. Bupati Simalungun RHS Resmikan UPUBKB Akreditasi B, Kini Uji KIR Sudah Bisa di Simalungun | BeritaSimalungun
Home » » Bupati Simalungun RHS Resmikan UPUBKB Akreditasi B, Kini Uji KIR Sudah Bisa di Simalungun

Bupati Simalungun RHS Resmikan UPUBKB Akreditasi B, Kini Uji KIR Sudah Bisa di Simalungun

Written By Beritasimalungun on Monday, 6 December 2021 | 14:19

RHS: UPUBKBB Diharapkan Jadi Magnit Pundi-pundi PAD di Simalungun
Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga meresmikan Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB) Akreditasi B, di Jalan Horailam, Pamatang Raya Kabupaten Simalungun, Sumut, Senin (6/12/2021).

Pamatangraya, BS-Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga meresmikan Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB) Akreditasi B, di Jalan Horailam, Pamatang Raya Kabupaten Simalungun, Sumut, Senin (6/12/2021).

Dalam sambutannya, Bupati Simalungun RHS menyampaikan, sejak tiga tahun terakhir kenderaan bermotor dari Kabupaten Simalungun melakukan uji KIR di daerah lain. Dengan dilaksanakannya peresmian UPUBKB diharapkan kenderaan di Simalungun sudah dapat melaksanakan uji KIR di daerah di Simalungun. 

"Diharapkan juga dengan launching UPUBKB ini dapat menjadi magnit pundi-pundi pendapatan asli daerah (PAD) bagi Kabupaten Simalungun, karena ada sekitar 12 ribu Kenderaan di Simalungun," kata RHS.

Guna memudahkan dalam pelaksanaan pelayanan  uji KIR di Simalungun, Bupati mengatakan bahwa,  dilihat dari jumlah kenderaan di Simalungun minimal ada tiga titik lokasi UPUBKB,  kedepan Pemkab Simalungun direncanakan membuka dua unit UPUBKB di dua lokasi yakni di Kecamatan Siantar dan Bandar (Perdagangan).

"Bukan hanya di Raya, kedepan kita rencanakan buka dua unit lagi seperti ini (UPUBK) di dua lokasi yakni di Siantar dan Perdagangan untuk memudahkan Kenderaan melakukan uji KIR. Mari sama-sama kita awasi pelaksanaan uji kir ini sehingga dapat berjalan sesuai dengan mekanisme,"sebut Bupati RHS.

Selain itu, Bupati menyampaikan bahwa kondisi jalan di Simalungun saat ini cukup memprihatinkan, untuk kepada semua pihak, termasuk pengusaha angkutan untuk bersama-sama berkontribusi dalam merawat jalan.

Sementara itu, Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani menyampaikan bahwa UPUBKB sangat vital bagi angkutan, karena angkutan umum yang selalu menjadi jantung perekonomian di daerah.

"Dengan launching ini diharapkan Dinas Perhubungan melakukan pelayanan yang maksimal karena ada feedback PAD dari sini,"kata Timbul.

Timbul juga mengapresiasi Pemkab Simalungun dalam hal ini Bupati dan Dinas Perhungan. "Karena selama ini, 3 tahun pengusaha angkutan di Simalungun sudah kesulitan dalam melakukan uji kir, jadi dengan kebijakan Bupati saat kita sudah dimudahkan khususnya kepada pengusaha angkutan. Untuk itu sukses selalu,"ucapnya

Sebelumnya Plt Kadis Perhubungan Sabar Parulian Saragih melaporkan, bahwa uji berkala kendaraan bermotor di Simalungun sudah berhenti sejak tahun 2019. "Tidak diaktifkannya KIR di Simalungun dalam beberapa tahun terakhir karena tidak dapat ijin operasi dari pihak Kementerian Perhubungan RI,"jelasnya.

Sabar menerangkan, bahwa UPUBKB Simalungun, sudah menerima SK Akreditasi dari Kementerian Perhubungan, dan tanggal 29 November 2021 sudah menerima sertifikat dengan klasifikasi Akreditasi B.

“Launching ini sebagai pertanda resmi Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor Simalungun, dapat melaksanakan pelayanan dan berdasarkan peraturan  tentang pedoman penerbitan buku lulus uji berkala kenderaan bermotor ada perubahan yang mendasar yaitu sistem buku manual menjadi kartu elektronik (BLUe) buku lulus uji elektronik," ucap Sabar Saragih.

Sabar juga menambahkan, dengan beroperasinya kembali UPUBKB Simalungun, semoga dapat lebih meningkatkan keselamatan di jalan raya.

Selanjutnya, Sabar menambahkan, ada lima mesin yang ada pada gedung uji kir Simalungun antara lain, alat uji emisi untuk mengukur ketebalan asap kendaraan solar dan bensin, kemudian alat test pengereman (Brake Tester), daya pancar lampu dan alat pengukur berat kendaraan.

Tampak hadir antara lain, Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani, Kapolres Simalungun diwakili Kasat Lantas AKP Hendrik Aritonang, Dandim 0207/Sml diwakili Pasilog Lettu Chb Khairul Anwar Simatupang,  mewakili Kajari Ade Wijaya, Sekda Esron Sinaga, Asisten Perekonimian dan Pembangunan Ramadhani Purba, Plt Kadis Kominfo Wasin Sinaga, Ketua IPKBI (Ikatan Penguji Kenderaan Bermotor Indonesia) Saidi Pane, PT Jasa Raharja Cabang Sumut, Direktorat Perhubungan Darat  BPTD Wilayah Sumut Kemenhub RI Rian,  KCP Bank Sumut Pamatang Raya, S. Sembiring, Sekretaris Organda Ringkas Tarigan.(BS-Diskominfo Simalungun)





Share this article :

Post a Comment

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.