. Bupati Simalungun RHS "Perintahkan" Jhon Mejer Purba Kelola Koperasi Pangan Haroan Bolon | BeritaSimalungun
Home » , , » Bupati Simalungun RHS "Perintahkan" Jhon Mejer Purba Kelola Koperasi Pangan Haroan Bolon

Bupati Simalungun RHS "Perintahkan" Jhon Mejer Purba Kelola Koperasi Pangan Haroan Bolon

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 5 October 2021 | 17:17

Ketua Koperasi Pangan Haroan Bolon (KPHB) Simalungun, Jhon Mejer Purba.

Pamatangraya, BS
-Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga (RHS) memberikan kepercayaan kepada Jhon Mejer Purba untuk mengelola "Koperasi Pangan Haroan Bolon (KPHB) Simalungun yang berperan sebagai konsolidator sekaligus aggregator. Pasalnya diyakini Jhon Mejer Purba mampu menjadikan koperasi menjadi solusi bagi sektor pertanian pada struktur ekonomi di level mikro. 

Menanggapi "perintah" Bupati Simalungun RHS tersebut, Jhon Mejer Purba memberikan pendapat. "Petani yang mengolah pertanian di lahan sempit digabungkan dan dikonsolidasi lewat koperasi. Kemudian, diwujudkan dalam corporate farming,” kata Jhon Mejer Purba yang merupakan Ketua KPHB Simalungun.

“(Konsolidasi) ini bisa menjadi solusi sistem pertanian kepada petani lahan sempit. Kalau petaninya digabung dalam koperasi, pembiayaan jadi mudah,” katanya.

Disebutkan, meningkatkan modal usaha petani dan juga dapat menjamin pasokan dan distribusi pangan ke pasar, harapan kedepannya koperasi dapat mengembangkan pasar pertanian tidak saja di dalam negeri tapi juga ke luar negeri atau pasar global. 

Kata Jhon Mejer Purba yang merupakan Mahasiswa Pascasarjana Universitas Indonesia ini, pengembangan koperasi di sektor pangan dapat meningkatkan nilai tukar petani. Koperasi di sektor pangan sebagai badan usaha yang tepat untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

“Penguatan di sektor pangan dan pertanian pada umumnya sudah menjadi program prioritas Pemkab Simalungun dengan slogan "Rakyat Harus Sejahtera," ujar Lulusan ITB itu menambahkan. Saat ini penduduk di Kabupaten Simalungun berjumlah 1.152.025 jiwa penduduk, sekitar 58 persen bekerja di sektor pertanian, seperti padi, jagung, ubi kayu, kentang dan sebagainya serta pertanian holtikutura.

“Kita yakin bantuan dari pemerintah pusat untuk membantu mengembangkan potensi pangan di Simalungun. Seperti kita ketahui bersama belum lama ini KPHB Simalungun melakukan MoU dengan PT BUMR Pangan Terhubung Sukabumi. PT BUMR Pangan Terhubung tersebut telah meningkatkan ekonomi petani khususnya padi dan sawah sejak 2017. Dimana petani di Sukabumi diorganisasikan dalam bentuk badan hukum koperasi," kata Jhon Mejer Purba.

Pada pertemuan tersebut hadir dari tiga kementerian, antara lain Direktur Pangan dan Pertanian Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Ir. R. Anang Noegroho Setyo Moeljono, MEM, Deputi Teknis IPDMIP (Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program) Kementerian Pertanian Famela Fadhila dan Staf Khusus Kementerian Koperasi dan UKM Riza Damanik PhD dan Asisten Deputi Pengembangan dan Pembaharuan Perkoperasian Kemenkop dan UKM Bagus Rachman SE MEc.(BS-Didik S/Rel/Lee)
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.