. Pekan Kebudayaan Nasional 2021, STAR JAMMING : NYANYIAN DANAU TOBA | BeritaSimalungun
Home » , , » Pekan Kebudayaan Nasional 2021, STAR JAMMING : NYANYIAN DANAU TOBA

Pekan Kebudayaan Nasional 2021, STAR JAMMING : NYANYIAN DANAU TOBA

Written By Beritasimalungun on Thursday, 2 December 2021 | 17:52

Pekan Kebudayaan Nasional 2021,  STAR JAMMING : NYANYIAN DANAU TOBA. (Foto Kolase YouTube)

Samosir, BS
- Musik adalah bagian sangat penting dalam hidup kita, satu bentuk karya cipta yang menjadi identitas kebudayaan dari suatu kelompok masyarakat. Musik menghubungkan manusia dengan cara yang tidak bisa dicapai oleh medium lain. Musik merupakan alat komunikasi yang paling universal, berisi ekspresi, cerita, waktu, doa-doa dan sejarah kehidupan.

Masyarakat Batak sangat kental dengan tradisi musiknya. Mulai dari proses kelahiran, perkawinan hingga kematian, masyarakat Batak tak bisa lepas dari musik. Upacara adat Batak selalu diisi dengan musik, yang juga menjadi medium bagi mereka untuk berkomunikasi dengan Sang Pencipta. 

Musik dimainkan pada saat masa bertanam padi, panen, ritual parbaringin, agama malim, hingga upacara gereja. Komposisi gondang-gondang Batak memiliki nilai-nilai etika dan cerita tentang sejarah kehidupan. Bahkan, ada tradisi Batak yang menyenandungkan ungkapan kesedihan, yang biasa dilantunkan ketika saudara atau kerabat mereka meninggal. 

Star jamming Toba berusaha memotret hal-hal di atas, merajutnya menjadi konser musik yang menjadi media pengantar untuk bercerita.

Konser ini mengkombinasikan musik dan lagu tradisional dengan musik modern. Lagu-lagu Batak merepresentasikan hubungan mereka dengan alam lingkungan tempat mereka lahir, tumbuh dan tinggal. Lagu “Oh Tano Batak,” misalnya, merupakan lagu yang menceritakan kekaguman mereka pada tanah leluhur, yang juga menjadi simbol atas perasaan cinta mereka terhadap adat dan tradisi peninggalan para leluhur. 

Lanskap yang dihadirkan dalam video adalah latar yang dekat dengan kultur tanah Batak dan manusia Toba. Antara musik dan perangkat modern dipertemukan dengan dunia tradisional, dengan alam tanah leluhur, hingga terjadilah harmonisasi.

Musisi yang hadir pada star jamming kali ini adalah musisi papan atas seperti Aksan Sjuman, Reza Artemevia, Vicky Sianipar dan Titi DJ. Dua nama terakhir adalah musisi yang punya darah batak. Bahkan, Vicky Sianipar dikenal publik musik dengan sebutan “musisi Batak” karena lirik-liriknya banyak menggunakan bahasa Batak.

Sahabat Budaya, jangan lewatkan Nyanyian Danau dan konser-konser menarik lainnya dalam rangkaian Pekan Kebudayaan Nasional 2021.

Kami terus berupaya memberikan sajian acara yang berkualitas dengan mengangkat Kebudayaan Nasional untuk dapat lebih dikenal secara luas. Bantu kami untuk mengisi survey sebagai bahan evaluasi di masa mendatang. 

Pengisi Acara: Titi DJ; Reza Artamevia; Viky Sianipar; Aksan Sjuman; Alsant
Sutradara: Adrianto Sinaga.(**)

Share this article :

Post a Comment

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.