Simpang Rambutan Tanjabar 

Ibadah Pesta Olob-olob 118 Tahun Injil di Simalungun Tingkat Resort GKPS Jambi, di GKPS Persiapan Simpang Rambutan yang terletak di Desa Suban, Batang Asam, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jalan Lintas Timur Sumatera (Jalintim Sumatera) Provinsi Jambi. Minggu (26/9/2021). (Foto: Asenk Lee Saragih)

Tanjabar, BS-Sukacita Pesta Olob-olob 118 Tahun Injil di Simalungun Tingkat Resort GKPS Jambi juga dirasakan Jemaat Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) di Desa Suban, Batang Asam, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jalan Lintas Timur Sumatera (Jalintim Sumatera) Provinsi Jambi. Meski ibadah sangatlah sederhana, namun tidak mengurangi makna dan filosofi tentang pekabaran Injil di Simalungun hingga sampai ke tanah Melayu Jambi.

Meski harus menempuh perjalanan sekitar 2 hingga 3 jam dengan kondisi jalan tanah menuju tempat ibadah, Jemaat tetap antusias untuk menghadiri Ibadah Pesta Olob-olob 118 Tahun Injil di Simalungun Tingkat Resort GKPS Jambi, Minggu (26/9/2021).

Jemaat itu ada di GKPS Persiapan Simpang Rambutan yang terletak di Desa Suban, Batang Asam, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jalan Lintas Timur Sumatera (Jalintim Sumatera) Provinsi Jambi.

Tim Pelayanan pada Ibadah Pesta Olobolob GKPS Resort Jambi di GKPS Persiapan Simpang Rambutan, Tanjabar adalah Kotbah Pdt Riando Tondang STh (Pendeta GKPS Resort Jambi), Votum St Rahmad Efendi Purba SE (Sekretaris Panitia Pesta Olobolob GKPS Resort Jambi 2021), Doding Sy Rosenman Saragih M, Surat Tongosan St TI Dabukke SE (Sekretaris GKPS Resort Jambi), Musik Raja Purba. 

Dalam rombongan pelayanan ikut serta Ayah dari Raja Purba (Pak Salomo) dan St Salmen Purba. Rombongan menggunakan dua mobil dan bertolak dari GKPS Jambi Pukul 07.15 WIB menuju GKPS Simpang Rambutan dan tiba dilokasi Pukul 10.00 WIB.

Saat tiba di GKPS Persiapan Simpang Rambutan, jemaat sudah hadir dan selanjutnya ibadah dimulai Pukul 11.00 WIB. Ibadah berjalan dengan himmat dengan memakai Tata Ibadah Pesta Olobolob GKPS Resort Jambi Tahun 2021.

Paad Ibadah juga ada Pujian Vokal Group dari Seksi Inang GKPS Persiapan Simpang Rambutan yang musiknya diiringi Raja Purba (Namaposo/Anggota Tim Musik GKPS Jambi). 

Pdt Riando Tondang STh dalam kotbahnya yang diambil dari Nats Pilemon 1 : 8-17 menekankan bahwa pekabaran Injil tidaklah bisa dihalangi,  “Hatani Tuhan Naibata Lang Tarambati”.

Demikian juga Injil yang ditaburkan para misionaris dari Jerman di Tanah Simalungun, Sumatera Utara, sejak Rabu, 2 September 1903 telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat Simalungun yang juga sampai ke Tanah Melayu Jambi. 

Setelah 118 tahun Injil menyebar di Tanah Simalungun tahun ini, juga dapat dirasakan hingga ke ujung Barat Provinsi Jambi, seperti Jemaat GKPS Persiapan Simpang Rambutan. 

Kata Pdt Riando Tondang STh, sebelum Pekabaran Injil masuk ke Simalungun dan warga masyarakat Simalungun masih terbelenggu kebodohan, kekolotan dan keterbelakangan, sifat-sifat memendam kesalahan orang lain, membalaskan kejahatan dengan kejahatan masih banyak melekat dalam diri orang Simalungun. 

Tetapi setelah ajaran – ajaran Kristus (Injil) yang berlandaskan kasih menyebar ke seluruh lapisan masyarakat dan pelosok desa di Simalungun sejak 118 tahun silam, warga masyarakat Simalungun semakin terbiasa memiliki pola hubungan sosial penuh rasa persaudaran. Umat Kristen Simalungun pun semakin terbiasa memaafkan dan menerima orang lain dengan segala keberadaanya.

Disebutkan, ajaran kebaikan inilah yang hendaknya terus ditanamkan di kalangan warga GKPS sebagai wujud berbuahnya Pekabaran Injil. Jemaat GKPS diharapkan semakin memiliki rasa solidaritas dan kepedulian sosial.

Dalam rangkaian ibadah juga ada kata-kata sambutan dari St TI Dabukke, St Rahmad Purba, Pdt R Tondang dan Doa Syafaat dari Ketua PHMJ GKPS Persiapan Simpang Rambutan St Hakta Duduk Purba.

Usai ibadah, dilanjutkan dengan Lelang “Siluah” Jemaat pada Pesta Olobolob GKPS Resort Jambi di GKPS Persiapan Simpang Rambutan yang terkumpul hasil lelang Rp 890.000, Boras Tenger Rp 338.000, Gugu Riap Rp 650.000. Sebagai sukacita raya syukur diadakan jamuan santap siang dengan rasa penuh kekeluargaan. 

Membangun

Kini Jemaat GKPS Persiapan Simpang Rambutan telah membeli lahan berukuran 20 Meter X 40 Meter yang berada tak jauh dari dari rumah tempat ibadah saat ini. Lahan tersebut sudah dibeli dan rencananya akan melaksanakan pesta pembangunan.

Bahkan sudah beberapa bulan belakangan Jemaat GKPS Persiapan Simpang Rambutan telah melakukan “Persembahan Kas Pembangunan” sebelum ibadah dimulai. Hingga Minggu 26 September 2021 kas tersebu sudah memiliki Saldo Rp 5 Juta. 

GKPS Persiapan Simpang Rambutan, GKPS Resort Jambi diresmikan menjadi GKPS Persiapan Minggu 23 Februari 2020. Sebelumnya diresmikan jadi Pos PI GKPS Simpang Rambutan pada Minggu 9 Juni 2019.

Pimpinan Harian Majelis Jemaat (PHMJ) GKPS Persiapan Simpang Rambutan Periode 2020-2025 yakni Ketua (Pengantar Jemaat) St Hakta Duduk Purba, Wakil Pengantar Jemaat St Jekson Purba, Sekretaris Jemaat St Letnan Damanik dan Bendahara Sy Nudelin Purba.


Jejak GKPS Simpang Rambutan

Kerinduan penjejakan Pos PI Simpang Rambutan dilakukan oleh Pengurus GKPS Resort Jambi. Pos PI Simpang Rambutan ini sudah pernah dijejaki oleh Pdt JP Tamsar STh saat menjabat Pendeta GKPS Resort Jambi 7 tahun silam.
Peresmian Pos PI Simpang Rambutan GKPS Resort Jambi-Minggu 9 Juni 2019-Foto Asenk Lee Saragih 

Peresmian Pos PI Simpang Rambutan GKPS Resort Jambi-Minggu 9 Juni 2019-Foto Asenk Lee Saragih 



Pos PI Simpang Rambutan kembali masuk dalam Program Kerja Pengurus GKPS Resort Jambi 2019 dengan anggaran biaya pada pos transportasi dan akomodasi pengembangan Pos PI ke Simpang Rambutan Rp 600.000/ perjalanan selama 12 bulan dengan total anggaran biaya Rp 7.200.000.

Guna menindaklanjuti program itu, Pengurus GKPS Resort Jambi yakni Ketua Pdt Riando Tondang STh, St Drs GM Saragih MSi (Wakil Ketua), St Meslan Saragih SH (Sekretaris), St Jabangun Sitopu (Anggota) melakukan kunjungan ke lokasi Pos PI Simpang Rambutan (Huta Panoban)-(Desa Suban, Batang Asam, Kabupaten Tanjabar) Rabu 3 April 2019 lalu.

Pada kesempatan itu diadakan Partonggoan Perdana di Rumah Keluarga Purba Pakpak/br Garingging. Ambilan oleh Pdt Riando Tondang STh, Agenda St Drs GM Saragih MSi, Doa Syafaat St Meslan Saragih SH, Parmahan Namadear St Jabangun Sitopu.

Kemudian St Meslan Saragih SH menerangkan hasil kunjungan itu pada Sermon Majelis GKPS Jambi, Jumat (5/4/2019) terkait dengan kerinduan sekitar 60 KK warga Simalungun asal Kabupaten Simalungun sekitarnya yang rindu untuk membentuk Pos PI GKPS Jambi dan nantinya mencadi cikal bakal berdirinya GKPS Persiapan Simpang Rambutan, Tanjabar.

Guna mendukung pelayanan ini, pada Minggu 14 April 2019, Pengurus GKPS Resort Jambi memulai Ibadah Kebaktian Minggu Perdana di Simpang Rambutan. Juga pada Sermon diusulkan untuk “Mandurung” di GKPS Jambi untuk penambahan biaya Trasportasi-Akomodasi Pelayanan ke Simpang Rambutan. 

Majelis GKPS Jambi melalui Pimpinan Majelis (Porhanger) St Radesman Saragih SSos mendukung pelayanan Pos PI Simpang Rambutan dan tetap berkoordinasi dengan Majelis GKPS Jambi. Dalam pelayanan juga bisa melibatkan Majelis GKPS Tanah Kanaan Jambi.

Ibadah Perdana pada Minggu 14 April 2019 oleh Pengurus GKPS Resort Jambi yang melayani pada ibadah itu adalah St Drs GM Saragih MSi (Wakil Ketua), St Meslan Saragih SH (Sekretaris), St Jabangun Sitopu (Anggota). 

Ibadah dilaksanakan di rumah salah satu anggota berlokasi di Simpang Rambutan (Huta Panoban)-(Desa Suban, Batang Asam, Kabupaten Tanjabar). Sebanyak 34 orang hadir pada ibadah Perdana pada Pos PI Simpang Rambutan ini.
Ketua Pesta Olob-olob GKPS Resort Jambi, St Drs GM Saragih, MSi (kiri) dan Wakil Ketua GKPS Resort Jambi, St R Saragih, SSos seusai pentas hiburan live streaming Olob-olob GKPS Resort Jambi di GKPS Jambi, Sabtu (25/9/2021).


Sederhana

Sementara itu Pesta Olob-olob 118 Tahun Injil di Simalungun Tingkat GKPS Resort Jambi, Minggu (26/9/2021)  dirayakan secara sederhana. Mencegah terjadinya kerumunan, ibadah Pesta Olob-olob GKPS Resort Jambi dilaksanakan di tiga gereja yang ada di GKPS Resort Jambi, yakni GKPS Jambi, Kotabaru Jambi, GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi, Baganpete, Kecamatan Alam Barajo dan GKPS Persiapan Simpang Rambutan, Kecamatan Merlung, Kabupaten Tanjungjabung Barat, Provinsi Jambi, sekitar 180 kilometer dari Kota Jambi. Sedangkan ibadah Pesta Olob-olob di GKPS Jambi, Kotabaru, Kota Jambi juga dilaksanakan sebanyak tiga kali, yakni pagi, siang dan sore untuk membatasi jumlah jemaat yang hadir.

Ketua Pesta Olob-olob GKPS Jambi, St Drs GM Saragih, MSi mengatakan, Pesta Olob-olob GKPS Resort Jambi juga menggelar berbagai rangkaian kegiatan olah raga, seni dan kerohanian. Namun semua kegiatan tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protocol kesehatan secara ketat.

Tiga minggu sebelum puncak perayaan Olob-olob, digelar perlombaan catur untuk kaum bapak – bapak dan tenis meja untuk jemaat. Selain itu digelar juga pertandingan vocal grup gabungan secara daring (dalam jaringan) atau online. Peserta vocal grup mengirimkan rekaman video untuk dinilai dewan juri.

Kemudian pertandingan membaca puisi untuk anak-anak sekolah minggu juga digelar secara daring. Sedangkan pertandingan lomba berpacu kidung rohani (Haleluya) dan cerdas cermat Injil di Simalungun dilakukan secara tatap muka dengan penonton yang sangat terbatas hanya beberapa orang.

Menurut St Drs GM Saragih, MSi, untuk menghibur warga jemaat GKPS Resort Jambi yang berada di rumah, pihak panitia juga menggelar pentas hiburan secara virtual (live streaming) dari Gedung Sekolah Minggu GKPS Jambi, Sabtu (25/9/2021) malam.

Pentas hiburan tersebut tidak mengundang artis seperti sebelum pandemi Covid-19, tetapi hanya menampilkan penyanyi-penyanyi dan pemusik GKPS Resort Jambi. Pentas musik tersebut sengaja mengusung tema pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan Simalungun. Lagu-lagu yang dipentaskan pada live streaming semuanya bertema kelesatarian lingkungan, baik lagu dari Haleluya GKPS maupun lagu pop Simalungun.

“Pada live streaming tersebut, pendeta GKPS Jambi dan saya sendiri sebagai ketua panitia menyampaikan renungan dan edukasi  mengenai pelestarian lingkungan hidup. Seluruh rengkaian kegiatan perayaan Olob-olob GKPS Jambi tersebut dapat disimak kembali melalui media social (facebook dan youtube),”katanya. (Asenk Lee Saragih)

Gallery Foto Pesta Olob-olob GKPS Resort Jambi Tahun 2021

Ibadah Pesta Olob-olob 118 Tahun Injil di Simalungun Tingkat Resort GKPS Jambi, di GKPS Persiapan Simpang Rambutan yang terletak di Desa Suban, Batang Asam, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jalan Lintas Timur Sumatera (Jalintim Sumatera) Provinsi Jambi. Minggu (26/9/2021). (Foto: Asenk Lee Saragih)

Ibadah Pesta Olob-olob 118 Tahun Injil di Simalungun Tingkat Resort GKPS Jambi, di GKPS Persiapan Simpang Rambutan yang terletak di Desa Suban, Batang Asam, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jalan Lintas Timur Sumatera (Jalintim Sumatera) Provinsi Jambi. Minggu (26/9/2021). (Foto: Asenk Lee Saragih)

Ibadah Pesta Olob-olob 118 Tahun Injil di Simalungun Tingkat Resort GKPS Jambi, di GKPS Persiapan Simpang Rambutan yang terletak di Desa Suban, Batang Asam, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jalan Lintas Timur Sumatera (Jalintim Sumatera) Provinsi Jambi. Minggu (26/9/2021). (Foto: Asenk Lee Saragih)

Pimpinan Harian Majelis Jemaat (PHMJ) GKPS Persiapan Simpang Rambutan Periode 2020-2025, St Hakta Duduk Purba.

Pimpinan Harian Majelis Jemaat (PHMJ) GKPS Persiapan Simpang Rambutan Periode 2020-2025, St Hakta Duduk Purba.

Pdt Riando Tondang STh.

St TI Dabukke SE.


Pimpinan Harian Majelis Jemaat (PHMJ) GKPS Persiapan Simpang Rambutan Periode 2020-2025, St Hakta Duduk Purba.

Para pemenang perlombaan Pesta Olob-olob GKPS Resort Jambi seusai menerima hadiah di GKPS Jambi, Minggu (26/9/2021). (Foto : Matra/Radesman Saragih)

Vokal Grup Syaloom GKPS Jambi bersama fulltimer (Pendeta/Penginjil) dan panitia seusai malam hiburan “live streaming” Pesta Olob-olob (Suka Cita) mempingati 118 Tahun Injil di Simalungun GKPS Resort Jambi di GKPS Jambi, Sabtu (25/9/2021). 




GKPS Tanah Kanaan Jambi.



Vokal Grup Syaloom GKPS Jambi bersama fulltimer (Pendeta/Penginjil) dan panitia seusai malam hiburan “live streaming” Pesta Olob-olob (Suka Cita) mempingati 118 Tahun Injil di Simalungun GKPS Resort Jambi di GKPS Jambi, Sabtu (25/9/2021). 




Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.