. Warga Jemaat GKPS Resort Jambi Antusias Ikuti Pra-Olob-olob Jubileum 118 Tahun Injil di Simalungun | BeritaSimalungun
Home » , , , » Warga Jemaat GKPS Resort Jambi Antusias Ikuti Pra-Olob-olob Jubileum 118 Tahun Injil di Simalungun

Warga Jemaat GKPS Resort Jambi Antusias Ikuti Pra-Olob-olob Jubileum 118 Tahun Injil di Simalungun

Written By Beritasimalungun on Saturday, 18 September 2021 | 21:29

Foto Bersama Peserta Cerdas Cermat Injil di Simalungun Bersama Fuultimer GKPS Resort Jambi dan Panitia. (Foto: Asenk Lee Saragih)

Jambi, BS
-Hujan lebat yang mengguyur Kota Jambi, Sabtu (18/9/2021) sore ternyata tidak menyurutkan semangat warga jemaat Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Resort Jambi mengikuti kegiatan perlombaan pra-Olob-olob 118 Injil di Simalungun tingkat GKPS Resort Jambi.

Di tengah gemuruh hujan lebat yang membuat suara nyaris tidak terdengar di ruang Gedung Sekolah Minggu (GSM) GKPS Jambi, perlombaan Cerdas Cermat Sejarah Pekabaran Injil di Simalungun (GKPS) tetap berlangsung seru. Pdt Franky Doris Malau, STh yang memandu lomba cerdas cermat tersebut beberapa kali terpaksa membacakan ulang soal-soal akibat suaranya dari pengeras suara terganggu gemuruh hujan lebat.

Namun enam tim dari enam sektor GKPS Jambi dan GKPS Tanah Kanaan Jambi tetap semangat adu pengetahuan mengenai sejarah Pekabaran Injil di Simalungun. Para pendukung sektor masing-masing yang jumlahnya sangat terbatas akibat Covid-19 juga memberikan semangat kepada tim sektor masing-masing.

Lomba cerdas cermat Pekabaran Injil di Simalungun tersebut diikuti orangtua dari Sektor Filippi, Korintus, Epesus dan Tesalonika (GKPS) Jambi dan Sektor I dan II (GKPS Tanah Kanaan). Soal-soal cerdas cermat yang disampaikan Pdt Franky Doris Malau, STh seputar sejarah Pekabaran Injil di Simalungun, mulai dari sampainya misionaris asal Jerman Pdt Agust Theis di Simalungun, pandidion (pembatisan) yang pertama, pendirian seksi-seksi, berdirinya GKPS hingga berbagai kemajuan Pekabaran Injil di Simalungun.  

Berdasarkan pengamatan, para peserta cerdas cermat memiliki pengetahuan yang memadai tentang sejarah Pekabaran Injil di Simalungun (GKPS). Para peserta tidak ada yang mendapat nilai kosong pada cerdas cermat tersebut. Tampil sebagai Pemenang I cerdas cermat Pakabaran Injil di Simalungun tersebut, Sektor Epesus (GKPS Jambi) dengan nilai 450. Pemenang II, Sektor II GKPS Tanah Kanaan dengan nilai 310 dan Pemenang III, Sektor Filippi (GKPS Jambi) dengan nilai 200.

Berpacu Haleluya

Sementara itu lomba Berpacu Haleluya (Lomba Pengetahuan Haleluya) yang juga digelar seusai cerdas cermat tersebut lebih semarak lagi. Para pemuda yang menjadi peserta lomba Berpacu Haleluya dari GKPS Jambi dan GKPS Tanah Kanaan semangat mengikuti perlombaan.
Foto Bersama Peserta Berpacu Haleluya Bersama Fuultimer GKPS Resort Jambi dan Panitia. (Foto: Asenk Lee Saragih)

Para peserta atau tim Berpacu Haleluya berlomba menjawab pertanyaan – pertanyaan mengenai Haleluya yang disampaikan Penginjil Wanita GKPS Jambi, Denni R Br Damanik, SH. Melalui lomba tersebut tampak juga para pemuda GKPS Resort Jambi yang sebagian besar sudah lahir di perantauan memiliki pengetahuan mengenai Doding Haleluya GKPS.

Berpacu Haleluya tersebut diikuti Tim Sektor Filippi, Korintus, Epesus dan Tesalonika (GKPS) Jambi dan  Tim Pemuda (Namaposo) GKPS Tanah Kanaan. Tampil sebagai Pemenang I Berpacu Haleluya tersebut, Sektor Korintus dengan nilai 950, Pemenang II (Sektor Kanaan) dengan nilai 650 dan Pemenang III, Sektor Epesus dengan nilai 320.

Pemandu Berpacu Haleluya tersebut, PW Denni R Damanik, STh pada kesempatan tersebut mengapresiasi pengetahuan para pemuda GKPS Resort Jambi tentang Doding Haleluya GKPS. Namun demikian pengetahuan para pemuda GKPS Resort Jambi mengenai Doding Haleluya perlu terus ditingkatkan.

“Kami berharap, lomba Berpacu Haleluya GKPS Resort Jambi tersebut menjadi momentum bagi para pemuda GKPS di Jambi semakin banyak belajar mengenai Doding Haleluya GKPS,”katanya.

Selain lomba Cerdas Cermat Pekabaran Injil di Simalungun dan Berpacu Haleluya, pra - Olob-olob 118 Tahun Injil di Simalungun GKPS Resort Jambi juga dilaksanakan perlombaan catur dan tenis meja. Perlombaan catur dan tenis meja masih memasuki babak penyisihan hingga Sabtu (18/9/2021). Final pertandingan catur dan tenis meja dilaksanakan Minggu (19/9/2021) di Gedung Sekolah Minggu GKPS Jambi.

Sekretaris Panitia Pesta Olob-olob 118 Tahun Injil Simalungun GKPS Resort Jambi 2021, St Rachmat Effendi Purba, SE mengatakan, Pesta Olob-olob GKPS Resort Jambi juga dimeriahkan dengan lomba vocal grup dan baca puisi. Namun lomba vocal grup gabungan orangtua, pemuda dan sekolah minggu dilaksanakan secara dalam jaringan (online).

Para peserta merekam melalui video penampilan mereka membawakan lagu yang diperlombakan. Hasil rekaman tersebut dikirimkan kepada panitia untuk diberi penilaian. Lomba puisi untuk anak-anak sekolah minggu juga dilakukan secara dalam jaringan. Penampilan anak-anak sekolah minggu membaca puisi direkam menggunakan video dan dikirimkan kepada panitia.  

Selain lomba, kata St Rachmat Effendi Purba, SE, perayaan Pesta Olob-olob GKPS Jambi juga dimeriahkan dengan pentas hiburan virtual (live streaming), Sabtu (25/9/2021) malam. Pentas hiburan tersebut secara khusus bertema pelestarian lingkungan hidup.

Lagu-lagu yang ditampilkan pada live streaming tersebut antara lain, lagu-lagu bertema lingkungan hidup dari Buku Doding Haleluya GKPS, lagu-lagu populer Simalungun bertema lingkungan lagu-lagu Simalungun bertema keindahan Tanah Simalungun. Live streaming tersebut menampilkan para talent (penyanyi dan pemusik) kalangan sendiri dari GKPS Resort Jambi.

Sedangkan ibadah perayaan Pesta Olob-olob GKPS Resort Jambi, Minggu (26/9/2012) dilaksanakan secara tatap muka di GKPS Jambi (tiga kali ibadah), GKPS Tanah Kanaan (satu kali ibadah) dan GKPS Pesiapan Simpang Rambutan, Kecamatan Merlung, Kabupaten  Tanjungjabung Barat (satu kali ibadah). (St RS)
Pertandingan Catur Lanjutan, Sabtu (18/9/2021). (Foto: Asenk Lee Saragih)

Pertandingan Catur Lanjutan, Sabtu (18/9/2021). (Foto: Asenk Lee Saragih)



Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.