. Bupati Simalungun RHS Bagikan Alsintan Bantuan Kementerian Pertanian kepada 4 Kelompok Tani | BeritaSimalungun
Home » , , » Bupati Simalungun RHS Bagikan Alsintan Bantuan Kementerian Pertanian kepada 4 Kelompok Tani

Bupati Simalungun RHS Bagikan Alsintan Bantuan Kementerian Pertanian kepada 4 Kelompok Tani

Written By Beritasimalungun on Thursday, 7 October 2021 | 23:30

Bupati Simalungun: Kedepan Kita akan Lakukan Bimtek untuk Petani
Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH MH menyerah bantuan berupa alat mesin pertanian (alsintan) sebanyak 4 unit kepada  kelompok tani (poktan) di Kabupaten Simalungun, bertempat di Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Purba Kabupaten Simalungun, Sumut,  Kamis (7/10/2021).(Foto: Diskominfo Simalungun)


Pamatangraya, BS-Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH MH menyerah bantuan berupa alat mesin pertanian (alsintan) sebanyak 4 unit kepada  kelompok tani (poktan) di Kabupaten Simalungun, bertempat di Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Purba Kabupaten Simalungun, Sumut,  Kamis (7/10/2021).

Alsintan yang diserahkan  berupa Hand Traktor, kepada 4 Poktan yakni Poktan Sadar Tani Kecamatan Silimakuta, Poktan Naga Tunas Kecamatan Raya,  Poktan Makmur Tani Kecamatan Purba dan Poktan Tani Sejahtera Kecamatan Hutabayu Raja, yang merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian RI. Secara simbolik diserahkan Bupati kepada Sarmalim Purba dari Poktan Makmur Tani Kecamatan Purba.

"Saya berharap dengan alsintan ini dapat lebih memotifasi untuk mendukung ekonomi disektor pertanian di Kabupaten Simalungun. Meskipun hanya 4 unit, tapi ini saya fikir awal yang baik untuk dapat kita menganggarkan kembali, tidak hanya alsintan, namun kebutuhan pertanian yang lainnya demi menunjang kemajuan pertanian di Kabupaten Simalungun agar tidak tertinggal dengan daerah lain. Ini juga merupakan tugas kita bersama bagaimana memajukan pertanian di daerah kita ini,"kata Bupati usai menyerahkan bantuan.

Wilayah Kabupaten Simalungun, 70 % adalah sektor pertanian. Menurut Bupati ini harus dimajukan secara bersama-sama, tidak hanya mengandalkan APBD, akan tetapi kita akan terus menjalin komunikasi yang baik dengan kemeterian pertanian di Jakarta. “Sehingga kita bisa menyampaikan peluang-peluang untuk kebutuhan Simalungun,"kata Bupati. 

Untuk meningkatkan sumber daya manusia bagi para petani di Simalungun, Bupati menyampaikan bahwa kedepan akan melakukan pelatihan-pelatihan terhadap petani seperti bimbingan tekhnis untuk dapat belajar dari daerah-daerah yang sudah maju dalam hal pertanian. 

“Banyak hal memang yang dapat kita lakukan untuk menggenjot kesejahteraan para petani kita kedepan, tentu kita harus banyak belajar dari daerah-daerah yang sudah behasil dibidang pertanian,”ujar Bupati

Kepada penerima bantuan alsintan, Bupati meminta agar merawat dan menjaga bantuan tersebut sehingga dapat dipergunakan dengan baik dan juga dapat digunakan kelompok lain.

Sementara itu mewakili penerima, Sarmalim Purba dari Poktan Makmur Tani Kecamatan Purba menyampaikan terima kepada pemerintah yang telah memberikan bantuan kepada kelompok taninya. Ia mengaku sangat bahagia menerima alat ini,  karena sejak terbentuk Poktan Makmur tani baru kali ini menerima bantuan. 

“Dengan adanya bantuan ini kami bisa mengoftimalkan pengelolahan lahan kami yang selama ini kami membayar kepada orang lain. Dan biaya yang selama kami keluarkan dapat kami jadikan sebagai kas untuk perawatan alat ini, termasuk pembelian pupuk serta secara ekonomi poktan kami dapat terbantu dalam pengolaan tanah,”ungkap Sarmalim.

Dikesempatan itu, Bupati yang disaksikan Kadis Pertanian Ruslan Setepu, Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Debora DPI Hutasoit, Kadis Kominfo Wasin Sinaga, Kadis Hanpang Pardomuan Sijabat, Kadis Perindag Harmedin Saragih dan Plt Kasatpol PP Adnadi Girsang, mendemonstrasikan bantuan alsintan tersebut dilahan pertanian yang tidak jauh dari lokasi acara.

Tampak juga hadir, Camat Purba Lince Simamora bersama Forkopimcam, tokoh masyarakat dan anggota poktan yang menerima bantuan.(DiskominfoSimalungun)
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.