. Hari Rempah-rempah Nasional di Simalungun, Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin Minum Kopi Batak di Parapat | BeritaSimalungun
Home » , , , » Hari Rempah-rempah Nasional di Simalungun, Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin Minum Kopi Batak di Parapat

Hari Rempah-rempah Nasional di Simalungun, Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin Minum Kopi Batak di Parapat

Written By Beritasimalungun on Thursday, 9 December 2021 | 21:02

Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin menikmati kopi khas Batak di kedai kopi "BKaro", Jalan Haranggaol Nomor 14, Kelurahan Tiga Raja, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumut, Kamis (9/12/2021) malam. (Foto : Matra/Setwapres).

Parapat, BS- Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin mengunjungi destinasi wisata internasional di tepian Danau Toba, Kota Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut) dalam rangka memperingati Hari Rempah Nasional, Jumat (10/12/2021). Ma'ruf Amin yang didiampingi isteri Ny Wury Ma’ruf,  Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo tiba Kota Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Simalungun, Sumut, Kamis (9/12/2021). 

Rombongan Wapres KH Ma’ruf Amin berangkat dari Pangkalan Udara TNI Aangkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta menuju Bandara Silangit, Silando Muara, Soborong-borong Tapanuli Utara, Sumut, Kamis (9/12/2021) pukul 13.00 WIB menggunakan pesawat Boeing 737-400 TNI AU. 

Setelah menempuh penerbangan selama kurang lebih du jam, rombongan Wapres Ma’ruf Amin di Bandara Silangit Kamis pukul 15.10 WIB. Setelah tiba di Bandara Silangit, rombongan Ma’ruf Amin disambut Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, Ny Nawal Edy Rahmayadi, Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen TNI Hassanudin, SIP, MM dan Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak.

Selanjutnya, Wapres Ma’ruf amin dan rombongan tiba di Hotel Niagara Parapat, Danau Toba menggunakan mobil, Kamis petang. Kehadiran Wapres Ma’ruf Amin di Kota Parapat disambut Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah didampingi Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, Danrem 022/Pantai Timur (PT) Kol Inf P Hutagalung, Ketua Tim Penggerak Pemberdayan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Simalungun Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga dan Pimpinan Partuha Maujana Simalungun. Di Niagara Hotel, Bupati Radiapoh Sinaga menyematkan hio (pakaian adat) Simalungun kepada Wapres Ma’ruf Amin istri sebagai tanda penyambutan. 

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga pada kesempatan tersebut mengatakan, Wapres Ma’ruf Amin dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berkunjung ke Simalungun dalam rangka peringatan Hari Rempah Nasional, Jumat (10/12/2021). Pada perayaan Hari Rempah Nasional di Kota Parapat, Simalungun, Ma’ruf Amin juga akan membuka pameran rempah-rempah dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). 

Pameran rempah – rempah tersebut merupakan salah satu paket Indonesian Spices Business Forum and Expo World (ISBFE) 2021. ISBFE 2021 merupakan sebuah acara yang diinisiasi oleh Dewan Rempah Indonesia sebagai momentum mengembalikan kejayaan rempah nusantara di masa lalu untuk diduplikasikan guna meraih kejayaan rempah di masa depan. 

Acara ini juga menjadi sarana komunikasi langsung para petani, pengusaha, UMKM, dan pengolah rempah dalam satu forum bisnis yang konkret, terukur, dan meningkatkan ekonomi nasional melalui perniagaan rempah baik di Indonesia maupun mancanegara.

“Kehadiran Wakil Presiden, KH Ma’ruf Amin di Simalungun menjadi berkah bagi Kabupaten Simalungun, terkhusus bagi kawasan wisata Kota Turis Parapat, Danau Toba. Kami mengucapkan selamat datang kepada Wapres Ma’ruf Amin, ibu Wapres Ny Wury Ma’ruf, Menteri Pertanian Yasin Limpo dan dan seluruh rombongan di Kota Turis Parapat,”katanya.

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga (empat dari kanan) didampingi Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga (tiga dari kanan) menyambut kehadiran Wakil Presiden, KH Ma’ruf Amin (dua dari kiri) dan rombongan di Niagara Hotel, Kota Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Kamis (9/12/2021) petang. (Foto : Matra/KominfoSialungun).

Nikmati Kopi

Sementara itu mengisi kegiatan malam di Kota Parapat, Ma’ruf Amin menyempatkan diri minum kopi di kopi khas Batak di kedai kopi BKaro, Jalan Haranggaol Nomor 14, Kelurahan Tiga Raja, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumut. Dia juga berbincang – bincang dengan para tokoh adat Simalungun, Partuha Maujana Simalungun dalam suasana hangat penuh kekeluargaan. 

 “Saya sudah cukup lama ke kedai kopi seperti ini. Dulu saya sering minum kopi di kedai atau warung seperti ini.  Kalausaya dulu minum kopinya bisa satu mug (gelas) besar. Saya berhenti tahun 1993. Pokoknya semua jenis kopi suka. Arabica, robusta,”katanya.

Sementara itu, Numput Ginting kepada Ma’ruf Amin mengatakan, kedai kopinya sudah berdiri selam tiga generasi. Dia sudah menjadi generasi ketiga pengelola kedai kopi "BKaro" Parapat. Kopi yang disajikan di kedainya memiliki karakteristik (ciri khas) tersendiri untuk memikat penggemar kopi. 

“Di sini tidak ada kopi modern. Kami hanya menyajikan kopi susu, kopi pahit tanpa gula, kopi manis dan kopi es,”ujarnya.

Menurut Numput Ginting, sebelum pandemi Covid-19, banyak wisatawan mancanegara mampir ke kedainya untuk menikmati kopi. Namun setelah pandemi, keadaan berubah. Pengunjung atau wisatawan tak banyak lagi, sehingga kedai kopinya sepi.

“Kami mengharapkan pandemi Covid-19 segera teratasi agar keadaan ekonomi dan wisata dapat berangsur membaik. Dengan demikian kondisi perdagangan dan pariwisata di Danau Toba dapat pulih kembali,”katanya.

Menanggapi curhatan (ceritera) Numut Ginting tersebut, Ma’ruf Amin mengatakan, Pemerintah Pusat akan terus berupaya untuk mengendalikan pandemi Covid-19 beserta dampaknya di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, kerja sama seluruh pihak dan masyarakat pun sangat diharapkan. Seluruh elemen masyarakat dan pamerintah daerah harus bersama-sama mengatasi Covid-19 melalui peningkatan kedisiplinan protokol kesehatan dan vaksinasi. 

“Kita memang lagi mengembalikan suasana supaya lebih baik lagi. Membangun komunitas supaya bisa normal,”jelasnya.

Di akhir perbincangan di kedai kopi tersebut, Wapres Ma’ruf Amin menceritakan kiat-kiatnya menjalankan hidup sehat. Kiat tersebut, menjaga makan, berolah raga juga untuk menjaga stamina tubuh.

“Makan yang dijaga sama olah raga, tambah puasa. Tiap hari saya olah raga, sepeda statis, olah raga hidro, juga jalan, jogging,”pungkasnya. 

Usai menikmati kopi di kedai kopi BKaro, sebelum memasuki kendaraan untuk kembali ke hotel, Ma’ruf Amin menyapa warga masyarkat yang menanti di depan kedai. Ma’ruf Amin melambaikan tangan sembari memberi tergur sapa, ““Sehat-sehat semua ya,”katanya.(BS/Matra/Radesman Saragih/Setwapres).

Share this article :

Post a Comment

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.