. Bupati Simalungun RHS Besuk “Guru Jenton” Pdt Freddy Purba di Rumah Sakit | BeritaSimalungun
Home » , , , » Bupati Simalungun RHS Besuk “Guru Jenton” Pdt Freddy Purba di Rumah Sakit

Bupati Simalungun RHS Besuk “Guru Jenton” Pdt Freddy Purba di Rumah Sakit

Written By Beritasimalungun on Thursday, 2 December 2021 | 10:34

Bupati Simalungun RHS Besuk “Guru Jenton” Pdt Freddy Purba di Rumah Sakit.(Istimewa)

Medan, BS-
Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga memberikan dukungan moral dan spiritual kepada “Guru Jenton” Pdt Freddy Purba STh yang saat ini menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Kota Medan. Sejak 25 November 2021 lalu Pdt Freddy Purba STh dirujuk ke rumah sakit di Medan karena mengalami gangguan pada ginjal.

Seperti diketahui  Pdt Freddy Purba STh yang akrab disapa “Guru Jenton” bagi Kumunitas Suku Anak Dalam 9SAD) atau Suku Talang Mamak ini pernah sukses membawa Refleksi Suku Rimba dalam acara khusus Pesta Jubileum  115 Injil di Simalungun Wilayah III GKPS Distrik VI di Batam Minggu 16 September 2018 lalu.

Saat itu Pdt Freddy Purba menampilkan Refleksi Kehidupan Suku Anak Dalam (SAD) atau dikenal dengan sebutan Orang Rimba Jambi yang diperankan oleh 5 Pemuda SAD. Mereka juga bersaksi terhadap pemberdayaan Guru-Guru dari GKPS yang mau berkorban bagi SAD dalam memberikan pelayanan pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan ekonomi lewat pertanian.



Vokal Group  Suku Anak Dalam dengan Gitaris Guru Repi Br Saragih pada Ibadah Raya Pesta J115 Tahun Wilayah III GKPS Distrik VI di Gedung Gedung Harapan Utama, Kota Batam pada  Minggu 16 September 2018 dihadiri Jemaat dari 15 Resort se Distrik VI yang meliputi Provinsi Riau, Kepri, Jambi, Sumsel, Babel dan Bengkulu. 

Bahkan salah satu dari mereka yang sudah fasih berbahasa Indonesia mengucapkan terimakasih atas perhatian GKPS. “Syalom. Kami mengucapkan terimakasih kepada Guru-Guru dari GKPS, kami bisa hadir di tempat ini. Kami tak pernah bermimpi bisa hadir di tempat ini. Ini berkat Tuhan Yang Maha Esa. Terimakasih Ibu, Terimakasih Bapa semuanya, sungguh luar biasa perhatiannya kepada kami,” ujar perwakilan SAD sembari meneteskan air mata. 

Kesaksian mereka itu, mengundang haru para undangan yang hadir. Bahkan ada yang sampai meneteskan air mata melihat kesaksian SAD tersebut. Lima pemuda SAD itu diiringi gitar dari Guru Rimba Repi Saragih melantunkan dua lagu pujian dalam bahasa Rimba. Sebagai penerjemah bahasa Rimba ada Guru Freddy Purba yang sudah bertahun-tahun mendampingi SAD di Merangin Jambi.  Pada kesempatan itu SAD juga diajak manortor bersama saat hiburan pesta.
Pada 25 November 2021 malam, "Guru Jenton" (Pdt.Freddy Purba) tak seperti biasanya. Ia tampak lemah dan lesu. Ia mengerang sakit yang terpaksa mesti dirujuk ke Medan.

Lewat linimasa sosial media facebook Pdt Mardison Simanjorang STh M Hum (Pendeta GKPS Resort Bungo), Selasa (1/12/2021), Bupati Simalungun RHS memberi dukungan moral dan spiritual kepada "Guru Jenton" (Pdt.Freddy Purba,  yang melayani "ajar - baca - tulis"  di belantara Jambi), kiranya lekas sembuh dari sakitnya.

“Di sela-sela waktunya yang begitu padat, RHS menyempatkan melakukan kunjungan pastoral. Kepekaan dan kepeduliannya kiranya menumbuhkan semangatmu untuk sembuh dan pulih guru,” ujar Pdt Mardison Simanjorang.

“Bagi RHS,  persahabatan dengan semua orang dan semua kalangan sebegitu pentingnya dan berharga. Podas ma malum Fredd. Terimakasih Cho..pak Bupati...sehat juga dan semangat serta sabar mengurai dan memberi threatmen yang pas untuk Simalungun,” kata Pdt Mardison Simanjorang.

Sebelumnya, tepat pada 25 November 2021 malam, "Guru Jenton" (Pdt.Freddy Purba) tak seperti biasanya. Ia tampak lemah dan lesu. Ia mengerang sakit yang terpaksa mesti dirujuk ke Medan.

“Hasil prognosa Dokter di Bangko, Merangin Jambi, agaknya fungsi ginjal bermasalah. Namun karena nggak ada dokter apesialis ginjal di Bangko dan peralatan yang tak memadai terpaksa dirujuk. Dan pilihan adalah ke Medan agar ada pulalah keluarga yang bisa menjagai dan membantu selama proses penyembuhan dan perawatannnya,” ujar Mardison Simanjorang.

“Malam ini, ia bersama Vik.Robin Purba berangkat menuju Padang untuk esok hari terbang ke KNO. Kiranya, perjalanan ke Medan lancar hingga perawatan di RS. Semangat da Fredd. Lang pala pikkiri lobei horja pelayanan. Fokuslah berobat dulu. Tuhan memberkati perjalanan dan proses penyembuhanmu,” imbuh Mardison Simanjorang.

Lewat linimasa sosial media Mardison Simanjorang, ratusan warga GKPS dan sahabat FB memberikan dukungan doa dan semangat kepada Pdt Freddy Purba agar lekas sembuh. (Asenk Lee Saragih)
Sambutan Ucapan Terimakasih Dari Suku Anak Dalam Hadir di Pesta J115 Wilayah III GKPS Distrik VI di Batam, Minggu 16 September 2018. Guru Freddy Purba sebagai penerjemah bahasa SAD menceritakan soal kehidupan keseharian SAD. Foto Asenk Lee Saragih


Share this article :

Post a Comment

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis