Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Pekan Kebudayaan Nasional 2021, STAR JAMMING : NYANYIAN DANAU TOBA

Pekan Kebudayaan Nasional 2021,  STAR JAMMING : NYANYIAN DANAU TOBA. (Foto Kolase YouTube)

Samosir, BS
- Musik adalah bagian sangat penting dalam hidup kita, satu bentuk karya cipta yang menjadi identitas kebudayaan dari suatu kelompok masyarakat. Musik menghubungkan manusia dengan cara yang tidak bisa dicapai oleh medium lain. Musik merupakan alat komunikasi yang paling universal, berisi ekspresi, cerita, waktu, doa-doa dan sejarah kehidupan.

Masyarakat Batak sangat kental dengan tradisi musiknya. Mulai dari proses kelahiran, perkawinan hingga kematian, masyarakat Batak tak bisa lepas dari musik. Upacara adat Batak selalu diisi dengan musik, yang juga menjadi medium bagi mereka untuk berkomunikasi dengan Sang Pencipta. 

Musik dimainkan pada saat masa bertanam padi, panen, ritual parbaringin, agama malim, hingga upacara gereja. Komposisi gondang-gondang Batak memiliki nilai-nilai etika dan cerita tentang sejarah kehidupan. Bahkan, ada tradisi Batak yang menyenandungkan ungkapan kesedihan, yang biasa dilantunkan ketika saudara atau kerabat mereka meninggal. 

Star jamming Toba berusaha memotret hal-hal di atas, merajutnya menjadi konser musik yang menjadi media pengantar untuk bercerita.

Konser ini mengkombinasikan musik dan lagu tradisional dengan musik modern. Lagu-lagu Batak merepresentasikan hubungan mereka dengan alam lingkungan tempat mereka lahir, tumbuh dan tinggal. Lagu “Oh Tano Batak,” misalnya, merupakan lagu yang menceritakan kekaguman mereka pada tanah leluhur, yang juga menjadi simbol atas perasaan cinta mereka terhadap adat dan tradisi peninggalan para leluhur. 

Lanskap yang dihadirkan dalam video adalah latar yang dekat dengan kultur tanah Batak dan manusia Toba. Antara musik dan perangkat modern dipertemukan dengan dunia tradisional, dengan alam tanah leluhur, hingga terjadilah harmonisasi.

Musisi yang hadir pada star jamming kali ini adalah musisi papan atas seperti Aksan Sjuman, Reza Artemevia, Vicky Sianipar dan Titi DJ. Dua nama terakhir adalah musisi yang punya darah batak. Bahkan, Vicky Sianipar dikenal publik musik dengan sebutan “musisi Batak” karena lirik-liriknya banyak menggunakan bahasa Batak.

Sahabat Budaya, jangan lewatkan Nyanyian Danau dan konser-konser menarik lainnya dalam rangkaian Pekan Kebudayaan Nasional 2021.

Kami terus berupaya memberikan sajian acara yang berkualitas dengan mengangkat Kebudayaan Nasional untuk dapat lebih dikenal secara luas. Bantu kami untuk mengisi survey sebagai bahan evaluasi di masa mendatang. 

Pengisi Acara: Titi DJ; Reza Artamevia; Viky Sianipar; Aksan Sjuman; Alsant
Sutradara: Adrianto Sinaga.(**)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments